Home Tips Travelling 5 Tips untuk Kamu yang Ingin Solo Traveling

5 Tips untuk Kamu yang Ingin Solo Traveling

6 min read
0
0
53
5 Tips untuk Kamu yang Ingin Solo TravelingKumparan, Kebebasan dan keamanan merupakan dua hal yang identik dengan solo traveling. Kamu bebas menentukan kemana kamu akan pergi dan kamu bebas menentukan kapan. Kamu bebas membuat perencanaan liburan sesukamu dan bebas menentukan bagaimana perjalannya nanti.
Sementara keamanan merupakan hal yang masih saja ditakuti oleh beberapa orang yang ingin mencoba solo traveling ini. Bagi seseorang yang melakukan solo traveling, resiko seperti rawan terkena penipuan dan juga pencurian harus siap dihadapi. Apalagi jika kamu seorang perempuan, resiko seperti ini pasti sering menjadi pertimbanganmu untuk melakukan solo traveling.
Namun travelers, jangan pesimis tidak bisa solo traveling dulu. Kamu bisa dan akan aman bersolo traveling jika kamu mempersiapkan perjalanan kau dengan matang. Berikut lima tips untuk kamu yang ingin mencoba solo traveling.
1. Mempunyai Kondisi yang Fit
Kondisi badan yang sehat adalah satu hal yang harus kamu miliki jika ingin melakukan perjalanan secara umum. Dalam solo traveling hal ini menjadi semakin penting karena tidak ada orang lain yang memperhatikan kondisi kesehatan kamu secara berkala.
2. Kenali Destinasi yang Menjadi Tujuan Kamu
Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya kamu kenali terlebih dahulu tempat tujuan kamu berlibur. Aman atau tidaknya medan yang akan kamu lalui nanti, hotel mana yang aman, strategis dan juga murah, tempat makan rekomendasi di sana bisa kamu cari tahu terlebih dahulu. Selain itu,mengenali transportasi yang akan kamu pakai di tempat liburanmu juga merupakan poin yang utama.
3. Membuat Perencanaan Perjalanan yang Rinci
Melakukan solo traveling memang membuat kamu bebas untuk memilih tempat wisata mana saja yang akan kamu kunjungi di sana. Namun, sebaiknya kamu membuat perencanaan perjalanan supaya perjalanan kamu lebih terorganisir. Membuat itinerary yang sangat rinci bisa membuatmu tidak mudah tersesat. Selain itinerary, kamu juga harus membuat anggaran untuk perjalan. Membuat anggaran dengan bijak akan membuat kamu tidak menghabiskan uang tabunganmu.
4. Kenali Modus Penipuan
Mengenali tentang modus penipuan yang pernah dialami wisatawan di tempat tujuan kamu berlibur bisa menjadi salah satu pencegahan kamu terkena penipuan juga.
Membuat perencanaan perjalanan dengan rinci juga termasuk pencegahan supaya kamu tidak terkena penipuan. Karena dengan begitu kamu akan tiba di tempat menginap tepat waktu agar kamu tidak sampai larut malam di jalanan. Peta dan jadwal transportasi juga merupakan dua benda yang harus kamu punya saat kamu berjalan-jalan supaya kamu berjalan dengan arah yang tepat.
Dan travelers, usahakan kamu tidak memakai pakaian yang mencolok dan menggantungkan kamera di lehermu untuk tidak mengundang perhatian.
5. Emergency Call
Saat kamu sedang dalam perjalan liburanmu, kamu tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi. Maka antisipasi untuk membuat kamu lebih siap yaitu dengan menyiapkan dan menyimpan nomor-nomor penting di handphonemu. Simpan nomor-nomor tersebut juga di tempat yang aman agar jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan kamu bisa menghubungi bantuan.
So, travelers apakah kamu sudah siap menjadi solo traveler?
sumber: Kumparan.com
Baca Juga  Tips Cerdas Mengemas Barang Liburan Agar Bisa Masuk dalam Kabin Pesawat
Load More By khadafi
Load More In Tips Travelling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Kamu Jarang Liburan Bareng Keluarga? Cobain Deh 3 Destinasi yang Ada di Jakarta Ini

Kamu Jarang Liburan Bareng Keluarga? Cobain Deh 3 Destinasi yang Ada di Jakarta Ini Libura…