Home Tempat Wisata 4 Kebun Binatang di Jawa Tengah yang Wajib Anda Kunjungi

4 Kebun Binatang di Jawa Tengah yang Wajib Anda Kunjungi

16 min read
0
0
89
4 Kebun Binatang di Jawa Tengah yang Wajib Anda Kunjungi

Wisata edukatif dan ramah anak semakin dicari akhir-akhir ini. Apalagi di saat libur panjang seperti ini. Museum, taman margasatwa hingga kebun binatang seringkali menjadi pilihan.

Nah, berikut ini kami berikan rekomendasi kebun binatang di Jawa Tengah yang wajib Anda kunjungi.

Taman Margasatwa Semarang

4 Kebun Binatang di Jawa Tengah yang Wajib Anda Kunjungi taman margasatwa semarangLebih dikenal dengan nama Kebun Binatang Mangkang, taman margasatwa ini menawarkan pengalaman yang berbeda dari kebun binatang biasa. Kebun binatang di Jawa Tengah ini tidak hanya memiliki berbagai koleksi satwa yang cukup lengkap. Kebun binatang seluas 10 hektar ini juga dilengkapi dengan museum pesawat, museum satwa, gedung sinema satwa serta waterboom dan arena outbond. Harga tiket masuk juga cukup murah hanya berkisar Rp.5.000,00 di hari biasa dan Rp.7.500,00 saat weekend.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa berfoto dengan beberapa hewan di sini. Contohnya saja burung beo dan ular piton yang bisa diajak berinteraksi dan berswafoto bersama. Pihak pengelola menyediakan background yang ciamik bagi Anda yang ingin berfoto dengan hewan-hewan ini. Anda cukup membayar biaya sebesar Rp.10.000,00 untuk berfoto dan mendapatkan foto ukuran 5R.

Koleksi satwa kebun binatang Mangkang ini bisa dibilang sangat lengkap. Mulai dari lutung hingga rusa timor. Anda juga bisa menikmati sensasi menaiki perahu di danau dengan burung pelikan di sekitar. Cukup merogoh kocek sebesar Rp.3.000,00 dan Anda bisa berinteraksi lebih dekat dengan burung berkaki panjang itu. Kebun binatang di Jawa Tengah ini menawarkan sensasi berkuda dan menaiki gajah bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman baru.

Berada di jalan walisongo kilometer 17 dan bersebrangan langsung dengan terminal Mangkang membuat kebun binatang ini mudah dijangkau. Dari Semarang kota, Anda bisa menuju kebun binatang ini dengan BRT dan turun di terminal Mangkang. Lokasi kebun binatang hanya berkisar 200 meter dari terminal. Jika menggunakan kendaraan pribadi, arahkan kendaraan Anda menuju Kendal lewat jalan biasa bukan via tol. Taman margasatwa Semarang ini terletak di sisi kiri jalan.

Baca Juga  Pertama Kali Naik Kereta Api ke Bandung? Ini Persiapan yang Harus Kamu Lakukan!

Kebun Binatang Jurug Solo

4 Kebun Binatang di Jawa Tengah yang Wajib Anda Kunjungi kebun binatang jurug soloKebun binatang di Jawa Tengah ini menjadi destinasi wisata favorit warga di kota Solo. Tidak hanya memiliki koleksi fauna yang lengkap mulai dari keluarga burung hingga harimau Sumatera yang menjadi primadona, kebun binatang ini juga memiliki taman lampion yang dijuluki ‘Taman Pelangi’. Berisi berbagai lampion dengan bentuk yang bermacam-macam, tempat satu ini sangat indah untuk Anda abadikan di kamera.

Taman Pelangi juga memiliki pertunjukan air mancur menari di tengah danau yang dilengkapi dengan water screen yang berisi video cerita anak. Sangat menarik, bukan? Air mancur ini bisa Anda saksikan pada pukul 19.00, 20.00 dan 21.00 dengan durasi sepuluh menit dalam tiap pertunjukan. Pada hari libur atau tanggal merah, Anda bisa menaiki gajah dan unta di kebun binatang ini.

Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp15.000,00 pada hari biasa dan Rp.20.000,00 saat weekend dan hari libur nasional untuk menikmati wisata di kebun binatang ini. Kebun binatang di Jawa Tengah ini berada di tepian sungai Bengawan Solo atau sekitar 6 kilometer dari kota Surakarta. Kebun binatang yang berada di jalan Ir Sutami, Kentingan, Jebres Surakarta  ini juga terletak bersebelahan dengan kampus Universitas Sebelas Maret. Anda hanya peru berkendara 15 menit dari pusat kota untuk mencapai kebun binatang ini.

Gembira Loka Zoo Yogyakarta

4 Kebun Binatang di Jawa Tengah yang Wajib Anda Kunjungi Gembira Loka Zoo YogyakartaKebun binatang yang menjadi destinasi favorit di Yogyakarta ini tentu sudah sering Anda dengar. Kebun binatang pertama di Jogja ini dibangun pada tahun 1933 atas inisiatif Sri Sultan Hamengkubuwono VIII. Berjarak hanya 6 kilometer dari Keraton Yogyakarta, kebun binatang ini memiliki akses yang mudah untuk dijangkau. Selain memiliki koleksi satwa yang cukup lengkap ada berbagai wahana permainan yang bisa Anda nikmati di sini.

Baca Juga  Indahnya Eksplore Tempat Wisata dan Kuliner di Yogyakarta

Berbeda dengan kebun binatang di Jawa Tengah lainnya, Anda bisa berkeliling area danau dengan wahana perahu Katamaran. Cukup membayar sebesar Rp.10.000,00. Anda juga bisa memilih berkeliling dengan speedboat berkapastas 4 orang atau bermain bumber boat di area danau. Dua wahana terakhir menggunakan kapal mesin dan bertarif Rp.20.000,00 saja.

Selain bermain wahana air, Anda juga dapat berfoto dengan berbagai jenis burung dan hewan melata bahkan juga dengan orang utan. Bagi Anda yang berwisata dengan anak-anak ada area kolam tangkap ikan yang membebaskan mereka menangkap ikan-ikan has yang ada di kolam. Wahana ini bertarif  Rp.10.000,00 saja dan anak Anda bisa membawa pulang ikan hias yang berhasil ditangkap.

Berbagai atraksi juga bisa Anda nikmati di sini. Mulai dari atraksi penguin lumba-lumba hingga atraksi gajah. Ingin merasakan sensasi memberi makan hewan-hewan di sini? Datanglah ke Gembira Loka Zoo pada pukul 10.00-13.00 Anda dapat menyaksikan atraksi memberi makan hewan yang berbeda dari kebun binatang di Jawa Tengah lainnya.

Anda bisa menikmati berbagai wahana menyenangkan di atas hanya dengan membayar Rp.25.000,00 pada hari biasa dan Rp.30.000,00 di akhir pekan. Untuk menuju ke kebun binatang ini, Anda bisa menggunakan bus Transjogja dari terminal Giwangan yang akan berhenti tepat di halte Gembira Loka Zoo ini.

Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas

Taman wisata pendidikan seluas 6 hektar ini adalah ikon wisata kota Purbalingga. Setelah melewati loket tiket, Anda akan menjumpai akuarium raksasa dua lantai baik Sea World. Ada berbagai koleksi ikan yang ditempatkan di kolam dan akuarium kaca berbagai ukuran. Arapaima gigas, ikan tawar raksasa dari sungai Amazon adalah primadona di tempat ini. Taman wisata ini adalah kebun binatang di Jawa Tengah pertama yang memiliki koleksi ikan ini

Baca Juga  Pesona Alam Wisata Bandung Situ Patenggang

Anda juga bisa merasakan sensasi ‘dipijat’ oleh ikan-ikan di kolam terapi pijat ikan yang berada di luar ruangan. Selain itu ada area exotic bird park yang memiliki berbagai koleksi spesies burung yang menarik untuk dikunjungi. Area taman besar yang asri dengan danau luas sangat cocok dijadikan tempat piknik sekeluarga. Tak jauh dari area danau terdapat kandang rusa yang bisa Anda beri makan dengan pakan yang disediakan.

Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp.18.000,00 Anda bisa menikmati berbagai fasilitas di sini. Kebun binatang di Jawa Tengah ini juga memiliki wahana waterboom dengan kolam renang anak dan dewasa. Berada di desa Purbayasa, Anda hanya perlu berkendara 15 menit dari pusat kota Purbalingga untuk sampai ke tempat ini.

Bagaimana apa Anda tertarik mengunjungi salah satu kebun binatang di Jawa Tengah yang kami paparkan di atas? Berkunjung ke kebun binatang merupakan salah satu destinasi yang tepat untuk berwisata bersama keluarga. Selain berekreasi, anak-anak juga bisa sambil mengenal dan belajar tentang aneka flora dan fauna di sekitar. Mereka juga akan belajar menghargai alam dan menjaganya di masa yang akan datang.

Please follow and like us:
error
Load More By khadafi
Load More In Tempat Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Rawat Kecantikan Kulit dengan Menggunakan Air Alkali  

Ada begitu banyak fungsi air alkali, salah satunya adalah untuk merawat kesehatan dan keca…