Menikmati Yogyakarta Sambil Menginap di Hotel Adhistana

Yogyakarta terkenal sebagai kota wisata yang masih sangat terasa sisi tradisionalnya. Berbagai macam peninggalan jaman kerajaan dan sejarahnya juga masih menjadi ciri khas dari kota

khadafi

 * 

 

Yogyakarta terkenal sebagai kota wisata yang masih sangat terasa sisi tradisionalnya. Berbagai macam peninggalan jaman kerajaan dan sejarahnya juga masih menjadi ciri khas dari kota pelajar ini. Hal tersebut bisa Anda rasakan ketika pertama kali Anda menginjakkan kaki di kota tersebut, apalagi jika Anda memilih Hotel Adhistana Yogyakarta sebagai tempat untuk menginap. Hotel Adhistana merupakan salah satu hotel di Yogyakarta yang menyajikan sisi tradisional budaya Jawa, namun di lain sisi tetap terlihat modern. Sudah berdiri selama 20 tahun, hotel ini terus mengalami peningkatan dari segi pariwisata. Awal didirikannya pun karena kecintaan pemiliknya terhadap bangunan tua khas Yogyakarta. Hotel Adhistana sendiri terletak di Jl. Prawirotaman II No. 613, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta. Jika melihat dari lokasinya, hotel ini sangat tepat untuk dijadikan tempat menginap selama di Yogyakarta. Karena daerah Prawirotaman merupakan salah satu daerah paling ramai di Yogyakarta. Sepanjang jalan, Anda akan menemukan bermacam-macam kuliner seperti warung makan sampai dengan cafe hits. Selain itu sangat dekat dengan pusat kota, sehingga akan memudahkan akses Anda jika ingin kesana.

Interior Luar Hotel Adhistana

Bangunan hotel ini jika dilihat dari luar tidak terlihat megah, bentuk bangunannya sangat sederhana. Namun Anda akan menemukan pemandangan unik, yang mungkin hanya akan Anda temukan di hotel ini. Dekorasi bangunan luarnya sangat artistik yang membuat hotel ini memiliki ciri khas tersendiri. Anda akan menemukan pajangan berupa jendela kayu  yang menghiasi bangunan luar hotel tersebut. Jendela kayu yang dipajang di sepanjang dinding hotel memiliki warna-warna yang cerah dan bermacam-macam, sehingga spot ini menjadi favorite para wisatawan untuk berfoto-foto. Hotel ini benar-benar memiliki tema etnik modern, yang membuat Anda akan betah lama-lama disana.

Masuk ke Lobby, Anda akan menemukan sesuatu yang tidak kalah unik. Karena disediakan banyak kursi dengan buku bacaan dan aneka mainan seperti congklak atau monopoli, sehingga pengunjung yang sedang menunggu tidak akan bosan dan bisa menghabiskan waktu luang. Desainnya sendiri sangat artistik, vintage namun terasa nyaman karena Lobby ini memang di desain se cozy mungkin. Ketika Anda sudah sampai di meja resepsionis dan ingin memesan kamar, Anda akan disuguhkan dengan welcome drink berupa es asam jawa yang segar banget. Selain itu ada makanan kecil, semacam keripik singkong dan stik ubi yang bisa Anda ambil sesuka hati. Setelah itu baru Anda akan diantar ke kamar yang sudah Anda pesan. Di hotel ini tidak disediakan lift karena hanya terdiri dari 3 lantai. Desainnya juga sangat tradisional, sehingga pemakaian lift terasa kurang pas untuk hotel ini.

Baca Juga  Uniknya Puri Sayang Bungalow, Hotel Kecil di Gili Trawangan

Lobby Hotel Adhistana

Lobby Hotel Adhistana

Lobby Hotel Adhistana

Ada empat pilihan kamar yang disediakan oleh Hotel Adhistana, yaitu tipe Suite, Deluxe, Superior dan Dormitory. Kamarnya sendiri memiliki fasilitas yang berbeda-beda sesuai dengan rate harganya. Untuk kamar Superior misalnya, dengan menginap satu malam saja Anda sudah mendapatkan fasilitas Double Bed, kamar mandi dalam lengkap dengan air panas, free wifi, meja rias, gantungan baju, water heater, Air Conditioning, LCD TV dengan international channels, coffee & tea dan telepon kabel. Untuk ukuran kamar Superior, kamar di Adhistana ini memiliki ukuran yang kecil, namun karena dipadukan dengan interior yang artistik, kamar ini tetap terlihat mewah dan unik. Kamarnya sendiri didominasi dengan warna putih dan biru tua, dengan aksen batik dan kayu sebagai furniturenya. Membuat kamar ini memiliki sisi tradisional khas Yogyakarta.

Kamar Tipe Superior

Kamar Tipe Suite

Jika beberapa hotel menyediakan sandal hotel berwarna putih, berbeda dengan Adhistana. Karena disana Anda akan menemukan sandal hotel bermotif batik warna biru tua dengan bahan yang lumayan tebal. Namun sandal hotel disana kabarnya tidak boleh dibawa pulang. Kamar tidur di Adhistana memang terlihat kecil, namun hotel ini memiliki kamar mandi yang cukup besar. Dengan air hangat yang konsisten dan fasilitas kamar mandinya yang lengkap, membuat hotel ini memiliki poin plus tersendiri. Jika Anda mungkin kelupaan membawa shampoo dan sabun, tenang saja karena Adhistana sudah menyediakan shampoo dan sabun yang dikemas dalam wadah dari gerabah. Tidak hanya itu, ada handuk juga yang disediakan untuk Anda yang tidak membawa handuk.

Kamar Mandi Tipe Kamar Superior

Lanjut ke fasilitas outdoor yang dimiliki hotel ini. Ada kolam renang berukuran sedang yang berada di lantai bawah, satu lantai dengan resepsionis dan terletak di tengah-tengah bangunan. Kebetulan semua kamarnya menghadap ke kolam renang dan ada beberapa kamar yang menghadap ke taman. Hotel Adhistana sendiri hanya memiliki kurang lebih 50 kamar. Sehingga kolam renang tidak akan terlalu ramai dan bisa Anda nikmati saat menginap disana. Menariknya, di depan hotel Adhistana terdapat cafe yang tidak kalah unik dari segi interiornya. Namanya Cafe Lawas 613, kabarnya cafe ini didirikan juga oleh pemilik Hotel Adhistana, sehingga jika bingung mau makan apa Anda bisa memesan makanan di cafe tersebut melalui kamar. Mau datang langsung juga bisa, karena cafe ini super cozy dan menarik banget untuk menghabiskan waktu senggang.

Baca Juga  Sambut Tahun Baru 2024 dengan Promo Staycation Mewah di 10 Hotel Jakarta!

Kolam Renang

Balkon Lantai 1

Taman di Hotel Adhistana

Cafe Lawas 613

Interior Cafe Lawas 613

Untuk fasilitas breakfast juga disediakan oleh Hotel Adhistana. Namun tergantung dengan pemilihan kamar oleh pengunjung. Ada yang sudah sepaket dengan breakfast, ada juga yang belum. Untuk breakfastnya sendiri sistemnya adalah prasmanan, sehingga Anda harus mengambilnya sendiri di restoran hotelnya di lantai bawah. Restorannya sendiri memiliki interior yang sederhana dengan lukisan tradisional yang artistik di sekeliling ruangan. Walaupun tergolong cukup kecil, namun tatanan kursi dan mejanya sangat rapi sehingga tidak akan menimbulkan kesan sempit. Masih menggunakan furniture kayu yang membuat ruangan-ruangan di Hotel Adhistana benar-benar terlihat klasik.

Restaurant di Hotel Adhistana

Lauknya sendiri bermacam-macam dan pastinya makanan khas Indonesia. Untuk menu sarapan, ada roti dan selai yang pas banget menemani Anda di pagi hari sambil bersantai di tepi kolam renang. Karena terletak di wilayah kampung turis, maka jangan heran jika banyak turis asing yang menginap di hotel ini. Kebanyakan turis asing pasti memang mencari jenis hotel yang seperti ini, yang pastinya jarang ditemukan di daerah asalnya. Di hotel ini juga ada fasilitas lainnya disamping keperluan menginap, yaitu fasilitas meeting & event serta city tour. Cocok banget untuk Anda yang belum pernah ke Yogyakarta lalu ingin melakukan wisata. Maka akan ada city tour dari hotel tersebut yang nantinya akan mendampingi Anda dan membuat itinerary perjalanan Anda.

Harga hotel ini pun terbilang standard, tidak murah namun juga tidak mahal untuk ukuran hotel yang artistik. Jika low season biasanya rate harga hotel ini sekitar 130 ribu rupiah sampai dengan 800 ribu rupiah. Jika High season harga hotel ini pasti akan naik 3 kali lipat. Maka bagi Anda yang memang ingin berlibur ke Yogyakarta dan menginap di Hotel Adhistana, sebaiknya booking kamar dari jauh-jauh hari agar harganya lebih murah dan tidak kehabisan. Hotel Adhistana sendiri memang sudah identik dengan suasana kota Yogyakarta. Jika Anda menginap disana, Anda akan merasakan indahnya kota Yogyakarta dari segi budaya dan kulinernya. Kabarnya, room service disana juga memakai pakaian adat jawa, seperti kebaya modern yang nyaman untuk dikenakan.

Baca Juga  25 Rekomendasi Hotel Staycation di Depok

Tags

Related Post

Leave a Comment