Home Tempat Wisata Objek Wisata Solo yang Bisa Kamu Kunjungi dalam Satu Hari

Objek Wisata Solo yang Bisa Kamu Kunjungi dalam Satu Hari

7 min read
0
0
36
Objek Wisata Solo yang Bisa Kamu Kunjungi dalam Satu Hari keraton solo

Kalau kamu berkesempatan untuk berlibur di kota Solo atau Surakarta, ada begitu banyak objek wisata solo yang menarik untuk dikunjungi. Mendapat predikat dari Ikatan Ahli Perencanaan sebagai kota ternyaman di Indonesia, Solo dikenal dengan kekayaan budaya dan kulinernya.

Selain itu, Solo juga populer dengan ajang tahunan bergengsi Solo Batik Carnival dan Solo International Performing Arts. Sebagai salah satu tujuan wisata unggulan di Jawa Tengah, kota ini memiliki sistem transportasi yang cukup baik, sekaligus ramah untuk pejalan kaki.

Liburan Satu Hari di Solo

Dengan luas wilayah sekitar 46 km2 , kota Solo bisa dibilang tidak terlalu luas. Objek wisata solo dan sekitarnya juga letaknya sering tidak berjauhan dan dapat dijangkau dalam waktu singkat. Berikut destinasi yang bisa kamu kunjungi kalau kamu punya waktu liburan sehari :

1. Keraton Kasunanan

Keraton ini merupakan tempat tinggal raja Surakarta, atau yang lebih dikenal dengan Pakubuwono. Meskipun demikian, beberapa bagian kompleks keraton dibuka untuk wisata. Tempat bersejarah ini menyimpan banyak koleksi pusaka dan benda-benda antik.

Di museum, kamu bisa melihat patung kepala kapal Rajamala yang legendaris. Kamu juga bisa berjalan-jalan di area pendapa ataupun melihat kerbau putih Kyai Slamet. Dengan membayar Rp50 ribu kamu bisa berkeliling kompleks keraton dengan becak.

Terletak di Baluwarti, Pasar Kliwon, kamu cukup membayar Rp10 ribu untuk tiket masuk. Keraton dibuka setiap hari Senin-Kamis pukul 09.00-14.00, Sabtu-Minggu pukul 09.00-15.00, dan tutup pada hari  Jumat.

2. Pasar Klewer

Terletak di sebelah kompleks Keraton Kasunanan, pasar tradisional yang sudah dimodernisasi ini menjadi destinasi wisata belanja yang wajib dikunjungi. Dikenal dengan harga yang murah juga pedagangnya yang ramah, pasar ini menampung lebih dari 2.000 kios.

Di sini kamu bisa berbelanja batik, kain, selendang, sandal, hingga menikmati makanan seperti wedang ronde dan tengkleng khas Solo. Buka setiap hari dari jam 07.30 pagi hingga pukul 05.00 sore, Pasar Klewer cocok untuk tempat berbelanja oleh-oleh.

3. Taman Balekambang

Termasuk salah satu objek wisata solo dekat stasiun balapan, kamu harus mengunjungi Taman Balekambang. Terletak tidak jauh dari kompleks stadion Manahan, area jantung kota ini memiliki banyak pepohonan yang rindang dan koleksi tanaman yang cantik.

Di sini kamu bisa duduk-duduk santai di bangku taman, sambil melihat angsa, rusa, dan  ayam hias. Ada juga panggung terbuka, danau, kolam renang, taman reptil, serta kebun pembibitan. Tidak ketinggalan area outbound untuk bermain bersama keluarga.

Baca Juga  17 Tempat Wisata Di Sukabumi Yang Keren Dikunjungi

Dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00, kamu tidak dikenakan biaya untuk bisa masuk area ini. Cukup membayar parkir kendaraan dan tiket taman reptil sebesar Rp5 ribu jika kamu ingin melihat berbagai reptil.

4. De Tjolomadoe

Termasuk objek wisata solo terbaru, De Tjolomadoe adalah revitalisasi dari bekas bangunan pabrik gula yang telah berhenti beroperasi dua dekade silam. Berjarak 10 menit dari bandara, lokasi ini menawarkan nostalgia kejayaan masa lalu yang dikemas menarik.

Kamu bisa mengunjungi museum dan melihat berbagai alat produksi dari awal abad ke-20, sekaligus mempelajari sejarah pabrik gula milik Mangkunegaran ini. De Tjolomadoe buka setiap hari Selasa – Minggu, mulai pukul 10.00-21.00. Untuk masuk museum dikenakan biaya Rp25 ribu.

Nah, itu dia objek wisata solo yang bisa kamu kunjungi kalau kamu cuma punya waktu sehari di kota ini. Semuanya memiliki nilai historis serta kaya akan unsur budaya. Tunggu apa lagi, yuk berkunjung ke kota Solo dan nikmati suasananya yang nyaman.

Please follow and like us:
error
Load More By khadafi
Load More In Tempat Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Rekomendasi 7 Tempat Wisata Pantai Terindah Di Yogyakarta Yang Dapat Kita Kunjungi Setelah Pandemi Corona

Selama pandemi corona ini berlangsung, upaya pemerintah Yogyakarta dalam mengurangi penula…