Home Tips Travelling Tips Liburan Minim Budget Ala Backpacker

Tips Liburan Minim Budget Ala Backpacker

14 min read
0
0
39
Tujuan wisata

Travelling mungkin memang identik dengan kata mahal. Bagaimana tidak? Mulai dari tiket pesawat, biaya hotel sampai dengan oleh-oleh pasti membutuhkan uang yang banyak. Padahal tidak juga loh! Itulah mengapa ada istilah “backpacker”. Karena istilah tersebut menggambarkan liburan tanpa menguras biaya yang berlebihan. Bahkan dengan menjadi backpacker kamu bisa menghemat hampir setengah dari biaya liburan sewajarnya. Wah kok bisa ya? Bukan traveller sejati namanya kalau kamu belum pernah merasakan yang namanya backpackeran. Hal ini menantang dan seru banget loh untuk kamu coba. Apalagi kalau kamu hobi banget sama yang namanya travelling.

Namun backpackeran bukanlah hal yang mudah. Karena dalam menghemat biaya berarti ada beberapa hal yang harus kamu korbankan. Kenyamanan pun harus kamu tinggalkan. Karena itu dalam artikel ini akan dibahas beberapa tips bermanfaat untuk kamu yang mungkin ingin menjadi backpacker dalam waktu dekat. Yuk di simak!

  • Rencanakan perjalanan dengan matang

Rencanakan perjalanan dengan matangMenjadi backpacker bukan berarti semua harus serba dadakan. Bahkan seorang backpacker pasti mempunyai rencana yang jauh lebih matang dari seorang traveller biasa. Karena dengan menghemat biaya semua harus dipikirkan baik-baik. Untuk kamu yang ingin menjadi backpacker, kamu harus merencanakan itinerary perjalanan kamu selengkap-lengkapnya. Tetapkan tujuan wisata kamu dengan budget seminimalis mungkin. Di Indonesia banyak sekali tempat wisata yang bisa kamu tuju dengan menjadi backpacker, seperti Bali, Lombok, Yogyakarta, Bandung dan masih banyak lagi. Kamu tinggal mencari informasi mengenai estimasi biaya hidup disana dan biaya tiket menuju kesana.

  • Tentukan transportasi

travel transportasiSetelah kamu menentukan tujuan wisata, baru kamu mencari info biaya tiket dan membelinya. Sebagai backpacker dengan budget minimalis, jangan pernah membeli tiket pesawat kecuali kalau memang ada promo. Seperti yang sudah dijelaskan, tinggalkan kenyamanan. Maka kamu bisa membeli tiket kereta yang lebih murah atau mungkin bis. Lalu untuk transportasi yang akan kamu gunakan selama liburan di kota pilihan kamu. Sebaiknya jangan gunakan taksi untuk bepergian. Gunakan kendaraan umum seperti bis, angkot atau mungkin menyewa motor agar lebih irit selama disana. Seperti saat saya liburan ke Lombok, saya tidak menggunakan taksi sama sekali. Bahkan dari bandara menuju penginapan saya menggunakan bis Damri. Walaupun kurang nyaman, yang penting selamat sampai tujuan kan?

  • Tentukan akomodasi
Baca Juga  6 Jenis Item Fashion Wanita Traveller Wajib Ada dalam Lemari

akomodasi travelSelain transportasi, akomodasi pun sangat penting saat liburan. Penginapan merupakan salah satu faktor utama budget liburan membengkak. Banyak sekali penginapan dengan fasilitas yang hampir sempurna namun harganya juga sangat mahal. Nah disinilah iman kita diuji. Mungkin memang menggiurkan menginap di tempat yang nyaman dan menyenangkan. Namun sekali lagi, niat kita adalah liburan hemat kan? Maka tinggalkanlah hal-hal seperti itu. Menginaplah di penginapan yang sederhana seperti hostel, homestay atau hotel budget. Selain murah, hostel juga menyediakan kebutuhan utama seperti tempat tidur, kamar mandi bahkan sarapan. Seorang backpacker pun akan lebih senang menghabiskan waktunya untuk explore di luar daripada untuk berdiam diri di penginapan kan?

  • Bawa barang pribadi secukupnya

backpack travelSeorang backpacker pun sangat identik dengan tas backpack atau tas ransel. Jika Anda melihat para backpacker jarang sekali ada yang membawa koper. Karena seorang backpacker pasti akan membawa barang-barang mereka secukupnya. Nah wajib banget nih untuk kamu tiru. Jauh sebelum keberangkatan kamu sudah harus tentuin baju dan perlengkapan apa saja sih yang harus kamu bawa. Hal ini juga membantu kamu agar tidak perlu membayar bagasi loh guys! Kalau misal kamu berhasil dapat tiket pesawat promo.

  • Bawa perbekalan dari rumah

perbekalan makanan travelHal ini juga penting banget nih guys. Coba deh kamu bawa perbekalan dari rumah, misalnya makanan siap saji yang bisa kamu masak selama disana atau makanan kering seperti abon, kerupuk, cemilan dan susu. Ini bisa jadi perbekalan kamu selama kamu liburan sehingga bisa menghemat uang makan kamu. Lumayan banget kan, uang makannya bisa dialokasikan untuk hal lainnya misalnya untuk beli tiket wisata dan masih banyak lagi.

  • Pilih tempat wisata

Tujuan wisataPilihlah tempat wisata yang memiliki biaya tiket masuk murah atau memang kamu lagi dapat tiket promo ya guys! Karena budget utama membengkak itu juga karena tiket menuju tempat wisata yang semakin hari semakin mahal. Apalagi pas musim liburan atau high season kan. Pasti semua harga pada naik deh. Atau datengin aja tempat wisata yang gratis, seperti museum, candi, pantai dan masih banyak lagi. Jadi backpacker siap-siap harus puter otak ya!

  • Tingkatkan kemampuan bersosialisasi

Hal ini yang paling menarik dalam travelling dan wajib dimiliki oleh calon backpacker ya! Jadilah pribadi yang humble dan supel. Mudah ramah dengan orang dan kalau bisa ajak bicara terlebih dahulu orang-orang asing yang kamu temui saat liburan. Ceritakan dirimu, selain bisa sharing pengalaman dengan orang baru dan menambah teman kalau beruntung orang tersebut mungkin bisa membantu kamu mengurangi biaya liburan kamu loh. Seperti memberikan recommend makanan enak yang murah, tempat wisata gratis atau bahkan kamu bisa diajak makan gratis.

  • Pelajari bahasa setempat
Baca Juga  Sebelum Beli Handphone Secara Online, Ikuti Tips untuk traveller Berikut Ini!

Salah satu syarat menjadi backpacker adalah mempelajari bahasa tempat kamu liburan. Walaupun kelihatannya sulit tapi kamu pasti akan bisa. Cara mempelajarinya juga mudah, ajak deh satu orang yang asalnya dari daerah wisata tersebut dan ajak bicara. Lama-lama kamu akan memahaminya dan bisa mengikuti cara bicaranya. Dengan mempelajari bahasa setempat, banyak banget loh manfaatnya. Karena orang di daerah asal akan lebih respect dengan sesamanya, maka kamu bisa mendapatkan harga makanan yang lebih murah atau bahkan oleh-oleh dengan harga semurah mungkin dengan bahasa setempat. Lumayan banget kan?

  • Pilih paket liburan

Nah kalau yang satu ini pas banget nih untuk kamu yang ingin liburan ke tempat yang sulit dijangkau dengan transportasi biasa seperti Labuan Bajo, Sumba, Flores dan lain-lain. Karena biasanya banyak travel agent yang menawarkan paket perjalanan dengan harga terjangkau, namun syaratnya kamu harus membawa banyak teman supaya patungan biayanya jauh lebih murah. Selain hemat, kamu juga tidak perlu repot-repot mengatur itinerary perjalanan kamu. Karena yang harus kamu lakukan hanya menikmati liburan saja bersama teman-teman kamu. Semua rencana perjalanan sudah diatur oleh travel agent tersebut. Seru banget ya?

  • Jangan lupa bawa simpanan uang

simpanan uangMungkin liburan minim budget ini bisa membuat kamu berpikir untuk membawa uang secukupnya saja. Padalah salah besar, yang namanya liburan baik yang mewah maupun yang minim budget kamu tetap wajib membawa simpanan uang ya. Karena kan kita ngga tahu apa yang akan terjadi disana, misal ada kejadian gawat darurat yang jangan sampai terjadi seperti tas kita dicuri atau mengalami kecelakaan. Atau bahkan tiba-tiba kamu mengalami overbudget. Simpanan uang benar-benar sangat penting untuk menjaga kamu dari hal-hal tidak mengenakkan yang akan terjadi selama liburan.

 

Load More By khadafi
Load More In Tips Travelling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

SERUNYA FAMILY TIME DI WATERBOM PIK DENGAN VOUCHER DARI BAMBIDEAL

Bagi seorang pekerja, merasakan jenuh dan lelah pastinya sudah menjadi hal yang biasa. Ter…