Home Kuliner Oleh – oleh Khas Manado selain Cakalang Fufu Yang Wajib Anda Beli

Oleh – oleh Khas Manado selain Cakalang Fufu Yang Wajib Anda Beli

7 min read
0
0
59
Kacang Goyang

Manado adalah ibukota dari Propinsi Sulawesi Utara dan juga sekaligus adalah kota yang paling besar di propinsi tersebut. Kota Manado sendiri merupakan sebuah kota yang secara geografis terletak di Teluk Manado, kota yang satu ini juga dikelilingi oleh barisan pegunungan. Kota Manado juga menjadi kota dengan penduduk kedua terbesar di Pulau Sulawesi setelah Kota Makassar dengan total jumlah penduduknya mencapai kurang lebih 480 ribu jiwa menurut sensus penduduk tahun 2015.

Sebagai sebuah ibukota dari Sulawesi Utara, tentu saja Manado memiliki pesonanya sendiri. Kota Manado sendiri telah menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat populer di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Sulawesi Utara karena kota ini menyimpan potensi wisata yang begitu besar. Anda akan bisa menemukan banyak tempat wisata menarik di Kota Manado yang bisa Anda kunjungi, selain itu tak lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke Manado tanpa membeli oleh – oleh. Di bawah ini akan kami ulas lima macam oleh – oleh khas Manado yang wajib dibeli.

5 Oleh – oleh Khas Manado Yang Wajib Anda Beli

  1. Dodol Amurang

Dodol AmurangSalah satu oleh – oleh khas Manado yang wajib Anda beli adalah Dodol Amurang yang biasanya banyak diproduksi di Kabupaten Minahasa Selatan. Dodol Amurang sendiri memiliki rasa yang sangat khas dan berbeda dengan dodol dari daerah lainnya karena dodol yang satu ini terbuat dari campuran gula aren, beras ketan yang dihaluskan, serta minyak kelapa murni yang belum disaring.

  1. Cakalang Fufu

Cakalang FufuCakalang fufu adalah oleh – oleh khas Manado kedua yang juga tidak boleh Anda lewatkan, oleh – oleh khas yang satu ini terbuat dari bahan dasar ikan cakalang yang telah melalui proses pengasapan yang di dalam bahasa Manado disebut dengan fufu sehingga akan menghasilkan rasa dan aroma yang khas. Cakalang fufu ini bisa Anda beli dengan harga berkisar 35 ribu hingga 70 ribu rupiah.

  1. Sambal Roa
Baca Juga  5 Restaurant Jepang Yang Halal dan Enak di Jakarta

Sambal RoaOleh – oleh khas Manado berikutnya yang juga bisa Anda beli adalah sambal roa yang mana merupakan salah satu jenis sambal yang menjadi ciri khas Kota Manado. Sambal roa sendiri merupakan jenis sambal yang terbuat dari bahan dasar ikan roa yang telah diasap dan dihancurkan hingga halus yang kemudian dicampur dengan bumbu dan minyak, sambal ini sangatlah sesuai untuk dinikmati dengan nasi panas.

  1. Kacang Goyang

Kacang GoyangKacang goyang adalah oleh – oleh khas Manado yang mana juga harus Anda beli, kacang goyang sendiri telah menjadi salah satu camilan favorit dari masyarakat Manado. Perlu Anda ketahui bahwa kacang goyang ini terbuat dari kacang atom yang bagian luarnya dibalut dengan tepung terigu dan dilumuri dengan gula yang warnanya sangat beragam sehingga membuat tampilannya semakin menarik.

  1. Pala Manis

Pala ManisOleh – oleh berikutnya yang juga tidak boleh Anda lupakan jika berkunjung ke Kota Manado adalah pala manis, jenis makanan yang biasa dijadikan sebagai camilan ini bahkan telah dikenal hingga ke Negeri Jiran. Pala manis khas dari Kota Manado ini terbuat dari buah pala yang dicampur dengan cairan gula sehingga membuat teksturnya mengkilap serta rasanya lebih manis.

 

Apabila Anda memiliki kesempatan untuk berwisata ke Kota Manado, maka Anda wajib membeli beberapa oleh – oleh khas Manado yang ada di atas.

Load More By khadafi
Load More In Kuliner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Ternyata Susu Kental Manis Tidak Berbahaya, Lho! Inilah Manfaat Susu Kental Manis Saat di Perjalanan Anda

Susu merupakan salah satu minuman yang memiliki sejuta manfaat bagi semua kalangan. Susu d…