Oleh-oleh Khas Jogja yang Paling Terkenal

Berwisata ke Jogja memang merupakan hal yang tidak akan terlupakan. Karena, Jogja merupakan salah satu daerah wisata dengan pesona pemandangan alamnya yang mempesona, dan berbagai

khadafi

 * 

 

Geplak oleh oleh khas jogja

Sharing is caring!

Berwisata ke Jogja memang merupakan hal yang tidak akan terlupakan. Karena, Jogja merupakan salah satu daerah wisata dengan pesona pemandangan alamnya yang mempesona, dan berbagai pilihan wisatanya yang akan membuat liburan anda semakin berkesan. Nah, setelah puas berlibur berkeliling wisata di pelosok Jogja, belumlah lengkap jika tidak tidak membawa buah tangan untuk sanak dan rekan tercinta. Dan Jogja merupakan salah satu daerah dengan beragam pilihan oleh – oleh khasnya yang terkenal.

Selain terkenal akan kulinernya yang lezat, Jogja merupakan pusat oleh – oleh yang memiliki banyak sekali pilihannya. Aneka jajanan banyak terdapat di Jogja dan bisa dipilih untuk buah tangan keluarga tercinta. Selain jajanannya yang lezat, aneka batik hingga pernak – pernik biasanya banyak dijajakan sebagai oleh – oleh khas dari Kota Gudeg ini. nah, apa sajakah oleh – oleh khas Jogja yang paling terkenal dan bisa menjadi pilihan buah tangan anda. berikut adalah beberapa ulasan menariknya untuk anda.

Berikut adalah 20 oleh-oleh khas Jogja yang wajib kamu coba, beserta deskripsi, nama toko, dan range harganya:

Bakpia

Bakpia adalah salah satu oleh-oleh khas Jogja yang paling terkenal. Terbuat dari tepung terigu, kacang hijau, dan gula, bakpia memiliki rasa yang gurih dan manis. Bakpia bisa kamu beli di berbagai toko oleh-oleh di Jogja, salah satunya Bakpia Pathok 75.

  • Deskripsi: Bakpia adalah kue yang terbuat dari tepung terigu, kacang hijau, dan gula. Bakpia biasanya berbentuk bulat dan pipih. Bakpia memiliki rasa yang gurih dan manis.
  • Nama toko: Bakpia Pathok 75
  • Range harga: Rp20.000 – Rp50.000

Gudeg

Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan gula merah. Gudeg bisa dinikmati dengan nasi, telur, dan krecek. Gudeg bisa kamu beli di berbagai warung gudeg di Jogja, salah satunya Gudeg Yu Djum.

  • Deskripsi: Gudeg adalah makanan yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan gula merah. Gudeg biasanya disajikan dengan nasi, telur, dan krecek. Gudeg memiliki rasa yang gurih dan manis.
  • Nama toko: Gudeg Yu Djum
  • Range harga: Rp10.000 – Rp20.000
Baca Juga  7 Restoran All You Can Eat di Depok Untuk Nikmati Santapan Tanpa Batas

Selai Bumi Langit

Selai Bumi Langit adalah selai yang terbuat dari buah-buahan dan rempah-rempah. Selai ini memiliki rasa yang unik dan lezat. Selai Bumi Langit bisa kamu beli di Bumi Langit Institute, yang terletak di Jl. Imogiri Mangunan Km. 3, Desa Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul.

  • Deskripsi: Selai Bumi Langit adalah selai yang terbuat dari buah-buahan dan rempah-rempah. Selai ini memiliki rasa yang unik dan lezat. Selai Bumi Langit bisa dinikmati dengan roti, pancake, atau waffle.
  • Nama toko: Bumi Langit Institute
  • Range harga: Rp20.000 – Rp50.000

Keripik Belut

Keripik belut adalah keripik yang terbuat dari belut yang digoreng dengan tepung. Keripik belut memiliki rasa yang gurih dan renyah. Keripik belut bisa kamu beli di berbagai toko oleh-oleh di Jogja, salah satunya Keripik Belut Bu Tini.

  • Deskripsi: Keripik belut adalah keripik yang terbuat dari belut yang digoreng dengan tepung. Keripik belut memiliki rasa yang gurih dan renyah. Keripik belut bisa dinikmati sebagai camilan atau lauk.
  • Nama toko: Keripik Belut Bu Tini
  • Range harga: Rp20.000 – Rp50.000

Geplak

Geplak oleh oleh khas jogjaGeplak adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari tepung ketan, gula jawa, dan kelapa. Geplak memiliki rasa yang manis dan legit. Geplak bisa kamu beli di berbagai toko oleh-oleh di Jogja, salah satunya Geplak Ny. Juminten.

  • Deskripsi: Geplak adalah makanan yang terbuat dari tepung ketan, gula jawa, dan kelapa. Geplak memiliki rasa yang manis dan legit. Geplak bisa dinikmati sebagai camilan atau oleh-oleh.
  • Nama toko: Geplak Ny. Juminten
  • Range harga: Rp10.000 – Rp20.000

Batik Jogja

Batik Jogja adalah salah satu batik yang paling terkenal di Indonesia. Batik Jogja memiliki motif yang khas dan warna yang cerah. Batik Jogja bisa kamu beli di berbagai toko batik di Jogja, salah satunya Batik Danar Hadi.

  • Deskripsi: Batik Jogja adalah kain yang dihias dengan motif yang indah. Batik Jogja biasanya dibuat dengan menggunakan teknik tulis tangan. Batik Jogja bisa digunakan sebagai pakaian, aksesoris, atau oleh-oleh.
  • Nama toko: Batik Danar Hadi
  • Range harga: Rp50.000 – Rp5.000.000

Kaos Dagadu

Kaos Dagadu adalah kaos yang terkenal dengan desainnya yang unik dan lucu. Kaos Dagadu bisa kamu beli di berbagai toko Dagadu di Jogja, salah satunya Dagadu Pakualaman.

  • Deskripsi: Kaos Dagadu adalah kaos yang memiliki desain yang unik dan lucu. Kaos Dagadu biasanya berisi slogan atau gambar yang khas Jogja
Baca Juga  17 Restoran Vegetarian di Jakarta: Lezat, Sehat, dan Ramah Lingkungan

Wedang Uwuh

Wedang uwuh adalah minuman khas Jogja yang terbuat dari rempah-rempah. Wedang uwuh memiliki rasa yang hangat dan menyegarkan. Wedang uwuh bisa kamu beli di berbagai warung di Jogja, salah satunya Warung Kopi Klotok.

  • Deskripsi: Wedang uwuh adalah minuman yang terbuat dari rempah-rempah seperti jahe, cengkeh, kayu manis, dan secang. Wedang uwuh memiliki rasa yang hangat dan menyegarkan. Wedang uwuh bisa dinikmati saat cuaca dingin.
  • Nama toko: Warung Kopi Klotok
  • Range harga: Rp5.000 – Rp10.000

Mie Lethek

Mie lethek adalah mie yang terbuat dari tepung tapioka dan singkong. Mie lethek memiliki rasa yang gurih dan kenyal. Mie lethek bisa kamu beli di berbagai warung di Jogja, salah satunya Warung Mie Lethek Mbah Katro.

  • Deskripsi: Mie lethek adalah mie yang terbuat dari tepung tapioka dan singkong. Mie lethek memiliki rasa yang gurih dan kenyal. Mie lethek biasanya disajikan dengan kuah kaldu ayam dan dicampur dengan berbagai topping, seperti telur, ayam, dan sambal.
  • Nama toko: Warung Mie Lethek Mbah Katro
  • Range harga: Rp10.000 – Rp20.000

Jadah Tempe

Jadah tempe adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari jadah dan tempe. Jadah tempe memiliki rasa yang gurih dan manis. Jadah tempe bisa kamu beli di berbagai warung di Jogja, salah satunya Warung Jadah Tempe Mbah Mo.

  • Deskripsi: Jadah tempe adalah makanan yang terbuat dari jadah dan tempe. Jadah tempe memiliki rasa yang gurih dan manis. Jadah tempe biasanya disajikan dengan dibungkus daun pisang.
  • Nama toko: Warung Jadah Tempe Mbah Mo
  • Range harga: Rp5.000 – Rp10.000

Jenang Krecek

Jenang krecek adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari jenang dan krecek. Jenang krecek memiliki rasa yang manis dan gurih. Jenang krecek bisa kamu beli di berbagai warung di Jogja, salah satunya Warung Jenang Krecek Bu Tumini.

  • Deskripsi: Jenang krecek adalah makanan yang terbuat dari jenang dan krecek. Jenang krecek memiliki rasa yang manis dan gurih. Jenang krecek biasanya disajikan dengan kuah santan dan dicampur dengan berbagai topping, seperti telur, ayam, dan krecek.
  • Nama toko: Warung Jenang Krecek Bu Tumini
  • Range harga: Rp10.000 – Rp20.000

Wingko Babat

Wingko babat adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari tepung ketan, gula jawa, dan babat. Wingko babat memiliki rasa yang manis dan legit. Wingko babat bisa kamu beli di berbagai toko oleh-oleh di Jogja, salah satunya Wingko Babat Bu Restu.

  • Deskripsi: Wingko babat adalah makanan yang terbuat dari tepung ketan, gula jawa, dan babat. Wingko babat memiliki rasa yang manis dan legit. Wingko babat biasanya disajikan dalam bentuk balok-balok kecil.
  • Nama toko: Wingko Babat Bu Restu
  • Range harga: Rp10.000 – Rp20.000
Baca Juga  25 Restoran dengan Private Room di Jakarta

Jogja Pillows

Jogja Pillows adalah bantal yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti kapuk dan kulit jagung. Jogja Pillows memiliki rasa yang nyaman dan empuk. Jogja Pillows bisa kamu beli di berbagai toko oleh-oleh di Jogja, salah satunya Jogja Pillows.

  • Deskripsi: Jogja Pillows adalah bantal yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti kapuk dan kulit jagung. Jogja Pillows memiliki rasa yang nyaman dan empuk. Jogja Pillows bisa digunakan sebagai bantal tidur atau sebagai souvenir.
  • Nama toko: Jogja Pillows
  • Range harga: Rp50.000 – Rp100.000

 

Sate Klatak

Sate klatak adalah sate kambing yang tidak menggunakan tusuk sate dari bambu, melainkan menggunakan jeruji besi. Sate klatak memiliki rasa yang khas, yaitu gurih dan sedikit pedas. Sate klatak bisa kamu beli di berbagai warung sate di Jogja, salah satunya Sate Klatak Pak Pong.

Tiwul

Tiwul adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari singkong yang dikeringkan dan ditumbuk halus. Tiwul memiliki rasa yang gurih dan manis. Tiwul bisa kamu beli di berbagai warung di Jogja, salah satunya Warung Tiwul Bu Tumini.

Batik Cap Timbul

Batik cap timbul adalah salah satu jenis batik yang diproduksi di Jogja. Batik cap timbul memiliki motif yang khas, yaitu motif timbul yang terbuat dari malam. Batik cap timbul bisa kamu beli di berbagai toko batik di Jogja, salah satunya Batik Keris.

 

Kopi Joss

Kopi joss adalah kopi yang dihidangkan dengan arang yang masih membara. Kopi joss memiliki rasa yang khas, yaitu rasa kopi yang pekat dan aroma arang yang menyengat. Kopi joss bisa kamu beli di berbagai warung kopi di Jogja, salah satunya Warung Kopi Joss Pak Man.

Gebyok

Gebyok adalah pintu yang terbuat dari kayu jati. Gebyok memiliki motif yang khas, yaitu motif ukir yang indah. Gebyok bisa kamu beli di berbagai toko oleh-oleh di Jogja, salah satunya Gebyok Jogja.

Wayang Kulit

Wayang kulit adalah seni pertunjukan tradisional yang menggunakan boneka wayang yang terbuat dari kulit. Wayang kulit memiliki cerita yang khas, yaitu cerita tentang Ramayana dan Mahabharata. Wayang kulit bisa kamu beli di berbagai toko oleh-oleh di Jogja, salah satunya Wayang Kulit Jogja.

Related Post

Leave a Comment