Home Tempat Wisata Wisata Pasty Jogya, Satwa Tak Perlu ke Kebun Binatang

Wisata Pasty Jogya, Satwa Tak Perlu ke Kebun Binatang

6 min read
0
0
214
Lokasi Pasar Satwa di Jogya

Mungkin anda sedikit asing dengan Pasty Jogya. Padahal Pasty Jogya merupakan pasar satwa dan tanaman hias sebagai objek wisata terbaru. Sebenarnya pasar ini merupakan hasil relokasi Pasar Ngasem ke lokasi lain. Relokasi pasar tersebut dilakukan pada tahun 2014 lalu, dan diiringi oleh Kirab Budaya dan para pedagang. Adapun tujuan dari pemindahan pasar guna mengupayakan tata letak kota di Yogyakarta agar semakin teratur dan rapi.

Sebagai pasar satwa, Pasty Jogya selalu ramai dikunjungi oleh warga Jogyakarta maupun oleh kalangan wisatawan. Bagi anda para pecinta binatang bisa saja mengunjungi Pasty Jogya karena ragam jenis binatang diperjual belikan disini, kecuali satwa langka yang dilindungi oleh pemerintah. Berikut ini ulasan sedikit mengenai wisata Pasty Jogya, satwa yang tak perlu tinggal di kebun binatang.

Wisata Pasty Jogya, Satwa Tak Perlu ke Kebun Binatang

  • Lokasi Pasar Satwa di Jogya
    Lokasi Pasar Satwa di Jogya

Pasar Satwa terletak di Ngasem yang merupakan pasar sangat legendaris sejak dahulu kala, bahkan populer hingga ke mancanegara. Keberadaan wisata Pasty Jogya tentu berdampak positif bagi pedagang maupun pembeli, karena lokasinya yang lebih luas dan tertata rapi. Maka tak heran jika di sepanjang Jalan Dongkelan Pasty menjadi dua lokasi, yakni di sebelah timur sebagai pasar burung dan pasar hewan, seperti ikan maupun binatang mamalia, sedangkan di sebelah barat digunakan sebagai tanaman hias.

  • Pasar Satwa dan Tanaman Hias
    Pasar Satwa dan Tanaman Hias

Sebetulnya Pasty merupakan pasar modern yang tertata rapi sehingga sangat nyaman. Pasalnya pengelolaan yang baik menjadikan Pasty lebih menyerupai kebun binatang ketimbang pasar satwa. Bahkan Pasty tidak hanya berguna sebagai pusat jual beli satwa maupun tanaman hias. Akan tetapi bermanfaat untuk mengedukasi anak-anak dengan cara mengenalkan mereka akan jenis satwa dan tanaman hias. Sementara itu, di bagian barat terdapat tanaman hias yang juga diperjual belikan kepada para pelanggan.

Baca Juga  Kawah Putih Ciwidey, Kawah Dongeng di Selatan Bandung

Berbeda lagi ketika anda menginjakkan kaki ke sebelah timur pasar, memungkinkan anda akan disambut oleh riuh kicauan burung yang saling bersahutan. Beberapa jenis satwa di antaranya seperti kenari, prenjak, beo, kakatua, lovebird, nuri, cocakrowo, dan masih banyak lagi yang lainnya. Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTY) dapat anda jadikan sebagai tempat kunjungan wisata menarik bagi wisatawan, karena suasananya sangat menyenangkan.

  • Pusat Pengembangan Pasar Burung

Pusat Pengembangan Pasar Burung

Mungkin anda termasuk orang yang suka dengan satwa dan tanaman hias, maka kunjungi Pasty Jogya. Berbeda dengan kawasan wisata lainnya, lantaran di sini merupakan pusat pengembangan pertanian pola perkotaan sekaligus pusat pengembangan pasar burung sebagai bagian dari relokasi Pasar Ngasem. Karena itulah, beragam aktifitas seperti pameran bursa tanaman hias seringkali dilaksanakan di kawasan tersebut.

  • Kios-kios Para Pedagang

Kios-kios Para Pedagang

kios pedagang memang tertata dengan rapi, serta telah dibagi dengan beberapa kompleks sesuai akan jenis dagangannya. Menariknya jalan pemisah dan kompleks kios terbilang cukup lebar, sehingga pengunjung tidak akan merasa sesak. Biasanya pada hari tertentu diadakan pertunjukkan oleh para penjual burung.

Load More By khadafi
Load More In Tempat Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Tempat Wisata Alam di Ngawi Jawa Timur

Ngawi merupakan salah satu kabupaten paling barat dari wilayah Jawa Timur. Maka tak heran …