Home Tempat Wisata Pesona Alam Ciamis yang Memukau

Pesona Alam Ciamis yang Memukau

8 min read
0
0
10
Pesona Alam Ciamis yang Memukau

Provinsi Jawa Barat sepertinya sedang gencarnya mempromosikan berbagai macam kawasan dan destina wisata yang ada di daerahnya, mulai dari keindahan alam Lembang yang makin memukau dengan dibangunnya berbagai macam fasilitas yang begitu kekinian, sampai juga beberapa destinasi wisata yang ada di daerah Ciamis. Ciamis sendiri merupakan sebuah kabupaten yang memiliki luas sekitar 2.556 km2, Kabupaten Ciamis berbatasan langsung dengan Kabupaten Cilacap, Kota Banjar, dan Tasikmalaya. Pada awalnya Ciamis tidak terlalu terkenal sebagai sebuah kota pariwisata di Indonesia, karena saking banyaknya destinasi wisata Jawa Barat yang membuat para pengunjung bingung mana tujuan wisata pertama yang harus mereka kunjungi. Apalagi semua destinasi wisata itu memiliki keunikan tersendiri yang patut di Explore. Nah, supaya Kabupaten Ciamis bisa mengikuti keterkenalan Destinasi Wisata Jawa Barat yang ada di daerah lainnya, Mari kita bahas satu per satu Tempat Wisata di Ciamis yang harus segera kamu kunjungi.

  1. Situ Lengkong Panjalu

Pesona Alam Ciamis yang Memukau situ lengkong panjaluSitu merupakan sebuah kata yang bermakna danau, jadi tidak heran ketika kamu mengunjungi objek wisata Ciamis berupa situ Lengkong Panjalu, kamu akan disambut dengan pemandangan danau yang cukup unik, karena di bagian tengah danau terdapat sebuah makam yang berada tepat di sebuah pulau kecil di tengah-tengah situ Lengkong Panjalu. Berdasarkan cerita yang beredar di tengah-tengah masyarakat bahwa makam itu merupakan tempat bersemayamnya leluhur masyarakat yang ada di daerah tersebut, jika kamu memilih waktu liburan yang tepat, kamu bisa menyaksikan upacara Nyangku, sebuah upacara yang bertujuan untuk membersihkan atau memandikan pusaka-pusaka keramat yang diwariskan oleh leluhur kepada anak keturunannya.

  1. Ciung Wanara

Pesona Alam Ciamis yang Memukau ciung wanaraCiung Wanara merupakan salah satu Tempat Wisata di Ciamis yang berada di Raya Banjar Ciamis, Cijeungjing, karangkamulyan, Kecamatan Ciamis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para arkeolog mengatakan bahwa ciung wanara merupakan sebuah situs purba yang merupakan peninggalan dari masyarakat Hindu dan Budha, yaitu peninggalan kerajaan Galuh yang merupakan nenek moyang warga Ciamis. Dengan area seluas 25 hektar, Ciung Wanara menyimpan berbagai macam peninggalan purbakala yang akan mengajarkan kepada kamu mengenai sejarah Kabupaten Ciamis dan juga tidak tertutup kemungkinan kamu bisa mengetahui sejarah dari daerah-daerah lain yang dulu pernah bersinggungan dengan Kabupaten Ciamis. Jadi mengunjungi Ciung Wanara akan menjadi sebuah pengalaman tersendiri bagi kamu apalagi dengan mengajak serta keluarga tercinta, agar mereka semakin mencintai budaya dan peninggalan leluhur mereka.

Baca Juga  7 Tempat Wisata Edukasi di Indonesia untuk Liburan Keluarga
  1. Curug Tujuh cibolang

Pesona Alam Ciamis yang Memukau Curug Tujuh cibolangIndonesia serupakan sebuah negara yang kaya baik dari segi keindahan alam, budaya, bahasa, kuliner, dan berbagai hal lainnya. Dari segi bahasa contohnya masyarakat Jawa Barat lebih mengenal istilah air terjun dengan sebutan Curug, dan salah satu Curug yang terkenal di daerah Ciamis bernama Curug Tujuh cibolang yang berada tepat di Kampung Nanggela, sandingtaman, Panjalu. Seperti nama yang disematkan kepadanya, Curug ini memiliki 7 tingkat yang saling berdekatan, destinasi wisata yang berjarak sekitar 35 km dari jantung kota Ciamis ini terdiri dari tujuh tingkat Curug yang memiliki nama tersendiri, mulai dari Curug 1, dua, tiga, cibolang, di mana saja, cileutik, dan tingkat terakhir bernama Curug Cibuluh. Semua Curug ini berada dalam jarak yang berdekatan sehingga terlihat seperti sebuah Curug yang memiliki 7 tingkat. Keindahan Curug Tujuh Cibolang yang merupakan salah satu Tempat Wisata di Ciamis ini dapat kamu nikmati hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 7.500 per orang. Murah sekali bukan untuk menikmati keindahan alam yang tidak pernah bisa ditiru oleh manusia manapun ini.

Tempat Wisata di Ciamis banyak ragamnya, 3 yang disebutkan di atas hanyalah sebagian kecil di antara pesona Kabupaten Ciamis yang harus segera kamu explore bersama sahabat-sahabat kamu, segera rencanakan liburan kamu dengan mengunjungi Kabupaten Ciamis, agar kamu bisa mengetahui dan menikmati keindahan alam Ciamis yang begitu mempesona.

Please follow and like us:
error
Load More By khadafi
Load More In Tempat Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Keindahan 3 Destinasi Wisata Alam Wonogiri yang Harus Diexplore

Terdapat sebuah kabupaten yang berada di provinsi Jawa Tengah bagian Selatan yang memiliki…