Home Tempat Wisata Belajar Membuat kopi di Kampung Kopi Banaran

Belajar Membuat kopi di Kampung Kopi Banaran

8 min read
0
0
15
Belajar Membuat kopi di Kampung Kopi Banaran

Kopi memang tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat Indonesia, minuman ini menemani hampir setiap aktivitas yang dilakukan oleh berbagai lapisan masyarakat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, mulai dari petani, guru, pegawai kantoran, hingga pebisnis, mereka menjadikan kopi sebagai minuman andalan ketika selesai bekerja. Melihat begitu pesatnya perkembangan kopi dan makin banyaknya peminat dari minuman khas Indonesia yang satu ini, PT Perkebunan Nusantara IX berusaha untuk membuat sebuah kawasan yang berbasis pada pengembangan kopi, kawasan ini disebut dengan Kampung Kopi Banaran, sebuah daerah yang terletak di Jalan Raya Semarang Solo KM 35 dengan ketinggian 480 sampai 600 mdpl yang memiliki suhu udara sejuk yang berkisar antara 23 derajat Celcius sampai 27 derajat Celcius.

Belajar Membuat kopi di pabrik Kopi BanaranSebagai sebuah kawasan yang dipenuhi oleh kopi, Kampung Kopi Banaran tidak hanya sebuah perkampungan yang dimanfaatkan sebagai lahan untuk menanam kopi, tetapi juga telah beralih fungsi menjadi kawasan wisata yang menawarkan berbagai macam kegiatan kepada wisatawan, tetapi tentu saja kegiatan tersebut tetap melibatkan kopi sebagai tujuan utamanya. Di antara banyaknya kegiatan yang ada di Kampoeng Kopi Banaran adalah, kamu bisa menikmati sedapnya Kopi Banaran sambil memperhatikan anak-anak yang bermain bebas di area bermain yang disediakan oleh pihak pengelola. Di samping itu juga banyak fasilitas lain yang bisa kamu nikmati, seperti corporate gathering, Coffe Walk, Out Bond Games, kolam renang, gazebo, lapangan tenis, tempat pertemuan, flying fox, mushola, taman buah, serta tour keliling Kampung Kopi Banaran yang ditemani pakar kopi profesional yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

Tidak hanya menawarkan berbagai macam kegiatan kepada wisatawan yang sengaja berkunjung ke Kampung Kopi Banaran, destinasi wisata Semarang tersebut juga dilengkapi dengan sebuah museum yang terletak bersebelahan dengan pabrik Kopi Banaran, museum ini akan memperlihatkan kepada kamu sejarah perjalanan kopi di Indonesia, di museum ini terdapat varian kopi yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia, serta proses pengolahan kopi dari zaman klasik hingga saat sekarang ini. Agar pengetahuan pengunjung mengenai kopi yang ada di Indonesia semakin sempurna, pihak pengelola juga menyediakan coffee cupping untuk setiap varian kopi yang dipajang di Museum tersebut.

selanjutnya, di kawasan tersebut juga ada pabrik Kopi Banaran, sebuah pabrik kopi yang merupakan peninggalan Belanda sejak tahun 1911 silam. Ketika mengunjungi Kampung Kopi Banaran, kamu juga akan diberikan kebebasan untuk mengelilingi dan melihat proses pengolahan kopi yang dilakukan oleh para pegawai di pabrik Kopi Banaran, mulai dari proses pengupasan kulit kopi hingga proses penyortiran biji kopi dan memisahkan mana biji kopi berkualitas tinggi dan mana biji kopi yang berkualitas baik dan sedang.

Baca Juga  Rasakan Sensasi Wisata yang Berbeda dengan Ubud Bike Tour

Untuk meningkatkan pemasaran dari Kopi Banaran, pihak pengelola memberikan kebebasan kepada berbagai instansi atau lemabaga usaha yang ingin menggeluti bidang kopi untuk mengelilingi dan melihat proses pembuatan Kopi Banaran yang sudah terkenal sampai ke berbagai penjuru dunia, karena kopi yang berasal dari perusahaan Kopi Banaran ini memang kopi berkualitas ekspor. Agar dapat menikmati Kopi Banaran dengan lebih leluasa dan lebih variatif, kamu bisa mengunjungi beberapa gerai Kopi Banaran yang tersedia di sekitar kawasan Kampung Kopi Banaran, di antaranya adalah gerai Kopi Banaran yang terletak di Jalan Raya Semarang Yogyakarta Km 50, Gemawang, Kecamatan jambu, Kabupaten Semarang.

Selain pabrik Kopi Banaran, di sekitar Kampung Kopi Banaran juga ada pabrik gula Rendeng yang merupakan salah satu di antara pabrik gula tertua di Jawa Tengah, tetapi bangunan-bangunan yang berada di sekitar pabrik gula rendang telah dijadikan sebagai cagar budaya yang dilestarikan dan dijaga oleh negara. Di pabrik gula Rendeng ini kamu bisa menyaksikan proses pembuatan gula sejak awal hingga berakhir menjadi gula seperti yang kita konsumsi pada saat sekarang ini. Jadi memilih untuk berlibur mengelilingi Kampung Kopi Banaran bukanlah hal yang sia-sia, karena selain bisa mengetahui berbagai macam varian kopi yang dibuat langsung oleh tangan terampil masyarakat Indonesia, kamu juga bisa mempelajari cara membuat kopi yang ada di Kampung Kopi Banaran tersebut. Segera persiapkan liburan akhir pekan kamu bersama keluarga dan kunjungi Kampung Kopi Banaran, sebuah Kampung edukatif yang bisa mengajarkan cara pembuatan minuman khas Indonesia yang telah terkenal sampai ke seantero dunia.

Please follow and like us:
error
Load More By khadafi
Load More In Tempat Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Tips Berbelanja Di Hari Belanja Online Nasional

Sejak tahun 2012, dunia online shop mengenal apa yang namanya Harbolnas atau hari belanja …