Home Tempat Wisata Celebes Canyon wisata ala Grand Canyon di Sulawesi

Celebes Canyon wisata ala Grand Canyon di Sulawesi

9 min read
0
0
21
Celebes Canyon wisata ala Grand Canyon di Sulawesi

Ada yang sudah pernah menikmati pemandangan Grand Canyon yang berada di US.Bener banget… wisata yang sebagian besar bebatuan dan dialiri sungai ini sangat memanjakan jiwa petualangan kita. Sayangnya  Grand Canyon itu sangat jauh dari Indonesia,juga untuk biaya perjalanan kesana membutuhkan uang yang tidak sedikit.

Lokasi Wisata Celebes Canyon

Lokasi Wisata Celebes CanyonDi Indonesia juga ada lohh.. tempat wisata yang mirip-mirip Grand Canyon. Wisata yang ada di salah satu pulau di Indonesia ini sangat mirip sekali dengan yang ada di US. Bahkan namanyapun hampir mirip. Orang Sulawesi banyak menyebutnya dengan Wisata Celebes Canyon.  Kawasan wisata yang terletak di Sulawesi Selatan ini berada di suatu desa yang bernama Desa Libureng. Desa ini masuk kedalam Kecamatan Tanete Riaja yang masih wilayah Kabupaten Barru.

Rute Perjalanan Wisata Celebes Canyon

Rute menuju ke daerah wisata ini sangat gampang. Kalau kamu berangkat dari kota Makassar pertama kali adalah harus mengambil jalan yang kearah Kabupaten Barru. Disini perjalanmu akan sampai di Maros. Setelah itu, kamu akan melanjutkan perjalanan lagi menuju Kabupaten Barru yang akan melewati jalan pangkeje menuju Barru. Maka akan sampailah kita di Kabupaten Barru. Dari kabupaten ini perjalanan akan dilanjutkan menuju Kecamatan Tanete Riaja. Kalau sudah sampai di kecamatan ini, berarti perjalanan sudah dekat dengan Desa Libureng. Di desa ini kamu akan menjumpai banyak petunjuk ke arah wisata yang akan kita tuju yaitu Celebe Canyon.

Baca Juga  9 Tempat Wisata Waterpark Terbaik Di Pulau Jawa Buat Liburan Setelah Corona

Fasilitas Wisata Celebes Canyon

Fasilitas Wisata Celebes CanyonFasilitas yang tersedia di tempat wisata Celebes Canyon masih terkesan jauh dari kata lengkap. Karena belum lama dibuka untuk umum. Tempat untuk makan dan minum belum tersedia, belum dibangun toilet apalagi penginapan. Untuk kamu yang membawa kendaraan pribadi disini sudah disediakan tempat untuk memarkir mobil yang lumayan luas. Semuanya fasilitas ada di kawasan wisata ini masih kelola secara swadaya oleh masyarakat setempat, belum oleh pemerintah ataupun swasta.

Dari area parkir Celebes Canyon, kita harus berjalan lagi untuk menuju ke tempat wisata yang kita tuju. Perjalanan dengan jalan kaki ini tidaklah memakan waktu yang lama. Hanya selama 20 menit, kita akan dibuat takjub oleh keindahan panorama Celebes Canyon.

Masih keliatan bersih dan asri, itulah kesan pertama apabila kita berkunjung kesini.Pepohonan yang masih rimbun, kicauan burung yang ramai terdengar serta aliran sungai yang sangat jernih mengalir menjadikan kita betah berlama-lama menikmati suasananya. Karena kawasan ini bersih dari sampah, pengunjungpun diwajibkan untuk membawa bekas sampah pribadinya untuk selanjutnya dibuang di tempat sampah yang ada di area parkir.

Sampai disini, kita juga akan disihir keindahan Celebes Canyon. Aliran sungainya yang dinamakan sungai ule mengalir jernih. Aliran ini mengalir diantara lekukan tebing-tebing karst. Disarankan ke kawasan ini tidak dalam musim penghujan yaaa. Karena akan sangat berbahaya. Bisa saja tiba-tiba ada air bah yang datang. Jadi apabila akan menuju kesini waktu terbaiknya adalah pada saat musim kemarau. Di musim ini aliran airnya sangat jernih bahkan dasarnya pun akan kelihatan.

Baca Juga  Mengunjungi Garuda Wisnu Kencana, Patung Tertinggi Dan Filosofi Burung Garuda

Harga Tiket Masuk Wisata Celebes Canyon

Pada saat hari libur atau musim liburan kawasan wisata ini ramai dikunjungi orang.  Kebanyakan dari mereka sudah pernah beberapa kali mengunjungi Celebes Canyon, tetapi seakan mereka tidak pernah bosan untuk menikmati keindahannya. Tarifnya yang cukup murah karena pengelolaannya masih sangat sederhana.

Tak ada salahnya kamu meninggalkan rutinitas pekerjaan sejenak untuk menikmati suasana ala Grand Canyon yang ada di Indonesia ini.Kamupun akan dibuay takjub dan rileks kalau sudah melihat sendiri tebing karst dialiri aliran sungai Ule yang jernih.

Please follow and like us:
error
Load More By khadafi
Load More In Tempat Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

9 Tempat Wisata Waterpark Terbaik Di Pulau Jawa Buat Liburan Setelah Corona

Waterpark sekarang kini sudah ada di setiap kota besar di pulau Jawa. Kehadiran tempat ber…