Home Tempat Wisata Wisata Alam Kalibiru, Liburan Asyik di Jogja

Wisata Alam Kalibiru, Liburan Asyik di Jogja

11 min read
0
0
28
Lokasi Wisata Kalibiru

Mau liburan makin seru dengan mengunjungi tempat wisata yang unik dan instagrammable? Anda bisa mencoba Wisata Alam Kalibiru yang berlokasi di Kulonprogo, Yogyakarta. Jangan sampai melewatkan wisata alam ini jika Anda kebetulan sedang mengunjungi Yogyakarta.

Dulunya, Kalibiru adalah sebuah nama hutan yang kemudian dijadikan objek wisata alam.  Kalibiru mempunyai ketinggian 450 mdpl dan memiliki suhu udara yang sangat sejuk. Hutan ini merupakan sebuah daerah yang subur dan dikelola oleh pemerintah serta masyarakat setempat untuk wisata alam dan juga wisata edukasi.

Banyak wahana yang dapat Anda nikmati pada wisata alam ini. Misalnya, outbond, penginapan, trekking, berbagai spot untuk foto kekinian, dan lain sebagainya. Penasaran? Berikut informasi lengkapnya. Simak baik-baik ya.

Lokasi Wisata Kalibiru

Wisata alam hutan Kalibiru ini berlokasi di kawasan Kulonprogo, Yogyakarta. Tepatnya, di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulonprogo, Yogyakarta. Atau 40 km dari pusat Kota Yogyakarta.

Objek wisata ini berdekatan dengan tempat-tempat wisata lain seperti KebunTeh Nglinggo, Waduk Sermo, dann air terjun Sidoharjo. Anda dapat melihat pemandangan yang memukau Waduk Sermo dari ketinggian Kalibiru.

Rute ke Wisata Kalibiru

Rute ke Wisata KalibiruPerlu diingat, Anda harus berhati-hati karena perjalanan menuju objek wisata ini cukup menantang. Jalannya menanjak dan lumayan berliku. Selain itu, ada beberapa rute perjalanan ke wisata Kalibiru yang bisa Anda pilih, antara lain:

  1. Rute Sermo

Rute ini adalah rute yang paling sering digunakan oleh para pengunjung Kalibiru. Untuk menggunakan rute ini, Anda bisa melewati daerah Sentolo, kemudian ke Pengasih. Dari sana, pergi ke alun-alun Wates – RSUD Wates – Beji – Sermo. Dari Semo, Anda bisa menuju ke Kalibiru.

  1. Rute Clereng

Anda bisa sampai lebih cepat jika menggunakan rute ini. Perjalanan menggunakan rute Clereng cenderung lebih cepat dan singkat. Dari pusat Kota Yogyakarta, Anda bisa menuju Sentolo, lalu ke Pengasih. Dari perempatan Pengasih, belok kanan menuju Clereng dan ikuti saja rute itu sampai ke Kalibiru.

  1. Rute Kota (dari Malioboro)
Baca Juga  Bukit Sikunir Dieng, Pesona Golden Sunrise di Dataran Tinggi Dieng

Rute ini jarang digunakan oleh para wisatawan. Namun, jika Anda ingin menggunakannya, Anda bisa mengambil jalur Purworejo sampai ke Terminal Wates. Kemudian, dari terminal tujulah ke Waduk Sermo. Kemudian dari Sermo, ikuti saja terus rute ke Kalibiru.

Harga Tiket Masuk ke Kalibiru

Harga Tiket Masuk ke KalibiruAnda tidak perlu khawatir soal harga tiket masuk ke wisata alam Kalibiru ini. Objek wisata ini terbilang terjangkau dan cocok untuk para wisatawan dengan bujet pas-pasan. Harga tiketnya hanya Rp5.000 saja per orang. Biaya parkir untuk motor Rp2.000, sedangkan tarif parkir mobil hanya Rp5.000.

Fasilitas di Kalibiru

Fasilitas di KalibiruBerwisata di Kalibiru dijamin akan membuat liburan Anda makin seru karena banyak fasilitas yang bisa Anda nikmati. Ada fasilitas menginap seperti hotel, homestay, dan camping ground. Ada juga tempat wisata trekking dan outbond yang patut Anda coba. Selengkapnya, berikut fasilitas yang bisa Anda coba.

  1. Pemandangan yang Indah

Tersedia menara pandang yang bisa Anda manfaatkan untuk memandang perbukitan dari Kalibiru. Nikmati juga pemandangan matahari terbenam jika Anda mengunjunginya pada saat senja menjelang petang.

Jika Anda ingin hunting foto di berbagai spot foto kekinian, Anda hanya perlu membayar Rp10.000 saja. Terdapat gardu pandang berbentuk rumah pohon yang bisa Anda gunakan untuk melihat sunset dan juga mengabadikan pemandangan sunset yang keren.

  1. Penginapan di Kalibiru

Terdapat 6 homestay yang berkapasitas 10-15 orang yang bisa Anda gunakan untuk menginap. Penginapan ini bisa Anda sewa untuk homestay keluarga hanya dengan Rp120.000 per malam untuk satu homestay. Murah sekali, bukan?

Jadi, Anda bisa menikmati pemandangan indah perbukitan di Kalibiru dilengkapi dengan harga homestay yang relatif murah. Selain itu, Anda juga bisa berkemah di camping ground  yang tersedia di tempat wisata ini.

  1. Makanan
Baca Juga  Objek Wisata Di Kota Batam Yang Wajib Anda Kunjungi

Selain berwisata alam, Anda juga bisa berwisata kuliner di objek wisata Kalibiru ini. Banyak penjual makanan yang dengan mudah bisa Anda temui, mulai dari makanan ringan hingga berat. Harga makanan di sini relatif murah dan memiliki variasi yang beragam. Tertarik mencoba?

  1. Outbond

Apakah Anda tipe orang yang suka kegiatan pemacu adrenalin? Anda bisa mencoba flying fox yang disediakan oleh tempat wisata Kalibiru ini. Hanya dengan Rp5.000 per orang untuk anak-anak dan Rp10.000 per orang dewasa ini, Anda bisa menikmati serunya bermain flying fox sambil melihat pemandangan di Kalibiru yang memukau.

Anda hanya bisa menggunakan flying fox  ini pada hari minggu saja mulai dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Jadi, kalau Anda ingin mencoba wahana flying fox ini, ada baiknya Anda datang saja pada hari minggu.

  1. Trekking

Tertarik untuk melakukan jelajah alam? Anda bisa menggunakan fasilitas trekking ini untuk menjelajahi alam Kalibiru dan melatih fisik agar lebih kuat. Terdapat beberapa medan perjalanan yang bisa Anda pilih dari trekking ini.

Trek-nya sendiri sangat bervariasi, mulai dari 1,5 km, 3 km, 5 km, hingga 7 km. Sambil trekking, Anda juga bisa memandang panorama Waduk Sermo dari dekat. Seru, bukan, wisata alam Kalibiru dengan berbagai fasilitasnya?

Nah itu dia ulasan dan informasi lengkap mengenai wisata alam Kalibiru, liburan asyik di Jogja. Rugi sekali pokoknya kalau Anda sampai melewatkan wisata alam yang satu ini. Berwisata di Kalibiru dijamin akan menambah pengalaman liburan Anda. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, eksplor keindahan alam di objek wisata Kalibiru sekarang juga!

  • 2
    Shares
Load More By khadafi
Load More In Tempat Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

5 Tempat Wisata di Baturaden yang Tak Boleh Dilewatkan

Wisata Baturaden – Apakah Anda sedang berencana berkunjung ke Kota Purwokerto? Maka, Anda …