Home Kuliner Berburu 4 Oleh-Oleh Khas Jakarta yang Tidak Boleh Kamu Lupakan

Berburu 4 Oleh-Oleh Khas Jakarta yang Tidak Boleh Kamu Lupakan

9 min read
0
0
12
Berburu 4 Oleh-Oleh Khas Jakarta yang Tidak Boleh Kamu Lupakan

Jakarta sebagai ibukota negara Indonesia merupakan salah satu kota tersibuk dunia, karena boleh dibilang hampir separuh rakyat Indonesia berada di ibukota Jakarta, sehingga tidak mengherankan jika kemacetan dan kepadatan penduduk adalah pemandangan yang biasa bagi warga ibukota. Tetapi sebagai sebuah kota yang begitu sibuk, ternyata Jakarta menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan terutama untuk mereka yang ingin berburu kuliner khas Jakarta. Tidak sedikit wisatawan yang datang untuk mencari kuliner khas Jakarta dan menjadikannya oleh-oleh untuk para keluarga yang ada di kampung halaman. Lalu apa saja Oleh-Oleh Khas Jakarta yang harus kamu beli ketika mengunjungi ibukota negara kita tercinta Indonesia ini?. Jangan kemana-mana, berikut ulasan mengenai berbagai macam Oleh-Oleh Khas Jakarta yang harus segera kamu temukan.

  1. Roti buaya

Berburu 4 Oleh-Oleh Khas Jakarta yang Tidak Boleh Kamu Lupakan Roti BuayaJika kamu penikmat sinetron Indonesia, makan roti buaya bukanlah hal yang asing bagi kamu, karena hampir di semua sinetron indonesia yang berlatarkan budaya Betawi, akan menghadirkan roti buaya yang biasanya disajikan ketika ada hajatan besar. Roti buaya merupakan sebuah roti yang berbentuk menyerupai Seekor buaya yang memiliki ukuran cukup besar, biasanya roti ini digunakan sebagai seserahan dari pengantin pria kepada pengantin wanita jika akan melangsungkan pernikahan. Menurut masyarakat Betawi roti buaya merupakan lambang kesetiaan bagi dua sejoli yang ingin menikah. Hal ini tidak lepas dari filosofi seekor buaya yang cuma kawin sekali seumur hidup. Walaupun filosofi yang ada di dalam roti buaya ini begitu dalam, kamu yang bukan merupakan warga asli Betawi tetap bisa menikmati kelezatan dari Roti buaya tersebut dihari-hari biasa, karena pada saat sekarang ini telah banyak toko yang menyediakan roti buaya dalam ukuran kecil sehingga bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh dan buah tangan dari ibukota Jakarta untuk sanak famili yang menunggu kedatangan kamu di kampung halaman.

  1. Dodol betawi

Hampir semua daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang satu ini, tetapi cita rasa yang ditawarkan oleh setiap dodol dari berbagai daerah tersebut sungguh sangat berbeda. Salah satu yang terlezat adalah dodol betawi yang merupakan sebuah kue kenyal dan sangat laris di pasaran. Dodol betawi berbeda dengan dodol yang berasal dari daerah lainnya karena memiliki rasa yang gurih dan manis dengan bahan baku utama berasal dari ketan putih. Tetapi seiring perkembangan zaman Dodol Betawi juga mengalami perubahan, tidak hanya dibuat dari ketan putih, saat sekarang ini dodol betawi juga telah dibuat dengan menggunakan ketan hitam, bahkan ada dodol betawi yang berasal dari durian, sehingga dodol betawi beraneka rasa dan bentuk itu cocok dijadikan sebagai salah satu Oleh-Oleh Khas Jakarta yang harus kamu bawa ketika kembali asalmu.Berburu 4 Oleh-Oleh Khas Jakarta yang Tidak Boleh Kamu Lupakan Dodol betawi

Baca Juga  Oleh oleh Khas Semarang yang Paling Terkenal
  1. Kue geplak

Di antara Oleh-Oleh Khas Jakarta lainnya adalah kue Geplak, kue geplak adalah salah satu Oleh-Oleh Khas Jakarta yang sangat sulit didapat dan jarang ditemukan di toko oleh-oleh yang memang menyediakan Oleh-Oleh Khas Jakarta. Tidak berbeda dengan roti buaya, biasanya kue geplak digunakan sebagai seserahan dari pengantin pria kepada pengantin wanita, namun kue ini terbuat dari beras kecoklatan yang memiliki sedikit bercak putih. Di namakan dengan kue geplak karena kue tersebut dibuat dengan menepuk-nepuk atau menggeplak adonan kue yang telah tersedia. untuk kamu yang ingin mencoba kegiatan dari kue geplak, segeralah berkunjung ke Kawasan Bintaro, karena disana masih terdapat industri yang menyediakan kue geplak walaupun dalam skala kecil dan terbatas.

  1. Bir pletok

Berburu 4 Oleh-Oleh Khas Jakarta yang Tidak Boleh Kamu Lupakan Bir pletokSelain makanan, ternyata Jakarta juga menyajikan sebuah minuman yang harus kamu coba, yaitu bir pletok. Walaupun menggunakan nama “bir” yang selama ini dianggap sebagai salah satu minuman beralkohol, ternyata bir pletok adalah satu diantara berbagai jenis minuman yang tidak mengandung alkohol sama sekali dan tentu saja tidak membuat mabuk peminumnya. Sebaliknya, bir pletok disebut-sebut sangat bagus untuk kesehatan, karena bir tersebut berasal dari bahan-bahan alami yang memberikan khasiat kepada setiap orang yang meminumnya, seperti batang serai, daun pandan, jahe, dan rempah-rempah lainnya. Bir pletok telah ada sejak zaman penjajahan dahulu, penamaan minuman ini dengan bir pletok karena pada saat pembuatannya mengeluarkan bunyi meletup letup atau pletak pletok. Banyak khasiat yang akan kamu peroleh ketika mengkonsumsi bir ini, di antaranya adalah dapat meredakan pegal-pegal, masuk angin, dan flu.

Tunggu apa lagi, segeralah sediakan waktu luang kamu sebelum kembali ke kampung halaman untuk berburu berbagai macam Oleh-Oleh Khas Jakarta baik makanan ataupun minuman, agar sanak famili yang berada di kampung halaman sana juga bisa mencicipi berbagai macam makanan khas yang berasal dari ibu kota negara tercinta.

Please follow and like us:
error
Load More By khadafi
Load More In Kuliner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Wisata Kuliner Asyik dan Ajib di Dekat Hotel Surabaya

Saat tengah berlibur ke luar kota, apa yang akan kamu cari dari kota tersebut? Wisata yang…