11 Restoran Sate Padang yang Enak di Jakarta yang Wajib Kamu Coba!

Sate adalah salah satu makanan khas Indonesia yang banyak digemari oleh masyarakat. Ada berbagai macam jenis sate yang berasal dari berbagai daerah, seperti sate ayam,

khadafi

 * 

 

Menyantap Sate Padang yang Enak di Jakarta

Sharing is caring!

Sate adalah salah satu makanan khas Indonesia yang banyak digemari oleh masyarakat. Ada berbagai macam jenis sate yang berasal dari berbagai daerah, seperti sate ayam, sate kambing, sate lilit, sate madura, dan lain-lain. Namun, ada satu jenis sate yang memiliki cita rasa khas dan berbeda dari yang lain, yaitu sate padang.

Apa itu Sate Padang?

Sate padang adalah sate yang berasal dari daerah Sumatera Barat, khususnya dari tiga kota, yaitu Padang, Pariaman, dan Padang Panjang. Sate padang terbuat dari daging sapi atau kerbau yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk dengan tusukan bambu. Yang membedakan sate padang dengan sate lainnya adalah bumbu dan sausnya yang kaya akan rempah-rempah.

Asal-usul Sate Padang

Sate padang pertama kali diciptakan oleh seorang pedagang bernama Mak Syukur pada tahun 1958 di kota Padang Panjang. Ia mencoba membuat sate dengan bumbu yang berbeda dari biasanya, yaitu menggunakan kunyit, jahe, bawang putih, cabai, dan santan. Ia juga menambahkan tepung beras sebagai pengental saus. Hasilnya adalah sate dengan rasa yang gurih, pedas, dan aromatik.

Ciri-ciri Sate Padang

Sate padang memiliki beberapa ciri-ciri yang khas, antara lain:

  • Dagingnya empuk dan berwarna kuning karena dimarinasikan dengan kunyit.
  • Sausnya kental dan berwarna cokelat karena menggunakan santan dan tepung beras.
  • Sausnya pedas dan berselera karena menggunakan cabai, bawang merah, bawang putih, jahe, dan lada.
  • Sausnya harum karena menggunakan daun salam, daun jeruk, serai, dan lengkuas.
  • Biasanya disajikan dengan lontong atau ketupat sebagai pelengkap.

Jenis-jenis Sate Padang

Sate padang memiliki tiga jenis utama yang berbeda tergantung dari daerah asalnya, yaitu:

  • Sate padang panjang: Sausnya lebih encer dan berwarna kuning karena menggunakan lebih banyak kunyit dan santan. Rasa pedasnya lebih ringan.
  • Sate padang pariaman: Sausnya lebih kental dan berwarna merah karena menggunakan lebih banyak cabai. Rasa pedasnya lebih kuat.
  • Sate padang padang: Sausnya lebih kental dan berwarna cokelat karena menggunakan lebih banyak tepung beras. Rasa gurihnya lebih dominan.
Baca Juga  11 Rekomendasi Restoran Jepang di Jakarta Barat

10 Rekomendasi Sate Padang di Jakarta

Jakarta adalah ibukota Indonesia yang memiliki banyak penduduk dari berbagai daerah, termasuk dari Sumatera Barat. Oleh karena itu, tidak sulit untuk menemukan sate padang di Jakarta. Namun, tidak semua sate padang memiliki kualitas dan rasa yang sama. Berikut adalah 10 rekomendasi sate padang di Jakarta yang wajib dicoba:

Sate Padang Ajo Ramon

Deskripsi: Sate padang ajo ramon adalah salah satu sate padang terkenal di Jakarta. Warung ini sudah berdiri sejak tahun 1985 dan memiliki banyak cabang di berbagai lokasi. Sate padang ajo ramon menyajikan sate padang panjang dengan saus yang encer dan kuning. Dagingnya empuk dan tidak alot. Selain sate, warung ini juga menyediakan gulai otak, gulai tunjang (kaki sapi), gulai limpa,

dan gulai usus.

Menu andalan: Sate padang panjang, gulai otak, gulai tunjang.

Alamat dan harga: Sate padang ajo ramon memiliki banyak cabang, salah satunya di Jl. Prof. Dr. Satrio No. 7, Karet Kuningan, Jakarta Selatan. Harga per porsi sate padang mulai dari Rp 25.000.

Sate Padang Mak Syukur

Deskripsi: Sate padang mak syukur adalah sate padang yang berasal dari Padang Panjang, tempat asal sate padang itu sendiri. Warung ini sudah berdiri sejak tahun 1968 dan merupakan warisan dari Mak Syukur, pencipta sate padang. Sate padang mak syukur menyajikan sate padang dengan saus yang kental dan cokelat. Dagingnya juga empuk dan bumbunya meresap. Selain sate, warung ini juga menyediakan gulai ati ampela, gulai babat, dan gulai hati.

Menu andalan: Sate padang, gulai ati ampela, gulai babat.

Alamat dan harga: Sate padang mak syukur memiliki cabang di Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Harga per porsi sate padang mulai dari Rp 30.000.

Sate Padang Pariaman

Deskripsi: Sate padang pariaman adalah sate padang yang berasal dari Pariaman, salah satu kota di Sumatera Barat yang terkenal dengan sate padangnya. Warung ini sudah berdiri sejak tahun 1970 dan merupakan salah satu sate padang tertua di Jakarta. Sate padang pariaman menyajikan sate padang dengan saus yang kental dan merah. Dagingnya juga empuk dan berbumbu pedas. Selain sate, warung ini juga menyediakan gulai kikil, gulai jariang (usus sapi), dan gulai gajeboh (kulit sapi).

Baca Juga  10 Buffet Tahun Baru di Hotel Jakarta: Surga Kuliner Mewah untuk Semua Selera

Menu andalan: Sate padang, gulai kikil, gulai jariang.

Alamat dan harga: Sate padang pariaman memiliki cabang di Jl. Ir. H. Juanda No. 29A, Ciputat, Tangerang Selatan. Harga per porsi sate padang mulai dari Rp 25.000.

Sate Padang Pak Kumis

Deskripsi: Sate padang pak kumis adalah sate padang yang berasal dari Padang, ibukota Sumatera Barat. Warung ini sudah berdiri sejak tahun 1982 dan merupakan salah satu sate padang favorit di Jakarta. Sate padang pak kumis menyajikan sate padang dengan saus yang kental dan cokelat. Dagingnya juga empuk dan bumbunya gurih. Selain sate, warung ini juga menyediakan gulai limpa, gulai usus, dan gulai otak.

Menu andalan: Sate padang, gulai limpa, gulai usus.

Alamat dan harga: Sate padang pak kumis memiliki cabang di Jl. Tebet Barat Dalam Raya No. 23A, Tebet, Jakarta Selatan. Harga per porsi sate padang mulai dari Rp 28.000.

Sate Padang Bang Ali

Deskripsi: Sate padang bang ali adalah sate padang yang berasal dari Padang Panjang. Warung ini sudah berdiri sejak tahun 1992 dan merupakan salah satu sate padang yang cukup populer di Jakarta. Sate padang bang ali menyajikan sate padang dengan saus yang encer dan kuning. Dagingnya juga empuk dan tidak berlemak. Selain sate, warung ini juga menyediakan gulai tunjang, gulai otak,

dan gulai babat.

Menu andalan: Sate padang, gulai tunjang, gulai otak.

Alamat dan harga: Sate padang bang ali memiliki cabang di Jl. Cipete Raya No. 2, Cipete Selatan, Jakarta Selatan. Harga per porsi sate padang mulai dari Rp 25.000.

Sate Padang Pak Harun

Deskripsi: Sate padang pak harun adalah sate padang yang berasal dari Pariaman. Warung ini sudah berdiri sejak tahun 1995 dan merupakan salah satu sate padang yang banyak dicari di Jakarta. Sate padang pak harun menyajikan sate padang dengan saus yang kental dan merah. Dagingnya juga empuk dan pedas. Selain sate, warung ini juga menyediakan gulai kikil, gulai jariang, dan gulai gajeboh.

Menu andalan: Sate padang, gulai kikil, gulai jariang.

Baca Juga  10 Rooftop Cafe Bandung Terbaik: Pemandangan Indah, Instagramable, & Nyaman

Alamat dan harga: Sate padang pak harun memiliki cabang di Jl. Raya Bogor No. 29, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Harga per porsi sate padang mulai dari Rp 27.000.

Sate Padang Pak Salim

Deskripsi: Sate padang pak salim adalah sate padang yang berasal dari Padang. Warung ini sudah berdiri sejak tahun 2000 dan merupakan salah satu sate padang yang cukup terkenal di Jakarta. Sate padang pak salim menyajikan sate padang dengan saus yang kental dan cokelat. Dagingnya juga empuk dan gurih. Selain sate, warung ini juga menyediakan gulai limpa, gulai usus, dan gulai otak.

Menu andalan: Sate padang, gulai limpa, gulai usus.

Alamat dan harga: Sate padang pak salim memiliki cabang di Jl. Raya Kalimalang No. 8A, Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Harga per porsi sate padang mulai dari Rp 30.000.

Kesimpulan dan Tips Menikmati Sate Padang

Sate padang adalah salah satu makanan khas Indonesia yang memiliki rasa yang unik dan lezat. Ada berbagai jenis sate padang yang berasal dari berbagai daerah di Sumatera Barat, seperti sate padang panjang, sate padang pariaman, dan sate padang padang. Masing-masing jenis memiliki ciri-ciri saus dan bumbu yang berbeda.

Di Jakarta, ada banyak warung yang menyajikan sate padang dengan kualitas dan rasa yang bervariasi. Beberapa rekomendasi sate padang di Jakarta yang wajib dicoba adalah sate padang ajo ramon, sate padang mak syukur, sate padang pariaman, sate padang pak kumis, sate padang bang ali, sate padang pak harun, dan sate padang pak salim.

Untuk menikmati sate padang dengan lebih maksimal, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Pilih jenis sate padang sesuai dengan selera Anda. Jika Anda suka rasa pedas, pilihlah sate padang pariaman. Jika Anda suka rasa gurih, pilihlah sate padang padang. Jika Anda suka rasa kuning, pilihlah satepadang panjang.
    • Pesan sate padang dengan lontong atau ketupat sebagai pelengkap. Lontong atau ketupat akan menambah rasa kenyal dan mengenyangkan. Selain itu, lontong atau ketupat juga bisa menetralkan rasa pedas dari saus sate padang.
    • Tambahkan bawang goreng, kerupuk, dan sambal sebagai topping. Bawang goreng, kerupuk, dan sambal akan menambah rasa renyah, garing, dan pedas dari sate padang. Anda bisa menyesuaikan jumlah topping sesuai dengan selera Anda.
    • Minum air putih atau teh hangat setelah makan sate padang. Air putih atau teh hangat akan membantu melarutkan lemak dan minyak dari sate padang. Selain itu, air putih atau teh hangat juga bisa meredakan rasa pedas dari saus sate padang.

Tags

Related Post