Home Tempat Wisata Kota Tua Jakarta: Dari Noni Belanda Hingga Duduk di Udara

Kota Tua Jakarta: Dari Noni Belanda Hingga Duduk di Udara

6 min read
0
0
524
Kota Tua Jakarta, Dari Noni Belanda Hingga Duduk di Udara

Pernah nggak kamu membayangkan sedang berjalan-jalan santai, kemudian ada noni-noni Belanda cantik yang melambaikan tangan padamu?

Wah, jangan membayangkan yang aneh-aneh dulu. Noni-noni Belanda ini bukan aktris film apalagi hantu. Di salah satu sudut Kota Jakarta, kamu benar-benar bisa menemukan noni Belanda cantik yang bisa kamu ajak foto bersama. Kok bisa?

Guys, kalau ada sebuah tempat di Indonesia yang sangat kental dengan nuansa sejarah masa kolonial, tentu banyak orang yang akan setuju jika menyebut nama Kota Tua Jakarta. Jika selama ini kamu lebih sering menemukan kisah masa lalu tentang pendudukan Belanda di Indonesia dari film atau buku sejarah, di Kota Tua Jakarta ini kamu bakal seolah-olah dibawa kembali ke zaman pra-kemerdekaan. Asik, ya?

kawasan Batavia kota tuaBagaimana tidak, di Kawasan Kota Tua Jakarta yang dulunya adalah pusat pemerintahan kawasan Batavia ini, kamu bisa melihat berbagai macam bangunan bersejarah yang jarang ditemukan di tempat lain. Ada bangunan Museum Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta yang dahulunya adalah balai kota Batavia. Di bagian bawah gedung yang menyimpan berbagai benda bersejarah ini, kamu bahkan bisa melihat penjara bawah tanah, lengkap dengan bola-bola besi yang dahulu digunakan untuk membelenggu kaki tahanan, terutama dari kaum pribumi. Duh…

Tapi nggak perlu takut. Cerita kelam tentang balai kota Jakarta sekarang sudah digantikan dengan nuansa bersahaja Kota Tua Jakarta yang mengesankan. Sekarang, gedung yang sudah berumur ini bisa menjadi latar belakang foto yang keren banget buatmu. Desain arsitekturnya yang khas zaman kolonial pasti bikin kamu betah buat jepret-jepret.

Selain mengunjungi Museum Sejarah Jakarta, kamu juga bisa mengunjungi Museum Wayang dengan koleksi lengkap wayang dari dalam negeri dan luar negeri. Salah satu ikon dari Museum Wayang yang menyimpan cerita tersendiri adalah batu nisan besar bertuliskan nama Gubernur Jenderal Belanda Jan Pieterszoon Coen. Sayangnya, nggak banyak lho pengunjung yang tahu kalau ada batu nisan di dalam Museum Wayang. Jadi, kalau kamu berkunjung ke Kota Tua Jakarta, jangan lupa untuk mengabadikan obyek bersejarah ini. Akan lebih menarik lagi kalau kamu ikut mencari tahu tentang kisah panjang di baliknya.

Kawasan Kota Tua Jakarta Museum Wayang

Nggak cuma Museum Sejarah Jakarta dan Museum Wayang aja yang bisa ditemukan di Kota Tua Jakarta. Kamu juga bisa menemukan banyak seniman berbakat yang berdandan unik di pelatarannya. Dari seniman yang berdandan mirip Jenderal Soedirman hingga seniman yang menampilkan atraksi unik duduk di udara, semua bisa kamu jadikan target bidikan kamera.

Jangan lupa juga buat mencicipi manisnya buah mangga dan jajanan khas Jakarta yang dijual oleh para pedangang kaki lima di kawasan Kota Tua ini. Selain jajanan, makanan berat yang lezat juga bisa kamu temukan di Batavia Café atau di Kedai Seni Dajkarte. Mantab, kan?

Ya udah, nggak usah lama-lama. Ayo segera berkunjung ke Kota Tua Jakarta. Tiket pesawat ke Jakarta bisa kamu pesan biar cepat sampai di ibukota. Kalau mau terbang dengan nyaman, kamu bisa pesan tiket pesawat Citilink yang pasti akan membuat pendaratanmu di Jakarta lancar tanpa kendala.

So, ayo bergegas terbang ke Jakarta.

 

  • 1
    Share
Baca Juga  Pantai Krakal, Aquarium Alami Di Jogjakarta
Load More By khadafi
Load More In Tempat Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Perlengkapan  Kantor Bernilai lebih

Sebuah kantor yang baik tentu mengedepankan banyak sekali aspek penting saat akan membeli …