10 Restoran India Terbaik di Jakarta: Cita Rasa Autentik & Pengalaman Istimewa

Jika Anda adalah penggemar masakan India, atau ingin mencoba sesuatu yang baru dan berbeda, Anda tidak perlu jauh-jauh ke India untuk menikmati hidangan khas negeri

khadafi

 * 

 

Queen’s Tandoor jakarta

Sharing is caring!

Jika Anda adalah penggemar masakan India, atau ingin mencoba sesuatu yang baru dan berbeda, Anda tidak perlu jauh-jauh ke India untuk menikmati hidangan khas negeri Bollywood ini. Di Jakarta, ada banyak restoran India yang menawarkan berbagai macam menu, mulai dari yang pedas, manis, asam, hingga gurih. Anda bisa menemukan restoran India di berbagai area, seperti Menteng, Kuningan, Kemang, hingga Ancol. Anda juga bisa memilih restoran India yang sesuai dengan selera, budget, dan suasana yang Anda inginkan, baik yang mewah, santai, maupun cozy.

Namun, dengan begitu banyaknya pilihan restoran India di Jakarta, Anda mungkin bingung harus memilih yang mana. Apalagi, jika Anda belum terlalu familiar dengan masakan India, Anda mungkin tidak tahu apa saja yang harus Anda coba. Untuk itu, kami telah merangkum 10 rekomendasi restoran India di Jakarta yang wajib dicoba, beserta nama tempatnya, deskripsi sepanjang 300 kata, menu andalan, alamat, jam buka, dan range harga. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa yang Membuat Masakan India Menjadi Spesial?

Sebelum kita membahas tentang 10 rekomendasi restoran India di Jakarta, ada baiknya kita mengenal lebih dulu apa yang membuat masakan India menjadi spesial dan berbeda dari masakan lainnya. Masakan India memiliki beberapa ciri khas yang menjadikannya unik dan lezat, yaitu:

Bumbu-bumbu yang Khas dan Beragam

Salah satu hal yang paling menonjol dari masakan India adalah penggunaan bumbu-bumbu yang khas dan beragam. Bumbu-bumbu ini memberikan rasa, aroma, dan warna yang kaya dan menyenangkan bagi lidah dan mata. Beberapa bumbu yang sering digunakan dalam masakan India adalah kunyit, jintan, ketumbar, jahe, bawang putih, cabai, garam, gula, asam, dan santan. Selain itu, ada juga bumbu khusus yang disebut garam masala, yang merupakan campuran dari beberapa bumbu seperti kayu manis, cengkeh, kapulaga, pala, dan lain-lain. Bumbu-bumbu ini biasanya digiling menjadi bubuk atau pasta, dan dicampur dengan air, minyak, atau yogurt untuk membuat bumbu basah atau kering.

Teknik Memasak yang Unik dan Tradisional

Selain bumbu-bumbu, teknik memasak juga menjadi salah satu faktor yang membuat masakan India menjadi spesial. Teknik memasak yang unik dan tradisional ini mencerminkan budaya dan sejarah India yang kaya dan beragam. Beberapa teknik memasak yang sering digunakan dalam masakan India adalah:

  • Tandoor: teknik memasak dengan menggunakan oven tanah liat yang dipanaskan dengan arang. Teknik ini digunakan untuk memanggang roti, daging, ayam, dan ikan dengan bumbu khas.
  • Dum: teknik memasak dengan menggunakan panci tertutup yang dipanaskan dengan api kecil. Teknik ini digunakan untuk memasak nasi, kari, dan hidangan lainnya dengan bumbu yang meresap ke dalam bahan makanan.
  • Bhuna: teknik memasak dengan menggoreng bumbu kering dengan minyak panas hingga berwarna cokelat. Teknik ini digunakan untuk membuat hidangan yang kering dan berminyak, seperti daging dan sayuran.
  • Bhaji: teknik memasak dengan menggoreng bahan makanan yang dicelup ke dalam adonan tepung dan rempah-rempah. Teknik ini digunakan untuk membuat hidangan yang renyah dan gurih, seperti kentang, bawang, dan pisang.

Pengaruh Budaya dan Agama yang Berbeda

Masakan India juga dipengaruhi oleh budaya dan agama yang berbeda yang ada di India. India memiliki populasi yang besar dan beragam, yang terdiri dari berbagai suku, bahasa, dan kepercayaan. Hal ini membuat masakan India memiliki variasi yang luas, baik dari segi bahan, rasa, maupun penyajian. Beberapa pengaruh budaya dan agama yang bisa dilihat dalam masakan India adalah:

  • Hindu: mayoritas penduduk India beragama Hindu, yang melarang konsumsi daging sapi. Hal ini membuat masakan India banyak menggunakan daging kambing, ayam, ikan, dan telur sebagai sumber protein. Selain itu, Hindu juga menghormati sapi sebagai hewan suci, dan menggunakan susu sapi sebagai bahan penting dalam masakan India, seperti ghee (mentega yang dimurnikan), paneer (keju), dan kheer (puding nasi).
  • Islam: sebagian penduduk India beragama Islam, yang melarang konsumsi daging babi dan alkohol. Hal ini membuat masakan India banyak menggunakan daging sapi, kambing, ayam, dan ikan sebagai sumber protein. Selain itu, Islam juga mempengaruhi gaya memasak dan penyajian masakan India, seperti menggunakan tandoor, roti, dan nasi biryani.
  • Vegetarian: banyak penduduk India yang memilih untuk menjadi vegetarian, baik karena alasan agama, kesehatan, maupun lingkungan. Hal ini membuat masakan India memiliki banyak variasi hidangan vegetarian yang lezat dan bergizi, seperti dal (sup kacang-kacangan), sabzi (sayuran tumis), samosa (pastel isi kentang dan sayuran), dan dosa (pancake beras dan kacang urad).
  • Regional: India memiliki banyak wilayah yang memiliki karakteristik dan tradisi yang berbeda-beda. Hal ini membuat masakan India memiliki perbedaan rasa, bahan, dan teknik memasak yang khas di setiap wilayahnya. Beberapa contoh masakan regional India adalah:
    • Masakan Utara India: masakan ini banyak dipengaruhi oleh budaya Persia, Mughal, dan Punjab. Masakan ini cenderung lebih kaya, krimi, dan pedas, dengan menggunakan banyak susu, ghee, kacang-kacangan, roti, dan daging. Beberapa hidangan khas masakan utara India adalah butter chicken, palak paneer, naan, dan paratha.
    • Masakan Selatan India: masakan ini banyak dipengaruhi oleh budaya Dravida, Chola, dan Kerala. Masakan ini cenderung lebih ringan, asam, dan pedas, dengan menggunakan banyak beras, santan, daun kari, dan sayuran. Beberapa hidangan khas masakan selatan India adalah idli, vada, sambhar, dan rasam.
    • Masakan Timur India: masakan ini banyak dipengaruhi oleh budaya Bengali, Oriya, dan Assam. Masakan ini cenderung lebih manis, asin, dan pedas, dengan menggunakan banyak ikan, nasi, mustard, dan gula merah. Beberapa hidangan khas masakan timur India adalah macher jhol, mishti doi, pitha, dan luchi.
    • Masakan Barat India: masakan ini banyak dipengaruhi oleh budaya Marathi, Gujarati, dan Rajasthani. Masakan ini cenderung lebih kering, gurih, dan pedas, dengan menggunakan banyak gandum, jowar, bajra, dan kacang-kacangan. Beberapa hidangan khas masakan barat India adalah pav bhaji, dhokla, dal bati churma, dan thepla.

Dengan mengetahui apa yang membuat masakan India menjadi spesial, Anda pasti semakin penasaran untuk mencobanya. Nah, berikut adalah 10 rekomendasi restoran India di Jakarta yang bisa Anda kunjungi untuk menikmati hidangan khas India yang lezat dan otentik.

10 Restoran India di Jakarta yang Harus Anda Kunjungi

Ganesha Ek Sanskriti

Ganesha Ek Sanskriti jakartaGanesha Ek Sanskriti adalah salah satu restoran India terbaik di Jakarta yang menawarkan hidangan India yang autentik dan berkualitas. Nama restoran ini berasal dari dewa Ganesha, yang merupakan dewa kebijaksanaan dan kesuksesan dalam agama Hindu. Restoran ini memiliki konsep yang elegan dan mewah, dengan dekorasi yang bernuansa India, seperti patung, lukisan, dan lampu.

Ganesha Ek Sanskriti menyajikan berbagai macam menu India yang lezat dan halal, seperti kari, tandoori, biryani, roti, dan kebab. Menu-menu ini dibuat dengan menggunakan bumbu-bumbu asli India yang diimpor langsung dari India, sehingga rasanya sangat otentik dan kaya. Selain itu, restoran ini juga menyediakan menu vegetarian, vegan, dan gluten-free yang cocok untuk Anda yang memiliki diet khusus. Anda juga bisa menikmati hidangan India sambil mendengarkan musik dan menonton pertunjukan tari India yang diselenggarakan di restoran ini.

Baca Juga  10 Cafe Instagramable di Jakarta Timur

Menu andalan

Beberapa menu andalan yang bisa Anda coba di Ganesha Ek Sanskriti adalah:

  • Chicken Tikka Masala: potongan ayam yang dimasak dengan bumbu kari khas India yang pedas dan gurih, disajikan dengan nasi atau roti.
  • Palak Paneer: potongan keju India yang dimasak dengan saus bayam yang krimi dan lembut, disajikan dengan nasi atau roti.
  • Lamb Rogan Josh: potongan daging kambing yang dimasak dengan bumbu kari merah yang kaya dan aromatik, disajikan dengan nasi atau roti.
  • Butter Naan: roti pipih India yang dibuat dengan tepung terigu dan mentega, dipanggang di oven tandoor, disajikan dengan saus atau kari.
  • Gulab Jamun: bola-bola adonan yang digoreng dan direndam dalam sirup gula yang manis dan harum, disajikan dengan es krim.

Alamat

Ganesha Ek Sanskriti memiliki beberapa cabang di Jakarta, yaitu:

  • Ganesha Ek Sanskriti Kuningan: Jl. H.R. Rasuna Said Kav. C-22, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan 12940.
  • Ganesha Ek Sanskriti Bendungan Hilir: Jl. Bendungan Hilir Raya No. 19, Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat 10210.
  • Ganesha Ek Sanskriti Kemang: Jl. Kemang Raya No. 15, Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan 12730.

Jam buka

Ganesha Ek Sanskriti buka setiap hari, dengan jam buka sebagai berikut:

  • Senin-Jumat: 11.00-15.00, 18.00-23.00
  • Sabtu-Minggu: 11.00-23.00

Range harga

Range harga untuk makan di Ganesha Ek Sanskriti adalah sekitar Rp 150.000-Rp 300.000 per orang, tergantung pada menu yang Anda pesan. Harga ini belum termasuk pajak dan service charge. Anda bisa membayar dengan menggunakan uang tunai, kartu debit, atau kartu kredit.

Queen’s Tandoor

Queen’s Tandoor jakartaQueen’s Tandoor adalah salah satu restoran India tertua dan terpopuler di Jakarta yang sudah berdiri sejak tahun 1986. Nama restoran ini berasal dari kata tandoor, yang merupakan oven tanah liat yang digunakan untuk memasak hidangan India. Restoran ini memiliki konsep yang modern dan cozy, dengan dekorasi yang minimalis dan elegan.

Queen’s Tandoor menyajikan berbagai macam menu India yang lezat dan halal, seperti kari, tandoori, biryani, roti, dan dosa. Menu-menu ini dibuat dengan menggunakan bumbu-bumbu asli India yang diolah dengan cara tradisional, sehingga rasanya sangat otentik dan nikmat. Selain itu, restoran ini juga menyediakan menu vegetarian, vegan, dan gluten-free yang cocok untuk Anda yang memiliki diet khusus. Anda juga bisa menikmati hidangan India sambil menikmati suasana yang nyaman dan hangat di restoran ini.

Menu andalan

Beberapa menu andalan yang bisa Anda coba di Queen’s Tandoor adalah:

  • Chicken Tandoori: potongan ayam yang dibumbui dengan yogurt dan rempah-rempah, dipanggang di oven tandoor, disajikan dengan saus mint dan salad.
  • Dal Makhani: sup kacang-kacangan yang dimasak dengan mentega dan krim, disajikan dengan nasi atau roti.
  • Paneer Butter Masala: potongan keju India yang dimasak dengan bumbu kari khas India yang krimi dan gurih, disajikan dengan nasi atau roti.
  • Garlic Naan: roti pipih India yang dibuat dengan tepung terigu dan bawang putih, dipanggang di oven tandoor, disajikan dengan saus atau kari.
  • Rasmalai: bola-bola keju India yang direndam dalam susu yang manis dan kental, disajikan dengan kacang pistachio dan kismis.

Alamat

  • Queen’s Tandoor memiliki beberapa cabang di Jakarta, yaitu:
    • Queen’s Tandoor Thamrin: Jl. M.H. Thamrin No. 81, Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat 10310.
    • Queen’s Tandoor Radio Dalam: Jl. Radio Dalam Raya No. 2, Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12140.
    • Queen’s Tandoor Cikini: Jl. Cikini Raya No. 9, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat 10330.
    • Queen’s Tandoor Sunter: Jl. Danau Sunter Utara Blok A No. 9, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara 14350.
  • Jam buka

    Queen’s Tandoor buka setiap hari, dengan jam buka sebagai berikut:

    • Senin-Jumat: 11.00-15.00, 18.00-23.00
    • Sabtu-Minggu: 11.00-23.00
  • Range harga

    Range harga untuk makan di Queen’s Tandoor adalah sekitar Rp 100.000-Rp 200.000 per orang, tergantung pada menu yang Anda pesan. Harga ini belum termasuk pajak dan service charge. Anda bisa membayar dengan menggunakan uang tunai, kartu debit, atau kartu kredit.

Hazara

hazara restaurant jakartaHazara adalah salah satu restoran India yang menawarkan hidangan India yang otentik dan eksotis. Nama restoran ini berasal dari nama sebuah suku di Afghanistan, yang dikenal dengan kecantikan dan keramahan mereka. Restoran ini memiliki konsep yang etnik dan artistik, dengan dekorasi yang bernuansa India dan Afghanistan, seperti karpet, jendela, dan patung.

Hazara menyajikan berbagai macam menu India yang lezat dan halal, seperti kari, tandoori, biryani, roti, dan kebab. Menu-menu ini dibuat dengan menggunakan bumbu-bumbu asli India yang diimpor langsung dari India, sehingga rasanya sangat otentik dan kaya. Selain itu, restoran ini juga menyediakan menu vegetarian, vegan, dan gluten-free yang cocok untuk Anda yang memiliki diet khusus. Anda juga bisa menikmati hidangan India sambil menikmati suasana yang unik dan romantis di restoran ini.

Menu andalan

Beberapa menu andalan yang bisa Anda coba di Hazara adalah:

    • Chicken Biryani: nasi yang dimasak dengan potongan ayam, bumbu kari, dan rempah-rempah, disajikan dengan acar dan raita.
    • Lamb Korma: potongan daging kambing yang dimasak dengan bumbu kari khas India yang krimi dan manis, disajikan dengan nasi atau roti.
    • Paneer Tikka: potongan keju India yang dibumbui dengan yogurt dan rempah-rempah, dipanggang di oven tandoor, disajikan dengan saus mint dan salad.
    • Garlic Naan: roti pipih India yang dibuat dengan tepung terigu dan bawang putih, dipanggang di oven tandoor, disajikan dengan saus atau kari.
    • Kulfi: es krim India yang dibuat dengan susu yang dimasak hingga mengental, ditambah dengan gula, kacang, dan buah, dibekukan dalam cetakan.

Alamat

Hazara berlokasi di Jl. Kemang Raya No. 78, Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan 12730.

Jam buka

Hazara buka setiap hari, dengan jam buka sebagai berikut:

    • Senin-Kamis: 11.30-15.00, 18.00-23.00
    • Jumat: 11.30-15.00, 18.00-24.00
    • Sabtu: 11.30-24.00
    • Minggu: 11.30-23.00

Range harga

Range harga untuk makan di Hazara adalah sekitar Rp 150.000-Rp 250.000 per orang, tergantung pada menu yang Anda pesan. Harga ini belum termasuk pajak dan service charge. Anda bisa membayar dengan menggunakan uang tunai, kartu debit, atau kartu kredit.

Namaste Hola

Namaste Hola adalah salah satu restoran India yang menawarkan hidangan India yang fusion dan unik. Nama restoran ini berasal dari kata namaste, yang merupakan salam dalam bahasa Hindi, dan hola, yang merupakan salam dalam bahasa Spanyol. Restoran ini memiliki konsep yang casual dan fun, dengan dekorasi yang berwarna-warni dan playful.

Namaste Hola menyajikan berbagai macam menu India yang fusion dan unik, seperti kari, tandoori, biryani, roti, dan taco. Menu-menu ini dibuat dengan menggunakan bumbu-bumbu asli India yang dikombinasikan dengan bahan-bahan dan saus dari berbagai negara, seperti Meksiko, Italia, dan Thailand. Selain itu, restoran ini juga menyediakan menu vegetarian, vegan, dan gluten-free yang cocok untuk Anda yang memiliki diet khusus. Anda juga bisa menikmati hidangan India sambil menikmati suasana yang santai dan menyenangkan di restoran ini.

Menu andalan

Beberapa menu andalan yang bisa Anda coba di Namaste Hola adalah:

  • Chicken Tikka Taco: tortilla gandum yang diisi dengan potongan ayam yang dibumbui dengan yogurt dan rempah-rempah, disajikan dengan saus salsa dan guacamole.
  • Paneer Pizza: pizza yang dibuat dengan roti naan sebagai dasarnya, ditaburi dengan keju mozzarella dan potongan keju India, disajikan dengan saus tomat dan pesto.
  • Lamb Massaman Curry: potongan daging kambing yang dimasak dengan bumbu kari khas Thailand yang manis dan pedas, disajikan dengan nasi atau roti.
  • Garlic Naan: roti pipih India yang dibuat dengan tepung terigu dan bawang putih, dipanggang di oven tandoor, disajikan dengan saus atau kari.
  • Mango Sticky Rice: nasi ketan yang dimasak dengan santan dan gula, disajikan dengan potongan mangga dan saus santan.

Alamat

Namaste Hola berlokasi di Jl. Senopati No. 64, Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12190.

Jam buka

Namaste Hola buka setiap hari, dengan jam buka sebagai berikut:

  • Senin-Kamis: 11.00-15.00, 18.00-23.00
  • Jumat-Sabtu: 11.00-24.00
  • Minggu: 11.00-23.00

Range harga

Range harga untuk makan di Namaste Hola adalah sekitar Rp 100.000-Rp 200.000 per orang, tergantung pada menu yang Anda pesan. Harga ini belum termasuk pajak dan service charge. Anda bisa membayar dengan menggunakan uang tunai, kartu debit, atau kartu kredit.

Fez Kinara

Fez Kinara adalah salah satu restoran India yang menawarkan hidangan India yang eksotis dan autentik. Nama restoran ini berasal dari kata fez, yang merupakan topi bulat yang dipakai oleh orang-orang Maroko, dan kinara, yang merupakan kata dalam bahasa Hindi yang berarti tepi sungai. Restoran ini memiliki konsep yang etnik dan mewah, dengan dekorasi yang bernuansa India dan Maroko, seperti karpet, tirai, dan lampu.

Fez Kinara menyajikan berbagai macam menu India yang eksotis dan autentik, seperti kari, tandoori, biryani, roti, dan kebab. Menu-menu ini dibuat dengan menggunakan bumbu-bumbu asli India yang diimpor langsung dari India, sehingga rasanya sangat otentik dan kaya. Selain itu, restoran ini juga menyediakan menu vegetarian, vegan, dan gluten-free yang cocok untuk Anda yang memiliki diet khusus. Anda juga bisa menikmati hidangan India sambil menikmati suasana yang elegan dan romantis di restoran ini.

Menu andalan

Beberapa menu andalan yang bisa Anda coba di Fez Kinara adalah:

  • Chicken Tandoori: potongan ayam yang dibumbui dengan yogurt dan rempah-rempah, dipanggang di oven tandoor, disajikan dengan saus mint dan salad.
  • Lamb Vindaloo: potongan daging kambing yang dimasak dengan bumbu kari khas India yang sangat pedas, disajikan dengan nasi atau roti.
  • Paneer Makhani: potongan keju India yang dimasak dengan bumbu kari khas India yang krimi dan gurih, disajikan dengan nasi atau roti.
  • Garlic Naan: roti pipih India yang dibuat dengan tepung terigu dan bawang putih, dipanggang di oven tandoor, disajikan dengan saus atau kari.
  • Kheer: puding nasi yang dimasak dengan susu, gula, dan kismis, disajikan dengan kacang pistachio dan buah.

Alamat

Fez Kinara berlokasi di Jl. Kemang Raya No. 78A, Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan 12730.

Jam buka

Fez Kinara buka setiap hari, dengan jam buka sebagai berikut:

  • Senin-Kamis: 11.00-15.00, 18.00-23.00
  • Jumat-Sabtu: 11.00-24.00
  • Minggu: 11.00-23.00

Range harga

Range harga untuk makan di Fez Kinara adalah sekitar Rp 200.000-Rp 400.000 per orang, tergantung pada menu yang Anda pesan. Harga ini belum termasuk pajak dan service charge. Anda bisa membayar dengan menggunakan uang tunai, kartu debit, atau kartu kredit.

Taj Mahal

Taj Mahal adalah salah satu restoran India yang menawarkan hidangan India yang klasik dan otentik. Nama restoran ini berasal dari nama sebuah monumen yang terkenal di India, yang merupakan simbol cinta dan keindahan. Restoran ini memiliki konsep yang sederhana dan nyaman, dengan dekorasi yang bernuansa India, seperti gambar, kaligrafi, dan bunga.

Taj Mahal menyajikan berbagai macam menu India yang klasik dan otentik, seperti kari, tandoori, biryani, roti, dan samosa. Menu-menu ini dibuat dengan menggunakan bumbu-bumbu asli India yang diolah dengan cara tradisional, sehingga rasanya sangat otentik dan nikmat. Selain itu, restoran ini juga menyediakan menu vegetarian, vegan, dan gluten-free yang cocok untuk Anda yang memiliki diet khusus. Anda juga bisa menikmati hidangan India sambil menikmati suasana yang homey dan ramah di restoran ini.

Menu andalan

Beberapa menu andalan yang bisa Anda coba di Taj Mahal adalah:

  • Chicken Curry: potongan ayam yang dimasak dengan bumbu kari khas India yang pedas dan gurih, disajikan dengan nasi atau roti.
  • Lamb Tandoori: potongan daging kambing yang dibumbui dengan yogurt dan rempah-rempah, dipanggang di oven tandoor, disajikan dengan saus mint dan salad.
  • Vegetable Biryani: nasi yang dimasak dengan sayuran, bumbu kari, dan rempah-rempah, disajikan dengan acar dan raita.
  • Aloo Paratha: roti pipih India yang dibuat dengan tepung terigu dan kentang, dipanggang di tawa, disajikan dengan saus atau kari.
  • Jalebi: adonan yang dibentuk menjadi spiral, digoreng dan direndam dalam sirup gula yang manis dan asam, disajikan dengan susu.

Alamat

Taj Mahal berlokasi di Jl. Wolter Monginsidi No. 10, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12160.

Jam buka

Taj Mahal buka setiap hari, dengan jam buka sebagai berikut:

  • Senin-Minggu: 11.00-23.00

Range harga

Range harga untuk makan di Taj Mahal adalah sekitar Rp 50.000-Rp 100.000 per orang, tergantung pada menu yang Anda pesan. Harga ini sudah termasuk pajak dan service charge. Anda bisa membayar dengan menggunakan uang tunai, kartu debit, atau kartu kredit.

The Royal Kitchen

The Royal Kitchen adalah salah satu restoran India yang menawarkan hidangan India yang mewah dan berkualitas. Nama restoran ini berasal dari kata royal, yang berarti kerajaan, dan kitchen, yang berarti dapur. Restoran ini memiliki konsep yang elegan dan glamor, dengan dekorasi yang bernuansa emas, merah, dan hitam.

The Royal Kitchen menyajikan berbagai macam menu India yang mewah dan berkualitas, seperti kari, tandoori, biryani, roti, dan kebab. Menu-menu ini dibuat dengan menggunakan bumbu-bumbu asli India yang diimpor langsung dari India, serta bahan-bahan pilihan yang segar dan berkualitas, sehingga rasanya sangat otentik dan lezat. Selain itu, restoran ini juga menyediakan menu vegetarian, vegan, dan gluten-free yang cocok untuk Anda yang memiliki diet khusus. Anda juga bisa menikmati hidangan India sambil menikmati suasana yang elegan dan glamor di restoran ini.

Menu andalan

Beberapa menu andalan yang bisa Anda coba di The Royal Kitchen adalah:

  • Chicken Malai Kebab: potongan ayam yang dibumbui dengan krim, keju, dan rempah-rempah, dipanggang di oven tandoor, disajikan dengan saus mint dan salad.
  • Lamb Saagwala: potongan daging kambing yang dimasak dengan saus bayam yang krimi dan lembut, disajikan dengan nasi atau roti.
  • Paneer Lababdar: potongan keju India yang dimasak dengan bumbu kari khas India yang krimi dan pedas, disajikan dengan nasi atau roti.
  • Cheese Garlic Naan: roti pipih India yang dibuat dengan tepung terigu, keju, dan bawang putih, dipanggang di oven tandoor, disajikan dengan saus atau kari.
  • Gajar Halwa: puding wortel yang dimasak dengan susu, ghee, dan gula, disajikan dengan kacang almond dan pistachio.

Alamat

The Royal Kitchen berlokasi di Bellagio Boutique Mall, Jl. Mega Kuningan Barat Kav. E4.3 No. 3, Kuningan Timur, Setiabudi, Jakarta Selatan 12950.

Jam buka

The Royal Kitchen buka setiap hari, dengan jam buka sebagai berikut:

  • Senin-Minggu: 11.00-23.00

Range harga

Range harga untuk makan di The Royal Kitchen adalah sekitar Rp 200.000-Rp 400.000 per orang, tergantung pada menu yang Anda pesan. Harga ini belum termasuk pajak dan service charge. Anda bisa membayar dengan menggunakan uang tunai, kartu debit, atau kartu kredit.

Bombay Palace

Bombay Palace adalah salah satu restoran India yang menawarkan hidangan India yang lezat dan otentik. Nama restoran ini berasal dari nama kota Bombay, yang merupakan nama lama dari Mumbai, kota terbesar di India. Restoran ini memiliki konsep yang sederhana dan nyaman, dengan dekorasi yang bernuansa India, seperti gambar, poster, dan bendera.

Bombay Palace menyajikan berbagai macam menu India yang lezat dan otentik, seperti kari, tandoori, biryani, roti, dan chaat. Menu-menu ini dibuat dengan menggunakan bumbu-bumbu asli India yang diolah dengan cara tradisional, sehingga rasanya sangat otentik dan nikmat. Selain itu, restoran ini juga menyediakan menu vegetarian, vegan, dan gluten-free yang cocok untuk Anda yang memiliki diet khusus. Anda juga bisa menikmati hidangan India sambil menikmati suasana yang homey dan ramah di restoran ini.

Menu andalan

Beberapa menu andalan yang bisa Anda coba di Bombay Palace adalah:

  • Chicken Makhani: potongan ayam yang dimasak dengan bumbu kari khas India yang krimi dan gurih, disajikan dengan nasi atau roti.
  • Lamb Biryani: nasi yang dimasak dengan potongan daging kambing, bumbu kari, dan rempah-rempah, disajikan dengan acar dan raita.
  • Paneer Pakora: potongan keju India yang dicelup ke dalam adonan tepung dan rempah-rempah, digoreng hingga renyah, disajikan dengan saus mint dan tamarind.
  • Garlic Naan: roti pipih India yang dibuat dengan tepung terigu dan bawang putih, dipanggang di oven tandoor, disajikan dengan saus atau kari.
  • Kulfi Falooda: es krim India yang dibuat dengan susu yang dimasak hingga mengental, ditambah dengan sirup rose, selasih, dan vermicelli, disajikan dengan es serut.

Alamat

Bombay Palace berlokasi di Jl. Teuku Cik Ditiro No. 12, Menteng, Jakarta Pusat 10350.

Jam buka

Bombay Palace buka setiap hari, dengan jam buka sebagai berikut:

  • Senin-Minggu: 11.00-23.00

Range harga

Range harga untuk makan di Bombay Palace adalah sekitar Rp 50.000-Rp 100.000 per orang, tergantung pada menu yang Anda pesan. Harga ini sudah termasuk pajak dan service charge. Anda bisa membayar dengan menggunakan uang tunai, kartu debit, atau kartu kredit.

Indian Dhaba

Indian Dhaba adalah salah satu restoran India yang menawarkan hidangan India yang sederhana dan otentik. Nama restoran ini berasal dari kata dhaba, yang merupakan nama untuk warung pinggir jalan yang menyajikan masakan India yang murah dan enak. Restoran ini memiliki konsep yang casual dan humble, dengan dekorasi yang bernuansa India, seperti gambar, spanduk, dan meja kayu.

Indian Dhaba menyajikan berbagai macam menu India yang sederhana dan otentik, seperti kari, tandoori, biryani, roti, dan thali. Menu-menu ini dibuat dengan menggunakan bumbu-bumbu asli India yang diolah dengan cara tradisional, sehingga rasanya sangat otentik dan nikmat. Selain itu, restoran ini juga menyediakan menu vegetarian, vegan, dan gluten-free yang cocok untuk Anda yang memiliki diet khusus. Anda juga bisa menikmati hidangan India sambil menikmati suasana yang casual dan humble di restoran ini.

Menu andalan

Beberapa menu andalan yang bisa Anda coba di Indian Dhaba adalah:

  • Chicken Curry: potongan ayam yang dimasak dengan bumbu kari khas India yang pedas dan gurih, disajikan dengan nasi atau roti.
  • Lamb Tandoori: potongan daging kambing yang dibumbui dengan yogurt dan rempah-rempah, dipanggang di oven tandoor, disajikan dengan saus mint dan salad.
  • Vegetable Biryani: nasi yang dimasak dengan sayuran, bumbu kari, dan rempah-rempah, disajikan dengan acar dan raita.
  • Aloo Paratha: roti pipih India yang dibuat dengan tepung terigu dan kentang, dipanggang di tawa, disajikan dengan saus atau kari.
  • Lassi: minuman segar yang dibuat dengan yogurt, gula, dan buah, disajikan dengan es batu.

Alamat

Indian Dhaba berlokasi di Jl. Panglima Polim IX No. 8, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12160.

Jam buka

Indian Dhaba buka setiap hari, dengan jam buka sebagai berikut:

  • Senin-Minggu: 11.00-23.00

Range harga

Range harga untuk makan di Indian Dhaba adalah sekitar Rp 30.000-Rp 50.000 per orang, tergantung pada menu yang Anda pesan. Harga ini sudah termasuk pajak dan service charge. Anda bisa membayar dengan menggunakan uang tunai, kartu debit, atau kartu kredit.

Gokul Resto

Gokul Resto adalah salah satu restoran India yang menawarkan hidangan India yang vegetarian dan vegan. Nama restoran ini berasal dari kata gokul, yang merupakan nama sebuah desa di India, yang dikenal sebagai tempat kelahiran dewa Krishna dalam agama Hindu. Restoran ini memiliki konsep yang sederhana dan bersih, dengan dekorasi yang bernuansa hijau dan putih.

Gokul Resto menyajikan berbagai macam menu India yang vegetarian dan vegan, seperti kari, tandoori, biryani, roti, dan dosa. Menu-menu ini dibuat dengan menggunakan bumbu-bumbu asli India yang diolah dengan cara tradisional, sehingga rasanya sangat otentik dan nikmat. Selain itu, restoran ini juga menyediakan menu gluten-free yang cocok untuk Anda yang memiliki diet khusus. Anda juga bisa menikmati hidangan India sambil menikmati suasana yang sederhana dan bersih di restoran ini.

Menu andalan

Beberapa menu andalan yang bisa Anda coba di Gokul Resto adalah:

  • Dal Tadka: sup kacang-kacangan yang dimasak dengan bumbu kari khas India yang pedas dan gurih, disajikan dengan nasi atau roti.
  • Paneer Tandoori: potongan keju India yang dibumbui dengan yogurt dan rempah-rempah, dipanggang di oven tandoor, disajikan dengan saus mint dan salad.
  • Vegetable Biryani: nasi yang dimasak dengan sayuran, bumbu kari, dan rempah-rempah, disajikan dengan acar dan raita.
  • Garlic Naan: roti pipih India yang dibuat dengan tepung terigu dan bawang putih, dipanggang di oven tandoor, disajikan dengan saus atau kari.
  • Carrot Halwa: puding wortel yang dimasak dengan susu, ghee, dan gula, disajikan dengan kacang almond dan pistachio.

Alamat

Gokul Resto berlokasi di Jl. Kemang Raya No. 4A, Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan 12730.

Jam buka

Gokul Resto buka setiap hari, dengan jam buka sebagai berikut:

  • Senin-Minggu: 11.00-23.00

Range harga

Range harga untuk makan di Gokul Resto adalah sekitar Rp 50.000-Rp 100.000 per orang, tergantung pada menu yang Anda pesan. Harga ini sudah termasuk pajak dan service charge. Anda bisa membayar dengan menggunakan uang tunai, kartu debit, atau kartu kredit.

Itulah 10 rekomendasi restoran India di Jakarta yang wajib dicoba. Anda bisa memilih restoran yang sesuai dengan selera, budget, dan suasana yang Anda inginkan, baik yang mewah, santai, maupun cozy. Anda juga bisa menikmati berbagai macam menu India yang lezat dan otentik, mulai dari yang pedas, manis, asam, hingga gurih. Masakan India memiliki ciri khas yang spesial, seperti penggunaan bumbu-bumbu yang khas dan beragam, teknik memasak yang unik dan tradisional, serta pengaruh budaya dan agama yang berbeda.

Tips Menikmati Masakan India

Untuk menikmati masakan India dengan lebih maksimal, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Jangan takut mencoba menu yang belum pernah Anda coba sebelumnya. Anda mungkin akan menemukan hidangan India yang baru dan menarik, yang bisa memperkaya pengalaman kuliner Anda.
  • Sesuaikan tingkat kepedasan yang Anda inginkan. Masakan India terkenal dengan rasa pedasnya, yang bisa bervariasi dari ringan hingga sangat pedas. Jika Anda tidak terbiasa dengan rasa pedas, Anda bisa meminta restoran untuk mengurangi atau menambahkan cabai sesuai dengan selera Anda.
  • Gunakan roti atau nasi sebagai pelengkap. Roti atau nasi adalah makanan pokok yang biasa disajikan bersama dengan hidangan India, seperti kari, tandoori, atau biryani. Roti atau nasi bisa membantu Anda menyerap rasa dan saus dari hidangan India, serta mengurangi rasa pedas yang terlalu kuat.
  • Cobalah minuman khas India. Minuman khas India bisa menjadi teman yang pas untuk menemani hidangan India Anda. Anda bisa mencoba minuman seperti lassi, teh, atau kopi, yang bisa menyegarkan dan menenangkan tenggorokan Anda.
  • Nikmati suasana dan budaya India. Selain makanan, Anda juga bisa menikmati suasana dan budaya India yang ditawarkan oleh restoran India di Jakarta. Anda bisa mendengarkan musik, menonton tari, atau melihat dekorasi yang bernuansa India, yang bisa membuat Anda merasa seperti berada di India.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang masakan India dan restoran India di Jakarta, beserta jawabannya.

  • Apa itu garam masala?
    • Garam masala adalah bumbu khusus yang digunakan dalam masakan India, yang merupakan campuran dari beberapa bumbu seperti kayu manis, cengkeh, kapulaga, pala, dan lain-lain. Garam masala bisa memberikan rasa dan aroma yang kaya dan kompleks pada hidangan India.
  • Apa itu paneer?
    • Paneer adalah keju India yang dibuat dengan menggumpalkan susu dengan asam, seperti lemon atau cuka. Paneer memiliki tekstur yang padat dan kenyal, serta rasa yang netral. Paneer bisa dimasak dengan berbagai cara, seperti digoreng, dipanggang, atau dimasak dengan saus.
  • Apa itu naan?
    • Naan adalah roti pipih India yang dibuat dengan tepung terigu, ragi, yogurt, dan air. Naan dipanggang di oven tandoor, yang memberikan tekstur yang empuk dan renyah, serta rasa yang gurih. Naan bisa ditambahkan dengan bahan-bahan seperti bawang putih, keju, atau kismis, untuk memberikan variasi rasa.
  • Apa itu biryani?
    • Biryani adalah nasi yang dimasak dengan daging, sayuran, bumbu kari, dan rempah-rempah, yang memberikan rasa yang kaya dan aromatik. Biryani berasal dari India Selatan, dan memiliki banyak variasi, tergantung pada wilayah, bahan, dan teknik memasaknya.
  • Apa itu chaat?
    • Chaat adalah makanan ringan India yang terdiri dari berbagai bahan, seperti kentang, kacang, biskuit, yogurt, saus, dan rempah-rempah, yang memberikan rasa yang asam, manis, pedas, dan gurih. Chaat berasal dari India Utara, dan biasanya disajikan sebagai makanan jalanan atau camilan.
Baca Juga  10 Rekomendasi Prasmanan Jakarta yang Wajib Anda Coba

Tags

Related Post