Home Tempat Wisata 7 Tempat Wisata Edukasi di Indonesia untuk Liburan Keluarga

7 Tempat Wisata Edukasi di Indonesia untuk Liburan Keluarga

11 min read
0
0
41
Museum Purbakala Sangiran

Wisata Edukasi Indonesia – Selain dikenal sebagai negri yang ramah, Indonesia juga dikenal dengan keanekaragaman budaya dan tempat wisatanya yang indah.

Tak sedikit wisatawan mancanegara yang terkesan dengan pesona Indonesia, sehingga kangen liburan kembali ke negeri “gemah ripah loh jinawi” ini.

Omong-omong liburan di Indonesia, ada neh rekomendasi tempat wisata edukasi di Indonesia yang cocok dan asyik untuk liburan keluarga. Berwisata edukasi, kesannya tak hanya menyenangkan, tapi juga akan menambah wawasan.

Mau? Cek deh 7 detinasi wisata edukasi di Indonesia berikut ini.

  1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

taman mini indonesia indahTMII sudah sangat tersohor di Indonesia. Untuk para orangtua yang ingin liburannya bersama anak ada disisipi edukasi, taman ini bisa dipilih. Di TMII anak-anak bisa bermain sesuak hati mereka,  banyak hal baru yang dapat Anda kenalkan pada anak, seperti rumah adat, pakaian adat, alat musik, benda bersejarah, senjata khas daerah, tempat beridah semua umat agama di Indonesia, ilmu sains, ilmu biolgi dan masih banyak lagi serba-serbi masing-masing daerah di Indonesia. Saat mengunjunginya, secara tidak langsung anak bahkan orangtua-nya akan belajar mengenal setiap keanekaragaman sejarah dan budaya Indonesia. Biasanya suatu hal yang dilihat anak secara langsung akan lebih melekat dalam ingatan.

Keseruan lain di Taman Mini Indonesia Indah, anak-anak juga bisa menikmati berbagai macam pertunjukan seperti Theater Keong Mas, Snow Bay Musik dan lain sebaginya.

  • Lokasi : Ceger, Cipayung, DKI Jakarta.
  • Jam Operasional : 07.00-22.00.
  • Harga Tiket Masuk: Rp10.000/orang.
  1. Museum Rekor Indonesia (MURI)

museum rekor indonesiaOrang-orang Indonesia juga pasti juga sudah familiar dengan nama Museum Rekor Indonesia. Kalaupun belum pernah berkunjung, setidaknya pernah dong ya mendengar nama objek wisata yang merupakan tempat dicatatnya data-data prestasi atau rekor superlatif (teratas) yang terjadi di Indonesia ini. Museum ini menampilkan dokumentasi rekor-rekor baru atau rekor yang dipecahkan yang telah tercatat dalam catatn MURI, baik dalam bentuk fisik ataupun berupa foto-fotnya.

Baca Juga  Tempat Wisata Menarik di Blitar Yang Wajib dan Harus Anda Kunjungi

Bagi Anda yang tinggal atau kebetulan sedang liburan di Semarang patut banget mengunjungi MURI. Di tempat wisata ini, Anda akan dikelnalkan keanekaragaman karya anak bangsa dan siapa pencetus koleksi yang di beri penghargaan rekor MURI tersebut. Diharapkan, pengunjung yangke sana termotivasi untuk menciptakan sebuah rekor baru.

  • Lokasi : Jl. Perintis Kemerdekaan No.275. Srondol Kulon, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah.
  • Jam operasional :Senin s/d Jumat mulai dari 09.00– 14.00.
  • Harga Tiket masuk : Gratis.

  1. Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar YogyakartaSaat di “Kota Pelajar” jangan sampai terlewatkan untuk mengajak anak Anda berwisata di Taman Pintar. Taman Pintar Yogyakarta terdiri dari 6 wahana berbeda, konsepnya ada antariksa, ilmu pengetahuan modern, sejarah hingga kebencanaan. Di sini anak-anak bisa memperdalam pengetahuan yang mereka dapatkan di sekolah. Taman pintar sangat cocok dikunjungi oleh siapapun yang ingin memperdalam ilmu pengetahuan, teruatama di bidang sains.

  1. Jatim Park 2

Wisata edukasi di Indonesia selanjutnya datang dari Jawa Timur, yaitu Jatim Park 2. Dibanding Jatim Park 1, Jatim Park 2 lebih banyak menyisipkan edukasi disetiap kegiatan wisatanya. Tempat wisata terpadu ini terdiri dari Batu Secret Zoo, Museum Satwa dan Eco Green Park. ketiganya memiliki kekhasannya masing-masing.

Batu Secret Zoo merupakan kebun binatang yang ditata apik dengan konsep yang modern. Di bonbin ini Anda bisa melihat koleksi berbagai satwa eksotis nan langka dari berbagai belahan dunia yang ditaruh di tempat yang menyerupai habitat aslinya. Woaw!

Museum Satwa, berbagai fosil hewan purbakala serta satwa-satwa yang diawetkan bisa Anda jumpai di sini. Ada pula replika Stegosaurus dan Tyrannosaurus yang menjadi favorite pengunjung untuk diajak foto

Eco Green Park, saat ke sana Anda akan disambut oleh patung gajah yang terbuat dari limbah elektronik. Eco Green Park ini menyadarkan kita untuk lebih peduli pada bumi dan isinya.

  1. Museum Purbakala Sangiran
Baca Juga  Pantai Ngobaran Gunung Kidul, Pantai Ala Bali Di Jogja

Museum Purbakala SangiranSebagai sebuah situs ekskavasi yang merupakan salah satu World Heritage Site UNESCO. Museum Purbakala Sangiran sangat recommended dikunjungi untuk menambah pengetahuan. Sangirang sendiri merupakan salah satu situs terpenting di dunia untuk mempelajari manusia zaman dulu alias purbakala.  Di museum ini Anda dapat menikmati sarana audio visual yang menjelaskan seputar purbakala. Misal, evolusi manusia, proses ditemukannya situs purbakala, gugusan gunung berapi, dan proses alam raya. Jika Anda tertarik atau penasaran dengan sejarah arkeologi, Museum Purbakala Sangiran adalah tempat kunjungan paling tepat untuk Anda.

Lokasi : Ds. Krikilan Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah,

  1. Museum Kereta Api Ambarawa Semarang

Museum Kereta Api Ambarawa SemarangSekarang waktunya mengenal sejarah lokomotif Indonesia di Museum Kereta Api Ambarawa. Di Museum ini Anda dapat melihat secara langsung lokomotif tua yang ada di Indonesia yang pernah berjaya pada masanya, beserta barang-barang lain yang berhubungan dengan stasiun.  Seperti mesin pencetak tiket, kalkulator zaman dahulu dan lainnya bisa Anda temukan di tempat ini.

Kerennya lagi! Salah satu kereta uap bergerigi yang ada di museum Ambarawa ini merupakan salah satu tiga yang masih tersisa di dunia. Dua di antaranya ada di Swiss dan India.

  1. Planetarium di Jakarta

Okay! Kembali lagi ke Ibukota. Wisata edukasi satu ini sudah berdiri sejak lama dan masih rame hingga sekarang. Di Planetarium, anak-anak dapat belajar tentang tata surya yang ada, melihat teater bintang dan masih banyak keseruan lainnya. Patut masuk agenda liburan Anda bersama keluarga!

Nah, itulah 7 tempat wisata edukasi di Indonesia untuk liburan keluarga. Berwisata sambil belajar? Why not!

Load More By khadafi
Load More In Tempat Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Ternyata Susu Kental Manis Tidak Berbahaya, Lho! Inilah Manfaat Susu Kental Manis Saat di Perjalanan Anda

Susu merupakan salah satu minuman yang memiliki sejuta manfaat bagi semua kalangan. Susu d…