Home Tips Travelling Fakta Unik Menjadi Solo Traveller

Fakta Unik Menjadi Solo Traveller

14 min read
0
0
197

Menjadi Solo Traveller saat ini sudah menjadi salah satu trend bagi anak muda, terutama bagi mereka yang sangat suka travelling. Mungkin masih banyak orang yang menganggap bahwa menjadi Solo Traveller itu menyedihkan, berbahaya, tidak menyenangkan dan lain sebagainya. Padahal banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan jika sekali saja mencobanya, salah satunya kita jadi lebih mengenal diri sendiri. Memang travelling bersama teman lebih mengasyikkan, tapi tidak selalu kan teman bisa mengikuti keinginan kita. Berikut akan dibahas beberapa fakta unik menjadi solo traveller. Mungkin bisa jadi referensi bagi kamu yang ingin mencoba menjadi solo traveller dalam waktu dekat ini.

  • Lebih Mengenal Diri Sendiri

Lebih Mengenal Diri SendiriBagi sebagian orang yang mungkin belum menemukan jati dirinya, cobain deh solo travelling. Karena kegiatan tersebut terbukti ampuh untuk lebih mengenal diri kalian sendiri. Dengan solo travelling, kalian bisa memecahkan masalah yang tiba-tiba saja terjadi saat bepergian. Contohnya, plan yang mungkin berantakan, masalah bahasa yang harus kalian hadapi jika travelling ke luar negeri, tersasar karena kurangnya petunjuk di jalan atau tidak ada orang yang bisa kalian tanya, dan lain sebagainya. Jika kalian travelling bersama teman, mungkin kalian tidak akan begitu khawatir karena masalah tersebut bisa diselesaikan bersama-sama, tetapi jika kalian sendirian apa yang harus kalian lakukan? Hal tersebutlah yang membantu kalian untuk bisa memecahkan masalah dalam waktu singkat, sehingga kalian pun akan lebih berpengalaman, bisa tenang saat menghadapi masalah dan pastinya lebih dewasa.

  • Tidak Bergantung Kepada Orang Lain

Tidak Bergantung Kepada Orang LainFakta unik yang kedua adalah kalian bisa bebas mengeksplore apapun yang bisa kalian eksplore. Kalau kalian travelling bersama teman, perbedaan pendapat dan keinginan bisa saja terjadi. Walaupun itinerary sudah dibuat sebelumnya. Contohnya, saat kalian ingin pergi ke suatu pantai tapi saat itu sedang hujan, mungkin saja teman kalian ada yang malas dan memilih untuk kembali ke hotel. Tetapi kalian yang masih penasaran dengan pantai itu sebenarnya ingin tetap kesana sambil menunggu hujan reda, karena pantai itu terkenal dengan sunsetnya yang indah. Kalau teman kalian bersikeras ingin kembali ke hotel, hanya ada dua kemungkinan yang bisa kalian pilih, ikut kembali ke hotel atau tetap pergi ke pantai walaupun sendirian tetapi nanti ngga enak sama teman kalian. Nah kalau solo travelling, kalian ngga perlu tuh mikirin perasaan teman, kalian bisa mengikuti apapun keinginan kalian, ya walaupun harus tetap bisa jaga diri ya!

  • Berkenalan Dengan Orang-Orang Baru
Baca Juga  Pulang Kampung Di Waktu Hari Raya Idul Adha

Berkenalan Dengan Orang-Orang BaruNah ini salah satu keuntungan yang pastinya bisa kalian dapatkan saat menjadi solo traveller. Kalau kalian travelling bersama teman, kalian pun tetap bisa berkenalan dengan orang-orang baru. Tetapi kemungkinannya kecil, karena biasanya kalian akan berpikir bahwa travelling bersama teman kalian saja sudah cukup nyaman, untuk apa harus berkenalan dengan orang baru? Kalau menjadi solo traveller, ada saatnya kalian akan merasa kesepian dan mau ngga mau hal tersebut akan mendorong naluri kalian untuk berkenalan atau sekedar menyapa orang-orang di sekitar. Apalagi kalau kebetulan orang tersebut juga solo traveller, wah bisa tuh menambah relasi baru. Hal ini juga bisa membuat pribadi kalian menjadi lebih supel dan humble. Sehingga nantinya akan memberikan manfaat setelah kalian pulang ke tempat asal.

  • Menjadi Lebih Hemat

Berkenalan Dengan Orang Baru

Kalau fakta unik yang satu ini harus diakui memang benar banget. Menjadi solo traveller dapat membuktikan bahwa kamu yang boros sekalipun bisa loh berhemat. Kalau kalian travelling bersama teman, uang habis pun masih ada yang bisa membantu. Kalau sendirian dan uang habis siapa yang akan membantu kalian? Nah karena hal tersebutlah, kalian bisa lebih pintar dalam mengontrol pengeluaran. Yang tidak perlu dibeli ya tidak usah dibeli, lebih baik uangnya untuk makan saja. Kecuali kalian memang sudah menyiapkan budget yang banyak untuk belanja, namun sebaiknya hal tersebut juga sudah direncanakan matang-matang. Supaya uang yang sudah disiapkan tidak habis karena hal-hal yang tidak penting.

  • Lebih Mandiri

Lebih MandiriSudah dapat dipastikan orang-orang yang pernah solo travelling adalah orang-orang yang mandiri. Karena jika tidak, wah ngga akan berani deh menjadi solo traveller. Resiko yang akan kalian hadapi sangat besar, terutama masalah tersasar yang sudah menjadi kebiasaan para traveller. Dengan adanya masalah tersebut, dapat dipastikan kalian akan jauh lebih mandiri dari biasanya. Menjadi solo traveller, juga dapat membiasakan diri kalian untuk melakukan segalanya sendiri, sehingga jiwa mandiri kalian akan semakin berkembang. Hal ini akan sangat bermanfaat loh di terapkan di kehidupan kalian.

  • Lebih Menghargai Waktu
Baca Juga  Tips Cerdas Mengemas Barang Liburan Agar Bisa Masuk dalam Kabin Pesawat

Lebih Menghargai WaktuUntuk para solo traveller, harus sepakat ya bahwa hal ini termasuk ke dalam fakta unik jika mencoba travelling sendirian? Waktu adalah rezeki dan anugerah yang diberikan Tuhan selain harta dan nyawa. Solo travelling sendiri merupakan best therapy yang ampuh untuk menghilangkan stress dan penat di kepala. Dengan mencoba solo travelling, kalian akan lebih menghargai waktu yang kalian punya. Setiap orang pastinya harus meluangkan waktu mereka untuk menyenangkan diri sendiri, dengan menjadi solo travelling kalian memliki waktu terbaik yang harus kalian manfaatkan.

  • Bangga Dengan Diri Sendiri

Bangga Dengan Diri SendiriJika kalian berhasil menjadi solo traveller, sudah seharusnya kalian bangga dengan diri kalian sendiri. Karena hal tersebut tidaklah mudah, banyak sekali pastinya masalah yang akan kalian hadapi. Tetapi jika semua sudah selesai, kalian akan lebih menghargai diri sendiri dan pastinya bangga dengan apa yang telah kalian lakukan. Hal ini sangat bermanfaat bagi kalian yang suka pesimis dan underestimate terhadap diri kalian sendiri. Pikiran positif pun akan selalu bersama kalian walaupun kalian sudah kembali ke tempat asal.

Berikut adalah beberapa fakta unik menjadi solo traveller, untuk kamu yang ingin mencoba jangan pernah takut terhadap resiko yang ada. Karena semua masalah pasti ada solusinya. Dengan menjadi solo traveller, banyak sekali pelajaran hidup yang bisa kamu dapatkan dan pastinya akan sangat bermanfaat untuk diri kamu kedepannya. Yang pasti kalian sudah merencanakan semuanya matang-matang. Mulai dari booking tiket untuk transportasi, memesan segala akomodasi dan membuat itinerary. Mempersiapkan budget yang cukup, mengatur plan A dan plan B serta tetap memberi kabar kepada orang rumah. Keluarlah dari zona nyaman, berkenalanlah dengan orang-orang baru, eksplore apapun yang bisa kalian eksplore dan rasakan pengalaman yang tak terlupakan. Jangan lupa abadikan perjalanan kalian dengan kamera, seperti foto dan video. Karena dokumentasi tersebut bisa kalian bagikan nantinya ke orang-orang yang ingin melakukan hal yang sama. Jangan sampai orang lain menghentikan mimpi kalian, jika tidak ada teman yang bisa diajak pergilah. Jangan pernah membuang waktu untuk menyenangkan diri sendiri.

Load More By khadafi
Load More In Tips Travelling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Perlengkapan  Kantor Bernilai lebih

Sebuah kantor yang baik tentu mengedepankan banyak sekali aspek penting saat akan membeli …