25 Tempat Wisata Kuliner Solo Terbaik yang Harus Kamu Coba di Tahun Ini

Solo memiliki keunikan tersendiri dalam kuliner-kuliner yang ditawarkannya. Setiap hidangan memiliki cita rasa yang khas dan mampu memikat lidah siapa saja yang mencobanya. Tidak heran

khadafi

 * 

 

Solo memiliki keunikan tersendiri dalam kuliner-kuliner yang ditawarkannya. Setiap hidangan memiliki cita rasa yang khas dan mampu memikat lidah siapa saja yang mencobanya. Tidak heran jika banyak wisatawan datang ke Solo khusus untuk menikmati kelezatan kuliner-kuliner khasnya.

Solo merupakan kota yang kaya akan kuliner yang enak dan terkenal di Indonesia. Berikut adalah 25 kuliner Solo yang harus kamu coba beserta alamat dan range harganya.

1. Nasi Liwet Wongso Lemu

Alamat: Jl. Adi Sucipto No. 33, Solo, Jawa Tengah. Range Harga: Rp20.000 – Rp50.000

Nasi Liwet Wongso Lemu merupakan salah satu kuliner khas Solo yang wajib dicoba. Nasi liwet yang disajikan dengan ayam kampung, suwir tempe, tahu bacem, sambal terasi, dan lauk pauk lainnya. Rasanya sangat lezat dan membuat ketagihan.

2. Sate Kere

Alamat: Jl. Teuku Umar No. 93, Solo, Jawa Tengah. Range Harga: Rp10.000 – Rp20.000

Sate Kere adalah salah satu makanan khas Solo yang legendaris. Sate ini terbuat dari daging kambing atau sapi yang dipotong kecil-kecil dan dibakar dengan arang. Sate Kere disajikan dengan bumbu kacang yang kental dan rasanya sangat enak.

Baca Juga  10 Rekomendasi Tempat Makan Dimsum di Jakarta Selatan

3. Gudeg Yu Nap

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 48, Solo, Jawa Tengah. Range Harga: Rp15.000 – Rp35.000

Gudeg Yu Nap adalah salah satu kuliner khas Solo yang terkenal. Gudeg yang disajikan di sini sangat lembut dan bumbunya meresap sempurna. Kamu juga bisa mencoba menu-menu lainnya seperti Ayam Penyet dan Tahu Tempe.

4. Es Dawet Selasih Pak Min

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 31, Solo, Jawa Tengah. Range Harga: Rp5.000 – Rp15.000

Es Dawet Selasih Pak Min adalah minuman khas Solo yang terkenal. Es Dawet Selasih disajikan dengan santan, gula merah, dan potongan jelly yang kenyal. Rasanya sangat segar dan cocok diminum saat cuaca panas.

5. Soto Gading

Alamat: Jl. Ir. Sutami No. 81, Solo, Jawa Tengah. Range Harga: Rp20.000 – Rp40.000

Soto Gading adalah kuliner khas Solo yang terkenal. Soto Gading disajikan dengan daging ayam, bihun, tauge, telur, dan bumbu kacang yang khas. Rasanya sangat lezat dan cocok disantap sebagai sarapan atau makan siang.

6. Tengkleng Klewer Pak H. Edi

Alamat: Jl. Teuku Umar No. 60, Solo, Jawa Tengah. Range Harga: Rp20.000 – Rp40.000

Tengkleng Klewer Pak H. Edi adalah kuliner khas Solo yang wajib dicoba. Tengkleng disajikan dengan daging kambing, tulang, dan sumsum yang lembut. Rasanya sangat enak dan cocok disantap saat cuaca dingin.

7. Sate Buntel Pak Sadi

Alamat: Jl. Jend. Sudirman No. 52, Solo, Jawa Tengah. Range Harga: Rp20.000 – Rp50.000

Sate Buntel Pak Sadi adalah salah satu kuliner khas Solo yang terkenal. Sate ini terbuat dari daging sapi yang dibungkus dengan lemak dan dipanggang di atas arang. Rasanya sangat gurih dan lezat.

Baca Juga  Cara Menemukan dan Membeli Produk Bumbu Rendang Asal Padang yang Lebih Sehat dan Natural

8. Bakmi Jowo Mbah Mo

Alamat: Jl. Ronggowarsito No. 96, Solo, Jawa Tengah. Range Harga: Rp15.000 – Rp30.000

Bakmi Jowo Mbah Mo adalah kuliner khas Solo yang terkenal. Bakmi disajikan dengan irisan daging ayam atau sapi, tauge, sawi, dan bumbu kacang yang khas. Rasanya sangat enak dan cocok disantap sebagai sarapan atau makan siang.

9. Nasi Gandul Bu Wiryo

Alamat: Jl. Kolonel Sutarto No. 35, Solo, Jawa Tengah. Range Harga: Rp15.000 – Rp25.000

Nasi Gandul Bu Wiryo adalah kuliner khas Solo yang terkenal. Nasi disajikan dengan daging sapi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Rasanya sangat lezat dan cocok disantap sebagai makan siang atau malam.

10. Sop Kaki Kambing Pak Haji Slamet

Alamat: Jl. Yos Sudarso No. 182, Solo, Jawa Tengah. Range Harga: Rp25.000 – Rp50.000

Sop Kaki Kambing Pak Haji Slamet adalah kuliner khas Solo yang terkenal. Sop kaki kambing disajikan dengan kuah yang gurih dan daging kambing yang empuk. Rasanya sangat enak dan cocok disantap saat cuaca dingin.

11. Ayam Goreng Suharti

Alamat: Jl. Slamet Riyadi No. 286, Solo, Jawa Tengah. Range Harga: Rp25.000 – Rp50.000

Ayam Goreng Suharti adalah kuliner khas Solo yang terkenal. Ayam goreng disajikan dengan sambal terasi dan nasi putih. Rasanya sangat enak dan cocok disantap sebagai makan malam.

12. Es Cendol Dawet Pak Min Klaten

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 31, Solo, Jawa Tengah. Range Harga: Rp5.000 – Rp15.000

Es Cendol Dawet Pak Min Klaten adalah minuman khas Solo yang terkenal. Es cendol dawet disajikan dengan santan, gula merah, dan potongan jelly yang kenyal. Rasanya sangat segar dan cocok diminum saat cuaca panas.

Baca Juga  10 Rekomendasi Tempat Makanan Pedas di Jakarta

13. Tongseng Kambing Pak Budi

Alamat: Jl. Sutan Syahrir No. 25, Solo, Jawa Tengah. Range Harga: Rp25.000 – Rp50.000

Tongseng Kambing Pak Budi adalah kuliner khas Solo yang terkenal. Tongseng disajikan dengan daging kambing yang dim

asak dengan bumbu rempah-rempah dan disajikan dengan nasi putih. Rasanya sangat gurih dan enak.

14. Gudeg Yu Djum

Alamat: Jl. Wijilan No. 167, Yogyakarta. Range Harga: Rp20.000 – Rp50.000

Gudeg Yu Djum adalah kuliner khas Yogyakarta yang terkenal. Gudeg disajikan dengan nasi, ayam kampung, telur, tempe, dan sambal goreng krecek. Rasanya sangat enak dan cocok disantap sebagai sarapan atau makan siang.

15. Nasi Kucing Pak Man

Alamat: Jl. Malioboro No. 17, Yogyakarta. Range Harga: Rp2.000 – Rp5.000

Nasi Kucing Pak Man adalah kuliner khas Yogyakarta yang terkenal. Nasi disajikan dalam porsi kecil dengan lauk seperti sate, telur, tempe, dan ikan asin. Rasanya sangat enak dan cocok sebagai camilan saat perut mulai lapar.

Kuliner Solo dan Yogyakarta memiliki beragam jenis makanan yang lezat dan terkenal. Semua kuliner ini memiliki ciri khas masing-masing yang membuatnya berbeda dengan kuliner dari daerah lain. Selain itu, range harga yang disediakan juga cukup terjangkau sehingga cocok untuk semua kalangan.

Jika Anda berkunjung ke Solo atau Yogyakarta, jangan lupa mencoba kuliner-kuliner di atas. Anda pasti akan merasakan kelezatannya dan ingin mencoba lagi.

Tags

Related Post