14 Tempat Wisata Menarik di Blitar Yang Wajib dan Harus Anda Kunjungi

Galeri Wisata - 14 Tempat Wisata Menarik di Blitar Yang Wajib dan Harus Anda Kunjungi, "Blitar kutho cilik kang kawentar", itulah sedikit penggalan bait tembang campursari yang ngehit untuk blitar. Bicara tentang Blitar pasti fikiran kita tertuju dengan Makam Sang Plokamator Bangsa yakni Bapak Soekarno, Beliau dimakamkan di blitar dan sampai sekarang banyak sekali masyarakat di indonesia yang sowan ke makam untuk mendoakan.

Disamping makam bung karno, blitar juga banyak mempunyai destinasi wisata yang sangat bagus dan rugi kalau kita lewatkan. Nah untuk itu admin bagikan tempat-tempat wisata di blitar yang wajib kita kunjungi. Simak sampai habis kawan!!

1 Makam Bung Karno, Blitar, Jawa Timur

Lokasi makam Ir. Soekarno terletak di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanan wetan Kota Blitar. Makam presiden pertama RI ini merupakan komplek pemakaman yang berada pada areal tanah seluas 1,8 m2. Untuk menjangkau lokasi makam bung Karno sangatlah mudah, karena masih di dalam kota Blitar. Dari alun-alun Kota Blitar hanya sekitar 2,5 km saja, jika dari stasiun sekitar 3 km, sedangkan dari terminal bus sekitar 6 km.

Komplek makam Bung Karno berada persis disisi jalan raya. Ada beberapa akses masuk, bisa melewati jalan kalasan atau jalan Ir. Soekarno. Jika melalui jalan Ir. Soekarno, setelah pintu gerbang kita akan melewati pos penjaga atau tamu. Disini setiap pengunjung diminta mengisi buku tamu dan keperluan kunjungan. Dari pos penjaga disisi kanan merupakan gedung perpustakaan dan museum Bung Karno, sedangkan disisi kiri tempat makam Bung Karno.


2 Istana Gebang, Blitar, Jawa Timur
Istana Gebang adalah rumah kediaman mantan Presiden Soekarno di Kota Blitar, Jawa Timur. Rumah ini berada di Jalan Sultan Agung Blitar, sekitar 2 kilometer dari Makam Bung Karno. Setiap tanggal 6 Juni, hari kelahiran Bung Karno, di rumah ini diselenggarakan acara haul dengan menampilkan berbagai macam kesenian.

Istana Gebang sekarang sudah lebih ramai dari beberapa tahun yang lalu saat mimin pertama kali dateng ke sini. Sekarang sudah dikelola sama pemerintah kota, begitu masuk pintu gerbang ada deretan PKL yang menjual berbagai macam buah tangan khas Blitar, bahkan di dalam Istana Gebang juga ada lapak serupa. Masuk kesini gratis kok, tinggal ngisi buku tamu aja tapi tetep ada kotak sumbangan sukarelanya.

oh iya,, Disebut Istana Gebang karena rumah yang terletak di atas lahan seluas hampir 2,4 hektar itu berada di Dusun Gebang Kelurahan Sanawetan Kecamatan Sanawetan Kota Blitar, Jawa Timur. 

3 Pantai Tambak Rejo, Blitar, Jawa Timur
Tempat Wisata Menarik di Blitar
Pantai Tambakrejo terletak di desa Tambakrejo Kecamatan Wonotirto Kab. Blitar Indonesia. Membutuhkan sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Blitar ke selatan untuk mencapai tempat ini. Dengan jalanan meliuk-liuk khas perbukitan yang tampak indah. Terutama apabila anda sudah tidak terlalu jauh dari pantai. Terdapat beberapa titik turunan yang cukup tinggi dan panjang. Untuk pengendara roda 4 atau lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan yang benar-benar kuat untuk tanjakan, selain itu pastikan pengemudi sudah bisa mengemudi di area pegunungan. Karena sering ada mobil yang tidak kuat untuk mendaki tanjakan yang cukup tinggi ketika pulang dari pantai ini.

4 Pantai Jolosutro, Blitar, Jawa Timur
Pantai Jolosutro lokasinya berada di Desa Ringinrejo, Kecamatan Wates, berada di perbatasan antara Kabupaten Blitar dan Malang. Pantai ini sangat berbeda dengan Pantai Tambakrejo karena warna pasirnya berwarna hitam. Pantai Jolosutro ini merupakan bagian dari Pantai Selatan yang ombaknya cukup besar sehingga para wisatawan harus tetap berhati-hati.

5 Pantai Pangi, Blitar, Jawa Timur
Pantai Pangi namanya, sebuah pantai yang terleltak di ujung barat kabupaten blitar. tepatnya di dusun krajan, desa tumpakkepuh, kecamatan bakung, kabupaten blitar, sekitar 45km dari kota blitar atau bisa di tempuh sekitar 90 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor. jika musim hujan kendaraan harus berhentin sebelum pantai dan kita harus berjalan kurang lebih 300 meter ke pantai dengan melewati sungai yang segar, tapi kalau bawa motor bisa langsung ke pantai dengan menlewati sungai dengan jalur offroad yang cukup menantang.

6 Pantai Serang, Blitar, Jawa Timur
Pantai Serang Blitar merupakan salah satu pantai di kawasan laut hindia yang indah dan cocok untuk dikunjungi bersama teman atau keluarga, terletak di Desa Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar Jawa Timur, kurang lebih sekitar 45 Km dari pusat Kota Blitar.

Dengan hamparan pantai disini bisa dibilang cukup luas, pasir putih dan bibir pantai yang landai, serta ombak yang tidak terlalu besar membuat pantai ini sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat bermain air, mandi di pantai dan berjemur atau sekedar berfoto menikmati keindahan alam yang ada, perpaduan antara pantai dan perbukitan yang indah tak akan membuat anda kecewa ketika berkunjung kesini

7 Pantai Peh Pulo, Blitar, Jawa Timur
Pantai Peh Pulo atau yang dikenal juga dengan nama Pantai Pasir Putih ini lokasinya berada di Desa Sumbersih, Kecamatan Panggungrejo. Seperti namanya pantai ini berpasir putih dengan laut yang biru, untuk menuju ke lokasi Pantai Peh Pulo atau Pasir Putih di Blitar ini cukup sulit karena berupa jalan tanah yang di semen dan berlajur seperti mobil jadi sebaiknya anda menggunakan motor. 

8 Pantai Gondo Mayit, Blitar, Jawa Timur
Pantai Gondo Mayit ini terletak di Kabupaten Blitar, Jawa Timur Kecamatan Wonotirto Desa Tambak Rejo. Jalan untuk menuju kesana sangatlah muda bila membawa kendaraan sendiri. Karena dari kota blitar untuk menuju kesini tidak ada transportasi angkutan. Pantai gondo mayit sendiri letaknya ada di balik bukit pantai tambak rejo.

Bila kalian pergi kesana kalian pasti akan terlebih dahulu sampai di pantai tambak rejo sebelum ke pantai gondo mayit. Karena sebelum menuju pantai gondo mayit kalian harus memarkir kendaraan di pantai tambak rejo. Setelah itu di lanjut dengan berjalan kaki menuju pantai gondo mayit. Kalian harus mendaki ke atas bukit sebelum mencapai pantai gondo mayit dan diatas bukit juga terdapat sebuah makam yang disebut sebagai makam penjaga pantai gondo mayit.

9 Rambut Monte, Blitar, Jawa Timur
Rambut Monte berada di daerah Krisik, arah dari kambal (ngantang) lurus, sblum msuk tiket waduk selorejo blok kiri. Trus aja smpai pasar krisik, prtigaan blok kiri

10 Candi Penataran, Blitar, Jawa Timur
Candi Penataran atau Candi Panataran atau nama aslinya adalah Candi Palah adalah sebuah gugusan candi bersifat keagamaan Hindu Siwaitis yang terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Candi termegah dan terluas di Jawa Timur ini terletak di lereng barat daya Gunung Kelud, di sebelah utara Blitar, pada ketinggian 450 meter di atas permukaan laut. Dari prasasti yang tersimpan di bagian candi diperkirakan candi ini dibangun pada masa Raja Srengga dari Kerajaan Kadiri sekitar tahun 1200 Masehi dan berlanjut digunakan sampai masa pemerintahan Wikramawardhana, Raja Kerajaan Majapahit sekitar tahun 1415.

11 Candi Sawentar, Blitar, Jawa Timur
Candi Sawentar terletak di daerah Sawentar, sekarang bernama Dusun Centong. Tepatnya dalam wilayah Desa Sawentar, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Nama Sawentar disebut-sebut dalam kitab Nāgara Kŗtāgama sebagai salah satu tempat yang dikunjungi oleh raja Hayam Wuruk.

12 Coban Wilis, Blitar, Jawa Timur
Air Terjun Coban Wilis ini terletak di kawasan Gunung Kelud atau di Kampung Wisata Ekologis Semen Gandusari, tepatnya di Desa Semen, Kecamatan Gandusari. Air terjun ini tidak mudah untuk dicapai karena anda harus berjalan kaki naik dan menuruni 5 bukit sekitar 2 jam, selama di perjalanan menuju air terjun ini anda akan menemukan dua air terjun yang tidak bisa anda capai.

13 Coban Sirah Kencong, Blitar, Jawa Timur
Air Terjun Sirah Kencong berada di kawasan perkebunan teh sirah kencong, tepatnya berada di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi. Untuk menuju ke air terjun ini anda harus berhati-hati karena lingkungannya masih alami dan selama berjalan kaki menuju air terjun anda akan melewati hutan belantara.

14 Coban Jurug Bening, Blitar, Jawa Timur
Air Terjun Jurug Bening terletak di Dusun Sumberdadi, Desa Purworejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar. Rute untuk menuju ke jurug ini searah dengan arah menuju Pantai Jolosutro, tapi setelah perempatan Binangun, rute berganti ke arah kanan menuju Pasar Bantengan.

Salah satu rute yang dapat dilewati yaitu : Blitar-Lodoyo-Binangun- Pasar Bantengan-Purworejo. Jalan yang dilalui mulai dari awal perjalanan sampai pasar Binangun ini cukup mudah karena sudah didominasi jalan aspal. Sesampainya di Pasar Bantengan kami mengambil arah ke kanan (barat) mengikuti jalan aspal yang lumayan mulus kurang lebih 500m hingga sampai di Dusun Sumberdadi, Desa Purworejo, jalan yg dilalui sudah berubah menjadi jalan aspal yang rusak tergerus air hujan dan dilanjutkan dengan jalan rabat beton sekitar 500 m. Sampai di perempatan kedua berbelok ke kiri (selatan) mentok sampai rumah warga terakhir.


EmoticonEmoticon