15 Kue Khas Betawi: Bahan dan Cara Memasaknya

Kue khas Betawi merupakan warisan budaya kuliner yang sangat beragam dan menggugah selera. Dikenal dengan cita rasa autentik dan uniknya, kue-kue Betawi menjadi daya tarik

khadafi

 * 

 

Kerak Telor

Kue khas Betawi merupakan warisan budaya kuliner yang sangat beragam dan menggugah selera. Dikenal dengan cita rasa autentik dan uniknya, kue-kue Betawi menjadi daya tarik kuliner yang tak dapat dilewatkan. Dalam artikel ini, kita akan mengulas 10 kue khas Betawi yang populer, serta bahan dan cara memasaknya. Jadi, siapkan diri Anda untuk menjelajahi dunia lezat kue Betawi!

1. Kerak Telor

Kerak TelorKue Kerak Telor adalah salah satu kue khas Betawi yang paling terkenal. Kue ini memiliki tekstur renyah di bagian luar dan lembut di dalamnya. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue Kerak Telor antara lain adalah beras ketan, telur ayam, kelapa parut, serundeng, dan bawang merah. Untuk membuatnya, pertama-tama, rendam beras ketan semalaman. Kemudian, kukus ketan hingga matang dan pisahkan menjadi dua bagian. Bagian pertama digoreng dengan telur dan bumbu, sementara bagian kedua ditaburi dengan kelapa parut dan serundeng. Kue Kerak Telor siap disajikan dengan taburan bawang merah goreng.

2. Kue Lumpur

Kue Lumpur adalah kue tradisional Betawi yang terbuat dari bahan dasar tepung beras dan santan. Kue ini memiliki tekstur lembut dan kenyal. Untuk membuat kue Lumpur, Anda akan membutuhkan tepung beras, santan, gula kelapa, dan daun pandan. Pertama-tama, campurkan tepung beras dengan santan dan gula kelapa dalam wadah. Tambahkan daun pandan untuk memberikan aroma khas. Kemudian, kukus adonan dalam cetakan hingga matang. Kue Lumpur dapat dinikmati dalam keadaan hangat atau dingin.

3. Kue Serabi

Kue Serabi adalah kue tradisional Betawi yang berbahan dasar tepung beras dan santan. Kue ini memiliki tekstur lembut dan rasa manis yang lezat. Untuk membuat kue Serabi, Anda akan membutuhkan tepung beras, santan, ragi, gula, air kelapa, dan daun pandan. Pertama, campurkan tepung beras dengan santan, ragi, dan gula. Diamkan adonan selama beberapa jam agar mengembang. Kemudian, tuangkan adonan ke dalam cetakan dan kukus hingga matang. Sajikan kue Serabi dengan taburan air kelapa dan serundeng untuk menambah citarasa khas.

Baca Juga  10 Rekomendasi Cafe Baru di Depok

4. Kue Lapis Legit

Kue Lapis Legit adalah kue khas Betawi yang terkenal dengan lapisan yang berbeda warna. Kue ini terbuat dari bahan dasar seperti tepung terigu, mentega, gula, telur, dan rempah-rempah seperti kayu manis dan cengkeh. Untuk membuat kue Lapis Legit yang lezat, campurkan mentega, gula, telur, dan rempah-rempah dalam mangkuk. Kemudian, tambahkan tepung terigu secara bertahap sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata. Selanjutnya, tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega. Panggang adonan dalam oven dengan suhu yang tepat hingga matang sempurna. Kue Lapis Legit siap dihidangkan dalam potongan-potongan yang cantik.

5. Kue Putu

Kue Putu adalah salah satu kue khas Betawi yang memiliki bentuk unik dan rasa yang lezat. Kue ini terbuat dari beras ketan, gula kelapa, dan parutan kelapa. Untuk membuat kue Putu, Anda akan membutuhkan cetakan khusus berbentuk tabung dari bambu atau logam. Pertama-tama, campurkan beras ketan dengan gula kelapa dan sedikit air. Isi cetakan dengan adonan ketan dan tutup bagian atasnya. Kemudian, kukus kue Putu hingga matang. Setelah matang, taburkan parutan kelapa di atasnya. Kue Putu siap dinikmati dalam keadaan hangat.

6. Kue Cucur

Kue Cucur adalah kue tradisional Betawi yang terkenal dengan tekstur renyah dan rasa manis. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue Cucur antara lain adalah tepung beras, tepung terigu, gula, air kelapa, dan daun pandan. Campurkan semua bahan dalam wadah dan aduk hingga adonan tercampur rata. Panaskan minyak dalam wajan dan tuangkan adonan dengan sendok sayur ke dalam minyak panas. Goreng hingga kecokelatan dan angkat. Sajikan kue Cucur dengan gula pasir sebagai topping yang manis.

7. Kue Tape Ketan

Kue Tape Ketan adalah kue tradisional Betawi yang memiliki rasa manis dan tekstur kenyal. Kue ini terbuat dari ketan yang telah difermentasi dengan ragi tape. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue Tape Ketan adalah ketan putih, ragi tape, gula pasir, dan santan. Pertama, campurkan ketan putih dengan ragi tape dan santan. Diamkan selama beberapa hari hingga ketan menjadi lembut dan beraroma tape. Kemudian, kukus ketan hingga matang dan sajikan dalam potongan-potongan kecil. Kue Tape Ketan siap dinikmati sebagai camilan manis.

Baca Juga  10 rekomendasi restoran India halal yang bisa kamu coba

8. Kue Semprong

Kue Semprong adalah kue khas Betawi yang terkenal dengan tekstur renyah dan rasa manis. Kue ini terbuat dari adonan yang terdiri dari tepung terigu, gula, telur, santan, dan margarin. Pertama, campurkan semua bahan dalam mangkuk hingga terbentuk adonan yang kental. Panaskan cetakan khusus berbentuk jaring di atas api sedang. Tuangkan adonan ke dalam cetakan dan tunggu hingga matang dan berwarna keemasan. Angkat kue Semprong dan bentuk menjadi gulungan. Kue Semprong siap dinikmati dengan renyahnya.

9. Kue Bingka Ubi

Kue Bingka Ubi adalah kue tradisional Betawi yang memiliki rasa manis dan tekstur lembut. Kue ini terbuat dari bahan dasar ubi jalar, santan, telur, gula, dan tepung terigu. Pertama, kukus ubi jalar hingga matang dan haluskan. Campurkan ubi jalar yang sudah halus dengan santan, telur, gula, dan tepung terigu. Aduk hingga tercampur rata. Tuangkan adonan ke dalam loyang dan panggang dalam oven hingga matang. Kue Bingka Ubi siap dihidangkan dengan aroma dan rasa yang menggugah selera.

10. Kue Pancong

Kue Pancong adalah kue tradisional Betawi yang memiliki bentuk bulat dan tekstur renyah di bagian luar serta lembut di dalamnya. Kue ini terbuat dari adonan yang terdiri dari tepung beras, kelapa parut, gula kelapa, dan garam. Pertama-tama, campurkan tepung beras dengan kelapa parut, gula kelapa, dan garam dalam wadah. Panaskan cetakan khusus berbentuk cekung di atas api sedang. Tuangkan adonan ke dalam cetakan dan biarkan hingga matang dengan warna kecokelatan. Kue Pancong siap dinikmati dengan kelezatan rasanya.

11. Kue Onde-Onde

Kue Onde-Onde adalah kue khas Betawi yang memiliki rasa manis dan tekstur kenyal. Kue ini terbuat dari adonan yang terdiri dari tepung ketan, pasta kacang hijau, gula merah, dan wijen. Pertama-tama, campurkan tepung ketan dengan pasta kacang hijau dan aduk hingga rata. Ambil sedikit adonan dan pipihkan, lalu tambahkan gula merah di tengahnya. Bulatkan adonan dan gulingkan dalam wijen hingga terbalut rata. Kukus onde-onde hingga matang dan sajikan dalam keadaan hangat.

12. Kue Tape Singkong

Kue Tape Singkong adalah kue Betawi yang terbuat dari tape singkong yang difermentasi. Kue ini memiliki rasa manis dan tekstur yang lembut. Untuk membuat kue Tape Singkong, Anda akan membutuhkan tape singkong yang sudah matang, tepung beras, gula pasir, dan kelapa parut. Campurkan tape singkong dengan tepung beras dan gula pasir hingga terbentuk adonan yang kental. Ambil adonan dan bentuk menjadi bulat-bulat kecil. Gulingkan dalam kelapa parut hingga terbalut rata. Kue Tape Singkong siap disajikan sebagai camilan yang lezat.

Baca Juga  53 Restoran India di Bandung: Rasakan Kelezatan Kuliner India di Kota Ini

13. Kue Pukis

Kue Pukis adalah kue Betawi yang memiliki bentuk bundar dengan tekstur lembut dan rasa manis. Kue ini terbuat dari adonan yang terdiri dari tepung terigu, santan, telur, gula, dan ragi. Pertama, campurkan tepung terigu dengan santan, telur, gula, dan ragi dalam mangkuk. Aduk hingga adonan tercampur rata dan diamkan selama beberapa saat hingga mengembang. Panaskan cetakan khusus berbentuk setengah bola di atas api sedang. Tuangkan adonan ke dalam cetakan dan tutup. Panggang hingga matang dan berwarna kecokelatan. Kue Pukis siap dinikmati dalam keadaan hangat.

14. Kue Kembang Goyang

Kue Kembang Goyang adalah kue Betawi yang terkenal dengan bentuknya yang unik seperti bunga. Kue ini terbuat dari adonan yang terdiri dari tepung terigu, telur, gula, dan air daun pandan. Pertama, campurkan tepung terigu dengan telur, gula, dan air daun pandan dalam mangkuk. Aduk hingga adonan tercampur rata. Panaskan minyak dalam wajan. Tuangkan adonan ke dalam cetakan khusus berbentuk bunga dan goreng hingga kecokelatan. Angkat kue Kembang Goyang dan biarkan hingga dingin. Kue ini dapat disajikan sebagai camilan atau oleh-oleh.

15. Kue Wajik

Kue Wajik adalah kue tradisional Betawi yang terbuat dari ketan dan gula merah. Kue ini memiliki tekstur kenyal dan rasa manis yang lezat. Untuk membuat kue Wajik, Anda akan membutuhkan ketan putih, gula merah, santan, dan daun pandan. Pertama, kukus ketan hingga matang. Sementara itu, campurkan gula merah dengan santan dan daun pandan dalam wadah. Panaskan campuran gula merah hingga larut dan mendidih. Setelah itu, campurkan ketan dengan larutan gula merah dan aduk rata. Tuangkan adonan ke dalam loyang dan biarkan hingga mengeras. Kue Wajik siap dihidangkan sebagai hidangan tradisional yang lezat.

Demikianlah artikel tentang 10 kue khas Betawi beserta bahan dan cara memasaknya. Kue-kue tersebut merupakan warisan budaya kuliner yang tak ternilai harganya. Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan, Anda dapat mencoba membuat kue-kue Betawi yang lezat di rumah. Selamat mencoba dan selamat menikmati kelezatan kue-kue khas Betawi!

Tags

Related Post