Home Tips Travelling Pulang Kampung Di Waktu Hari Raya Idul Adha

Pulang Kampung Di Waktu Hari Raya Idul Adha

7 min read
0
0
169
Pulang Kampung Di Waktu Hari Raya Idul Adha

Kondisi konsentrasi penduduk di Indonesia yang terpusat di Pulau Jawa menyebabkan adanya istilah pulang kampung setiap hari raya tiba. Belum lagi, adanya tujuan khusus meninggalkan kampung halaman bahkan hingga ke luar negeri. Ya, pergi merantau di Indonesia sudah sangat lazim dilakukan baik untuk mereka yang sedang bekerja, sekolah atau memang sudah tinggal diluar kampung halaman. Namun pada saat momen tertentu khususnya saat hari raya tiba, banyak orang yang meluangkan waktu untuk pergi ke kampung halaman agar bisa berjumpa dengan keluarga dan bisa bernostalgia. Tak terkecuali untuk orang yang beragama Islam, baik untuk hari raya Idul Fitri maupun Idul Adha. Khusus untuk Idul Adha, memang tidak terjadi kepindahan penduduk atau pulang kampung besar-besaran karena waktu libur yang relatif pendek. Namun bagi yang sempat pulang ke kampung halaman, tentunya momen Idul Adha tidak akan dilewatkan. Ada daya tarik tersendiri ketika Idul Adha tiba karena akan terdengar gema takbir, melaksanakan sholat Idul Adha bersama, mendengar Doa Menyembelih Qurban dan menyaksikan penyembelihannya, yang pastinya lebih berkesan jika pulang ke kampung halaman.

Namun ketika ingin pulang ke kampung halaman, pastikan beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. Beberapa hal ini menjadi penting terutama untuk Anda yang melakukan perjalanan cukup jauh dari tempat perantauan hingga ke kampung halaman. Pertama, pastikan waktu libur Anda cukup dan tidak terlalu memaksakan keadaan. Jika libur yang diberikan dari tempat kerja atau tempat studi Anda hanya satu hari dan perjalanan ke kampung halaman sangat memakan waktu, maka sebaiknya tidak memaksakan untuk pulang kampung. Atau, atur waktu libur Anda agar bisa lebih panjang misalnya dengan mengajukan cuti. Kedua, jika menggunakan kendaraan pribadi maka pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima. Jika menggunakan kendaraan umum, pesan tiket jauh-jauh hari untuk mengantisipasi tidak didapatkannya tiket yang dibutuhkan. Memesan tiket baik itu pesawat, kereta atau misalnya bus kini pun sudah mudah karena bisa dilakukan secara online. Yang ketiga, hal ini berkaitan dengan keamanan dan keselamatan perjalankan. Siapkan berbagai hal yang dibutuhkan untuk membuat Anda selamat sampai tujuan misalnya jika Anda membutuhkan obat maka persiapkan obat pribadi Anda. Baru setelahnya, memikirkan hal-hal lain seperti misalnya oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman, atau untuk Anda yang ingin terlibat langsung dalam penyembelihan maka pelajarilah Doa Menyembelih Qurban. Doa tersebut tentunya akan lebih menyempurnakan proses penyembelihan hewan qurban dan juga bisa lebih membuat makna penyembelihan menjadi lebih terasa.

Baca Juga  5 Tips untuk Kamu yang Ingin Solo Traveling

Khusus untuk Anda yang ingin pulang ke kampung halaman dan juga ingin terlibat langsung dalam penyembelihan, maka bukan hanya Doa Menyembelih Qurban saja yang harus diperhatikan. Sebelum mudik ke kampung halaman, persiapkan juga pisau yang akan digunakan menyembelih. Anda bisa siapkan ketika sudah berada di kampung halaman atau juga ketika sebelum pulang. Yang sangat wajib diperhatikan adalah soal ketajaman pisau yang akan digunakan menyembelih. Jenis pisau apapun yang akan digunakan, haruslah benar-benar tajam. Tujuannya, ketika digunakan untuk menyembelih hewan qurban nantinya tidak akan membuat hewan menjadi lama tersiksa hanya karena pisau yang tumpul. Sehingga, ketika pisau ditebaskan atau disayatkan pada leher hewan qurban maka bisa langsung membuatnya mati tanpa tersiksa terlebih dahulu.

Itulah tadi beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan perjalanan pulang kampung di hari raya Idul Adha. Sebagai tambahan, jagalah selalu kesehatan Anda terutama mendekati waktu pulang kampung sehingga bisa lebih menikmati kebersamaan dan kehangatan di hari raya.

Load More By khadafi
Load More In Tips Travelling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

SERUNYA FAMILY TIME DI WATERBOM PIK DENGAN VOUCHER DARI BAMBIDEAL

Bagi seorang pekerja, merasakan jenuh dan lelah pastinya sudah menjadi hal yang biasa. Ter…