Home Tempat Wisata 5 Tempat Wisata di Baturaden yang Tak Boleh Dilewatkan

5 Tempat Wisata di Baturaden yang Tak Boleh Dilewatkan

11 min read
0
0
78
Telaga Sunyi baturaden

Wisata Baturaden – Apakah Anda sedang berencana berkunjung ke Kota Purwokerto? Maka, Anda wajib mengunjungi tempat wisata menarik di Baturaden. Lokasi Objek wisata ini terletak di Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas.

Tempat wisata ini cocok untuk dikunjungi semua pengunjung dari segala usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa dengan berbagai fasilitasnya. Liburan Anda dijamin akan semakin seru dan berkesan.

Baturaden memiliki udara yang sejuk dan nyaman, terutama bagi Anda yang bosan dan jenuh dengan udara perkotaan yang panas dan sumpek. Penasaran? Ini dia informasi lengkap mengenai objek wisata Baturaden yang bisa Anda gunakan sebagai referensi sebelum pergi ke sana. Simak ulasannya baik-baik.

Lokasi Objek Wisata Baturaden

Lokasi Objek Wisata BaturadenWisata Baturaden ini terletak di sebelah selatan Gunung Slamet, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Tempat wisata ini memiliki ketinggian sekitar 640 meter dari atas permukaan laut. Jaraknya hanya kurang lebih sekitar 6 km dari puncak Gunung Slamet.

Anda dapat mencapai tempat wisata ini dengan mudah. Objek wisata Baturaden ini hanya berjarak sekitar 15 km dari pusat Kota Purwokerto, atau sekitar 15 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Rute Baturaden

Rute BaturadenRute menuju objek wisata Baturaden terbilang mudah dan tidak rumit. Anda bisa menjangkaunya dengan transportasi umum ataupun kendaraan pribadi. Jika Anda menggunakan transportasi umum, Anda bisa menggunakan angkutan kota dari terminal Purwokerto dengan trayek jurusan Baturaden.

Lalu, Anda bisa langsung turun di terminal dekat lokawisata Baturaden. Jika Anda ingin menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa menempuhnya dalam jarak sekitar 15 km selama 20 menit jika tidak macet.

Jika Anda datang dari arah pusat Kota Purwokerto, Anda bisa melaju lurus ke arah utara dengan rute sebagai berikut: dari Taman Andhang Pangrenan, menuju Kebondalem, Hotel Aston, Universitas Jenderal Soedirman, lalu terus ke utara mengikuti satu jalan hingga tiba di terminal atas Baturaden.

Baca Juga  Wisata Air Panas Ciater dan 5 Tempat Wisata Keluarga di Subang Yang Paling Populer 

Anda harus berhati-hati selama perjalanan menuju tempat lokasi tersebut karena banyak jalan dengan kondisi menanjak. Tanjakan di sana memiliki tingkat kemiringan sampai 30 derajat, jadi Anda sebaiknya berhati-hati dalam melaju di sepanjang jalan menuju Baturaden.

Tempat-Tempat Wisata di Baturaden

Banyak tempat wisata menarik di Baturaden yang bisa Anda nikmati secara sekaligus karena letaknya yang berdekatan satu sama lain. Jadi, Anda bisa dengan bebas memilih wahana ataupun tempat wisata yang Anda sukai. Berikut daftar pilihan wisata di Baturaden yang bisa Anda kunjungi.

  1. Pancuran Pitu dan Pancuran Telu

Pancuran 7 dan pancuran 3 merupakan salah satu lokasi yang paling terkenal di Baturaden. Pancuran ini berasal dari aliran panas yang bersumber dari Gunung Slamet dan memiliki suu sekitar 70 derajat celcius.

Aliran air panas ini membentuk cekungan yang mirip dengan air terjun dan mempunyai 7 buah air terjun sehingga disebut pancuran pitu. Air panas pada pancuran ini mengandung belerang yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Seperti pancuran 7, pancuran 3 juga memiliki kandungan belerang juga memiliki kandungan belerang dengan manfaat yang sama. Kedua pancuran tersebut sama-sama difungsikan sebagai tempat pemandian air panas. Letak kedua pancuran tersebut terpisah lumayan jauh. Tiket masuk tempat wisata ini hanya Rp10.000.

  1. Kebun Raya Baturaden

Kebun Raya Baturaden terletak di lokasi tempat wisata Baturaden. Tepatnya, kebun raya ini berlokasi di Desa Kemutuk Lor, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas. Kebun ini memiliki ketinggian kurang lebih 600-700 mdpl.

Posisi kebun raya ini tepatnya belok kanan sebelum pintu masuk Baturaden, tepatnya ke arah lokawisata Wanawisata. Harga tiket yang harus Anda bayar untuk mengunjungi tempat wisata ini terbilang murah, hanya Rp10.000 dan parkir motor sebesar Rp3.000.

  1. Small World

Wisata ini merupakan wahana terbaru di Baturaden. Lokasinya tidak begitu jauh dari lokawisata Baturaden. Small World terletak di Desa Ketenger, Banyumas. Sesuai dengan namanya, di sini Anda bisa melihat banyak miniartur bangunan terkenal di berbagai belahan dunia.

Baca Juga  Pantai Kukup, Berburu Ikan Kecil Di Pantai Karang

Misalnya, miniatur Patung Liberty, Colosseum, Menara Pisa, Menara Eiffel, sampai hamparan bunga tulip seperti di Negara Belanda. Menarik, bukan? Anda dapat mengunjungi tempat ini hanya dengan membayar tiket masuk Rp20.000.

  1. Telaga Sunyi

Sesuai dengan namanya, telaga ini terletak di bagian Baturaden yang sunyi. Tempat wisata ini cocok bagi Anda yang sedang ingin menikmati keindahan alam secara tenang dan jauh dari hingar bingar keramaian.

Anda bisa memanjakan mata Anda dengan panorama yang indah di sekitar telaga ini. Udaranya pun sangat sejuk. Kedalaman telaga ini hanya sekitar 3 meter dan memiliki air yang jernih dan sedap dipandang mata.

  1. Lokawisata Baturaden

Di dalam lokawisata Baturaden Anda bisa menikmati perpaduan antara wisata alam dan wisata modern. Anda bisa memanjakan mata Anda dengan wisata alam yang indah dan juga menikmati berbagai fasilitas hiburan yang lengkap.

Telaga Sunyi baturadenMasih banyak tempat wisata menarik di Baturaden yang bisa Anda nikmati seperti kolam renang dengan papan seluncur, air terjun, hutan pinus, Goa Sabaradak, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menikmati teater alam dan seni lokal tradisional yang tersedia di sana.

Nah itu dia ulasan dan informasi lengkap mengenai tempat wisata di Baturaden yang bisa Anda kunjungi. Jangan sampai terlewatkan satu pun ya! Dengan berkunjung di tempat wisata tersebut, dijamin liburan Anda akan semakin seru dan menyenangkan.

Happy travelling!

Load More By khadafi
Load More In Tempat Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Ternyata Susu Kental Manis Tidak Berbahaya, Lho! Inilah Manfaat Susu Kental Manis Saat di Perjalanan Anda

Susu merupakan salah satu minuman yang memiliki sejuta manfaat bagi semua kalangan. Susu d…