Home Tempat Wisata Danau Ranu Kumbolo, Gunung Semeru, Jawa Timur

Danau Ranu Kumbolo, Gunung Semeru, Jawa Timur

10 min read
0
0
1,596
Akses menuju ranu kumbolo

Galeri Wisata – Ranu Kumbolo, Gunung Semeru, Jawa Timur, Ranu Kumbolo merupakan sebuah danau diatas gunung, lebih tepatnya berada di kaki gunung semeru. Danau ini merupakan destinasi bagi para pecinta hiking yang akhir-akhir ini lagi buming. Danau ini memiliki luas 15 hektar dengan debit air yang sangat banyak. Ranu kumbolo sendiri berada dibawah pengelolaan pemerintah kabupaten lumajang yang berada dalam lingkungan wisata tengger bromo semeru atau dikenal dengan sebutan (TBS).

Ranu Kumbolo, Gunung Semeru, Jawa Timur

Bagi para pecinta hiking, ranu kumbolo merupakan tempat yang tidak asing lagi dikarenakan tempat ini digunakan untuk bermalam atau beristirahat sebelum kepuncak mahameru. Mahameru sendiri merupakan puncak tertinggi dijawa.

Selain menjadi tempat istirahat bagi para pendaki, ranu kumbolo menjadi tempat menikmati sunrise. pemandangan yang disuguhkan bisa membuat pikiran menjadi tenang dan rilex.

Akses menuju ranu kumboloAkses menuju ranu kumbolo sekarang sangatlah mudah dikarenakan banyak yang menyediakan paket wisata. Untuk kalian yang berada diluar jatim bisa naik pesawat ke malang turun di bandara abdurahman saleh, setelah itu bisa naik angkutan menuju tumpang dan yang terkhir naik mobil suv yang telah disediakan oleh travel atau jasa wisata yang telah anda pesan menuju ranu pani.

Ranu Kumbolo, Gunung Semeru, Jawa Timur

Hal-hal yang harus dipersiapkan:

Sangat disarankan bagi Anda para pendaki untuk  latihan fisik terlebih dahulu berupa jogging, gym, lari, dan olahraga lain yang bisa meningkatkan daya tahan dan kekuatan tubuh Anda.

Baca Juga  Destinasi Tempat Wisata di Pacitan Yang Mengagumkan

Travelling ke Danau Ranu Kumbolo bukanlah perjalanan yang mudah, di butuhkan kesehatan dan kekuatan fisik yang prima dan perbekalan yang cukup.

Di pos Ranu Pani Selain fisik, Diperlukan 3 lembar foto kopi KTP, surat keterangan sehat dan materai. untuk  meregistrasi dengan menunjukkan dua surat ini. untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu yang tidak baik pada kita saat pendakian.

Akses menuju ranu kumboloPeralatan mendaki yang disiapkan seperti jaket waterproof yang tebak, kaos kaki, sarung tangan, kupluk, masker, kantung tidur, tenda, makanan dan minuman. jangan lupa membawa persediaan air yang cukup serta coklat dan madu agar stamina selalu fit saat pendakian.

Tiket masuk ke Ranu Kumbolo kurang lebih 22.000 Rupiah per orang dan 20.000 Rupiah per tenda. dapat menempuh dua jalur pendakian yaitu melalui Bukit Ayek-ayek dan Watu Rejeng.

Jika lewat jalur Bukit Ayek-ayek, ini seperti shortcut atau jalan pintas jalannya curam dan cukup berbahaya. Bagi pendaki pemula direkomendasikan melalui Jalur Watu Rejeng karena lebih bersahabat tetapi akan memakan waktu yang panjang.

Dari pos pendaftaran di Ranu Pani, Anda akan melakukan perjalanan dengan jalan kaki sejauh 5 km – 7 km melewati bukit yang dipenuhi dengan bunga edelweiss. jangan asal memetik  Karena bunga edelweiss termasuk bunga langka yang harus kita lestarikan.

Kemudian Anda akan tiba di Watu Rejeng, sebuah spot yang memiliki batuan terjal yang indah. kita akan melewati  lembah dan bukit yang di penuhi cemara dan pinus, akan terlihat oleh kita kumpulan asap dari puncak Semeru. Perjalanan ini memakan waktu 5 – 7  jam. Sepanjang perjalanan, terdapat empat posko istirahat yang dapat kita gunakan.

Baca Juga  Pantai Sawarna, Surga yang Tersembunyi Di Banten

Jika tiba di Ranu Kumbolo, segeralah dirikan tenda, dan biasanya para pendaki sudah banyak yang berkumpul. Jika langit malam hari dengan cuaca cerah, kita bisa melihat kumpulan bintang di galaksi bima sakti yang indah. esok harinya ketika matahari terbit, akan terlihat di balik dua bukit hijau yang dipadukan dengan beningnya air danau.

Yang perlu Anda perhatikan ketika berada di sini

a. Air di danau Ranu Kumbolo sangat bersih dan jernih, sehingga bisa langsung diminum. Anda tidak boleh mandi, buang air dan berenang di danau ini.

b. Suhu di Danau Ranu Kumbolo saat malam hari sampai minus 5 derajat Celcius, oleh karena itu penting bagi Anda untuk membawa jaket khusus mendaki.

c. Bawa tempat sampah sendiri bisa berupa kantong plastik atau karung. Jangan kotori danau ini meskipun hanya plastik bekas makanan.

Please follow and like us:
error
Load More By khadafi
Load More In Tempat Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Keindahan 3 Destinasi Wisata Alam Wonogiri yang Harus Diexplore

Terdapat sebuah kabupaten yang berada di provinsi Jawa Tengah bagian Selatan yang memiliki…