Home Kuliner Mencicipi Lezatnya 4 Kuliner Khas Kalimantan Barat yang Tiada Tandingannya

Mencicipi Lezatnya 4 Kuliner Khas Kalimantan Barat yang Tiada Tandingannya

8 min read
0
0
64

Berwisata tidak harus mengunjungi berbagai macam objek wisata yang menawarkan keindahan alam serta keunikan hiburan yang berbeda di setiap daerah, namun sempatkan juga untuk mencicipi kekayaan kuliner yang ada di daerah tersebut, karena setiap daerah memiliki keunikan cita rasa yang berbeda dengan daerah lainnya, salah satu daerah tersebut adalah Kalimantan Barat, sebuah provinsi yang berada di Pulau Kalimantan. Di provinsi ini kamu akan menemukan banyak sekali jenis makanan yang begitu menggiurkan. Tidak perlu berlama-lama, berikut beberapa Makanan Khas Kalimantan Barat yang wajib kamu nikmati.

  1. Bingka

kue bingka khas kalimantan barat

Makanan Khas Kalimantan Barat yang pertama adalah bingka, sebuah kue yang terbuat dari campuran tepung terigu, telur serta santan. Bahan yang digunakan hampir serupa dengan bahan untuk membuat kue lumpur, sehingga aroma tekstur serta rasanya pun hampir sama yaitu memiliki cita rasa manis yang begitu dominan. Namun tampilan dari kue Bingka, Makanan Khas Kalimantan Barat ini begitu menggoda, sehingga tak heran banyak sekali wisatawan yang rela antri agar bisa mendapatkan Makanan Khas Kalimantan Barat ini dan membawanya sebagai oleh-oleh untuk sanak famili di rumah. Kamu dapat menemui Makanan Khas Kalimantan Barat yang unik ini di pasar-pasar tradisional dan pusat wisata Kalimantan Barat.

  1. Mie Kepiting Pontianak

mie kepiting kuliner khas kalimantan baratSebagian masyarakat Indonesia banyak yang belum terbiasa melihat sebuah sajian mie yang dilengkapi dengan kepiting, karena biasanya mereka menyantap mie yang dilengkapi dengan ayam, atau daging lainnya. Tetapi berbeda dengan Makanan Khas Kalimantan Barat yang satu ini, mereka mencoba menyuguhkan sebuah mie yang disandingkan dengan potongan kepiting serta topping lainnya yang mayoritas berasal dari sayuran, mulai dari kecambah, ikan, pangsit goreng, udang bakso, dan sebagainya. Melihat tampilan dari mie kepiting Pontianak ini kamu akan berpikiran bahwa makanan ini merupakan salah satu makanan Seafood yang disajikan dengan bakmi, padahal seafood tersebut hanyalah pelengkap sajian Mie Pontianak yang melegenda. Tunggu apa lagi, segera santap Makanan Khas Kalimantan Barat tersebut ketika masih terasa hangat.

  1. Mie sagu

mie sagu kuliner khas kalimantan baratSepertinya Kalimantan Barat tidak bisa lepas dari yang namanya Mie, setelah tadi ada menu Makanan Khas Kalimantan Barat yang disebut dengan mie kepiting Pontianak, sekarang ada lagi kuliner khas dari provinsi tersebut yang dinamakan dengan mie sagu. Biasanya sajian ini disuguhkan sebagai makanan pendamping atau sarapan warga Kalimantan. Mie sagu disajikan dengan disiram menggunakan kuah kaldu, dan tentu saja mie ini terbuat dari olahan sagu yang dipotong kecil dan panjang.

Baca Juga  Oleh oleh Khas Semarang yang Paling Terkenal
  1. Kerupuk Basah

kerupuk basah kuliner khas kalimantan baratKetika mendengar nama kuliner yang satu ini tentu kamu akan berpikir, bagaimana caranya sebuah kerupuk yang kriuk kriuk, menjadi kuliner yang disajikan tidak dengan tekstur kering. Nah inilah dia salah satu Kuliner Khas Kalimantan Barat yang harus kamu cicipi. Kerupuk Basah tersebut disajikan dengan cara dikukus, lalu dimakan dengan menggunakan saus kacang. Untuk membuat kerupuk basah ini bahan yang perlu kamu sediakan adalah tepung sagu dan olahan ikan belida, sejenis ikan yang memiliki aroma khas yang menjadikan Kerupuk Basah semakin sedap.

  1. Bubur pedas

bubur pedas kuliner khas kalimantan baratSaat pertama melihat bubur pedas khas Kalimantan Barat ini, kamu akan langsung terbelalak dan kaget serta takut untuk mencicipi bubur tersebut, karena biasanya kamu hanya menemukan sebuah bubur yang dilengkapi dengan kecap manis, asin, serta sedikit sambal yang bermanfaat untuk pelengkap rasa saja. Tetapi berbeda dengan bubur pedas yang ada di Kalimantan Barat, bubur ini benar-benar terasa pedas yang disajikan dengan tambahan ikan goreng teri dan kacang sehingga menambah kenikmatan dari bubur pedas yang akan menggoyang lidah setiap penikmatnya.

Itulah dia 5 di antara banyaknya Makanan Khas Kalimantan Barat yang harus kamu cicipi ketika berlibur di provinsi yang ada di kepulauan Kalimantan tersebut. Jangan lupa untuk mengabadikan momen ketika kamu menikmati Makanan Khas Kalimantan Barat itu dan membagikannya kepada sahabat-sahabat kamu dan keluarga agar mereka juga tertarik mencicipi Makanan Khas Kalimantan Barat dan menghabiskan liburannya di provinsi Kalimantan Barat.

Please follow and like us:
error
Load More By khadafi
Load More In Kuliner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Ngopi Di Tengah-Tengah Hawa Dingin Kota Hujan

Ada 1 minuman yang tidak bisa lepas dari masyarakat Indonesia, hampir semua masyarakat Ind…