Home Tempat Wisata Pertama Kali Naik Kereta Api ke Bandung? Ini Persiapan yang Harus Kamu Lakukan!

Pertama Kali Naik Kereta Api ke Bandung? Ini Persiapan yang Harus Kamu Lakukan!

10 min read
0
0
270
Pertama Kali Naik Kereta Api ke Bandung

Bandung selalu menjadi pilihan favorit warga Jabodetabek sebagai destinasi wisata di akhir pekan. Lokasinya yang tidak jauh dari ibukota membuat kota kembang ini cocok untuk keluarga atau para sahabat yang ingin berlibur dalam waktu 1 hari saja. Ditambah lagi dengan kehadiran berbagai tempat rekreasi alam dan rumah makan yang dikelilingi pemandangan serba hijau.

Namun karena menjadi favorit banyak warga, kemacetan panjang menuju pintu masuk kota Bandung sulit dihindari jika kamu menggunakan kendaraan pribadi. Solusinya adalah dengan menggunakan jasa kereta api Bandung. Kelebihan menggunakan moda transportasi umum ini di antaranya adalah terhindar dari kemacetan panjang di jalan tol, tidak perlu merasa pegal-pegal karena ruang gerak terbatas di dalam mobil, serta bisa mengirit pengeluaran untuk biaya bahan bakar mobil.

Sumber: harganew.com

Perjalanan menuju Bandung menggunakan kereta api hanya memakan waktu 3,5 jam. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 80.000 hingga Rp 115.000 untuk tiketnya. Sebelum tiba di Stasiun Bandung, kereta akan berhenti di beberapa stasiun seperti Gambir, Jatinegara, dan Bekasi. Kereta api yang melayani perjalanan ke Bandung adalah Kereta Argo Parahyangan.

Jika kamu memilih moda transportasi kereta api, kamu tidak perlu khawatir dengan transportasi selama liburan nanti. Bandung adalah salah satu kota metropolitan, jadi di sana ada banyak angkutan umum yang akan mengantarmu ke berbagai tempat tujuan. Tertarik untuk mencobanya, tapi baru pertama kali naik kereta? Simak dulu tipsnya berikut ini!

Pembelian Tiket

Lakukan pembelian tiket setidaknya 30 hari sebelum keberangkatan agar tidak kehabisan tempat duduk. Beberapa tahun yang lalu, pembelian tiket kereta api Bandung hanya bisa dilakukan di stasiun kereta api. Tapi kini, kamu bisa membeli tiket tersebut lewat situs resmi KAI atau situs travel lainnya seperti Traveloka. Cara booking tiket kereta api ke Bandung di website Traveloka sangat mudah, cukup masukkan tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang. Lalu pilih jam keberangkatan kereta api Bandung yang diinginkan. Selesai, kamu tinggal melakukan pembayaran melalui transfer ATM, fasilitas kartu kredit, Auto Debit, dan bayar tunai di Indomaret atau Alfamart. Kamu akan mendapatkan e-ticket yang nantinya harus kamu tukarkan dengan boarding pass pada hari keberangkatan di stasiun keberangkatan kereta api Bandung tersebut.

Baca Juga  Inilah Liburan Murah Yang Ada di Jakarta

Pemilihan Tempat Duduk

Perjalanan Jakarta-Bandung dan sebaliknya, memiliki pemandangan pohon-pohon dan sawah yang menyegarkan. Sayang jika kamu tidak bisa menikmatinya karena duduk di posisi yang salah. Agar bisa menikmati pemandangan tersebut langsung dari jendela tempat duduk, perhatikan deret tempat duduk di kereta. Saat berangkat dari Jakarta ke Bandung, pilihlah tempat duduk yang memiliki kode C-D. Sedangkan untuk arah sebaliknya, pilihlah tempat duduk dengan kode A-B.

Pemilihan Jadwal Keberangkatan

Untuk kamu yang berencana untuk melakukan perjalanan pulang hari ke Bandung, pemilihan jadwal keberangkatan kereta sangat penting agar bisa puas berkeliling kota Bandung. Berangkatlah menggunakan kereta paling pagi yaitu pukul 05.05 WIB dan pulang menggunakan kereta terakhir pukul 19.40 WIB. Dengan demikian kamu punya waktu 11 jam untuk berlibur.

Barang Bawaan

Usahakan untuk tidak membawa tas barang/tas baju lebih dari 1 kemasan agar kamu mudah mengawasi barang bawaan tersebut. Perlu diingat, kamu tidak tahu kapan penjahat akan beraksi di dalam kereta sehingga kamu tidak boleh lengah. Apalagi jika kamu berencana untuk menggunakan angkutan umum setibanya di Bandung, repot kan jika harus menenteng banyak tas?

Jangan lupa bawa benda favorit seperti buku atau pemutar musik untuk mengusir rasa kantuk dan bosan selama perjalanan menggunakan kereta ya!

Memilih Destinasi Liburan

Sesampainya di Bandung, jika kamu memutuskan untuk menggunakan angkutan umum untuk pergi ke destinasi, cari informasi sebanyak-banyaknya di internet atau rajin bertanya kepada warga lokal agar tidak salah naik angkutan umum.

Jika kamu berlibur pulang ke Bandung, pilihlah destinasi yang dekat dengan stasiun untuk menghemat waktu dan agar bisa tiba di stasiun tepat waktu untuk kembali ke Jakarta. Beberapa destinasi yang dekat dengan Stasiun Bandung adalah Sudirman Street, Gedung Bank Indonesia, Balai Kota Bandung, Wisata Air Panas Ciater, Trans Studio Bandung, dan Taman Lalu Lintas.

Baca Juga  Candi Gedong Songo, Petualangan Di Bukit Ungaran

Sudah siap untuk berlibur ke Bandung menggunakan kereta api? Jangan lupa share pengalamannya nanti ya!

 

 

Load More By khadafi
Load More In Tempat Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Eksplore Air Terjun di Bali dan Temukan Surga Tersembunyi

Berangkat dari Gili saya memutuskan pergi ke Bali. Ya saya dan sepupu saya telah memilih B…