Home Tempat Wisata Rekomendasi 7 Tempat Wisata Pantai Terindah Di Yogyakarta Yang Dapat Kita Kunjungi Setelah Pandemi Corona

Rekomendasi 7 Tempat Wisata Pantai Terindah Di Yogyakarta Yang Dapat Kita Kunjungi Setelah Pandemi Corona

18 min read
0
0
10
Rekomendasi 7 Tempat Wisata Pantai Terindah Di Yogyakarta Pantai Indrayanti

Selama pandemi corona ini berlangsung, upaya pemerintah Yogyakarta dalam mengurangi penularan adalah Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB, Sektor pariwisata paling terdampak, dari restoran, transportasi, hotel di Jogja, penerbangan dan menutup beberapa daerah tujuan wisata. Perkembangan selama berlangsungnya PSBB muali dari kesadaran menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan Hand Sanitizer setelah bersinggungan atau melakukan sesuatu menimbulkan rasa optimis akan adanya gaya hidup baru atau dengan istilah New Normal  yang digaung-gaungkan semoga pandemi ini bisa segera berlalu dan kita bisa hidup kembali dengan normal.

Jikalau corona sirna, kita semua pasti menginginkan untuk melepas segala kejenuhan yang ada dengan bepergian ketempat wisata. Beberapa tujuan pariwisata di jogja terutama pariwisata pantai merupakan salah satu yang cocok untuk kita kunjungi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.Banyak terdapat pilihan hotel murah di jogja di setiap wisata pantai terindah Di Yogyakarta yang sanggup menyerap banyak para wisatawan untuk berkunjung ke daerah Yogyakarta. Di tempat ini terdapat Pantai Parangtritis yang populer memiliki ombak laut yang cukup besar atau Pantai Samas yang terdapat tempat Penangkaran Penyu Langka.

Berikut ini dibahas dan dirangkum  7 pantai terindah di yogyakarta idaman wisatawan yang wajib kamu  kunjungi saat berlibur ke kota yogyakarta.

Tempat Wisata Pantai Parangtritis

Rekomendasi 7 Tempat Wisata Pantai Terindah Di Yogyakarta Pantai ParangtritisTempat Wisata Pantai Parangtritis ialah salah satu pantai terindah Di Yogyakarta. Tempat wisata Parang Tritis mempunyai keunikan tersendiri dengan pemandangannya yang tidak terdapat pada pantai-pantai lainnya di Indonesia. Selain ombaknya yang cukup besar juga banyak terdapat gunung-gunung pasir atau Gumuk di sekitar pantai.

Tempat wisata yang dikelola oleh Pemkab Bantul ini memiliki sarana dan prasarana yang sudah cukup lengkap seperti wc umum, mushola, tempat bilas, restoran maupun penginapan serta kios-kios yang menjajakan souvenir khas Parangtritis. Selain itu,  di pantai ini juga tersedia ATV, Kereta Kuda dan Kuda yang dapat Kamu  sewa untuk menyelusuri pantai dari timur ke barat serta melakukan olahraga Aermodeling atau Kamu  juga dapat melakukan aktivitas mandi di Pemandian Parangwedang yang konon air di kolam ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Baca Juga  Pantai Ngobaran Gunung Kidul, Pantai Ala Bali Di Jogja

Tempat Wisata Pantai Baron

Rekomendasi 7 Tempat Wisata Pantai Terindah Di Yogyakarta Pantai BaronTempat wisata Pantai Baron juga merupakan salah satu Pantai Terindah Di Yogyakarta yang wajib Kamu  kunjungi. Tempat wisata Pantai Baron yang berada di Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabuapten Gunungkidul. Lokasi Pantai Baron bisa ditempuh 40 km dari kota Yogyakarta.

Tempat Wisata Pantai Baron merupakan tempat  wisata yang memiliki berbentuk cekungan dan seperti pantai-pantai lainnya, Di Pantai Baron juga tersedia berbagai macam makanan ikan laut beserta olahannya seperti udang windu, kakap, bawal putih maupun ikan tongkol. Tempat wisata Pantai Baron juga terdapat fasilitas tempat pelelangan ikan, perahun bermesin, wahana permainan anak-anak, dan toko-toko cindera mata. Sementara Upacara Sedekah Laut merupakan tradisi yang masih dijalankan oleh masyarakat  Kabupaten Gunungkidul.

Keunikan lainnya dari Pantai Baron ialah  adanya Sungai Bawah Tanah yang mengalir cukup deras ke arah lautan dengan rasa airnya yang tawar walaupun berjarak sangat dekat dengan laut. Kamu  dapat berenang atau mandi di sungai bawah tanah ini sambil menikmati keindahan bukit-bukit nan hijau disekitar pantai.

Tempat Wisata Pantai Siung

Rekomendasi 7 Tempat Wisata Pantai Terindah Di Yogyakarta Pantai SiungTempat Wisata Pantai Siung ialah   tempat  wisata pantai lainnya yang ada di Yogyakarta. Pantai Siung yang berada di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Yogyakarta, Indonesia ini berjarak sekitar 77 km dari pusat kota Yogyakarta. Selain pemandangan pantainya yang indah, tempat ini juga menawarkan kepada Kamu  untuk melakukan olahraga Panjat Tebing dengan 250 jalur bertaraf internasional.

Baca Juga  Pantai Krakal, Aquarium Alami Di Jogjakarta

Di sepanjang perjalanan menuju Pantai Siung, Kamu  akan di sambut dengan pemandangan bukit kapur yang ditumbuhi oleh pohon-pohon jati. Jalan berkelok-kelok dan menaik merupakan tantangan yang Kamu  harus hadapi sebelum tiba di Pantai Siung dan indah ini. Sebab keberadaannya yang sangat terpencil dan juga tersembunyi, fasilitas di pantai inimasih sangat minim. Yang tersedia hanya tempat parkir yang luas, toilet dan warung-warung penjaja makanan. Untuk bisa bermalam di pantai ini, Kamu  bisa menyewa Pondok Pemanjat yang bentuknya mirip dengan rumah panggung dengan kapasitas sekitar 20 orang. Tetapi bila  Kamu  ingin bermalam dengan suasana alam, Kamu  bisa membawa tenda sendiri yang bisa Kamu  gunakan disekitar tebing-tebing.

Tempat Wisata Pantai Indrayanti

Rekomendasi 7 Tempat Wisata Pantai Terindah Di Yogyakarta Pantai IndrayantiTempat Wisata Pantai Pulang Syawal atau disingkat dengan Pantai Pulsa ialah salah satu pantai terindah Di Yogyakarta dengan suasana menarik dan eksotis. Pada awalnya pantai ini dikenal dengan sebutan Pantai Indrayanti. Penyebutan nama Pantai Indrayanti sebelumnya menuai banyak kontroversi. Berhubung nama Indrayanti terpampang di papan nama cafe dan restoran tersebut, akhirnya banyak pengunjung yang menyebut pantai ini dengan nama Pantai Indrayanti.  Sementara pemerintah setempat menamakan pantai ini dengan sebutan Pantai Pulang Syawal, tetapi nama Indrayanti lebih populer daripada nama Pulang Syawal.

Keterlibatan pihak swasta mengelola Pantai Indrayanti rupanya turut membawa nilai positif, Pantai ini sangat bersih dan terawat dengan baik. Hal ini disebabkan pengelola tak segan-segan menjatuhkan denda sebesar Rp. 10.000,- untuk setiap sampah yang dibuang oleh para pengunjung. Sehingga Pantai Indrayanti menjadi tempat  wisata pantai yang patut Kamu  kunjungi.

Tempat Wisata Pantai Samas

Rekomendasi 7 Tempat Wisata Pantai Terindah Di Yogyakarta Pantai SamasTempat wisata Pantai Samas ialah salah satu pantai terindah Di Yogyakarta yang berada di Desa Srigading, Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta atau berjarak sekitar 24 km selatan Kota Yogyakarta. Tempat wisata Pantai Samas populer dengan ombaknya yang besar, delta-delta sungai dan danau air tawar yang berbentuk telaga yang oelh pemerintah setempat dijadikan tempat penangkaran Penyu dan Udang Galah serta sarana pemancingan ikan. Di tempat wisata pantai Samas ini juga sering diselenggarakan berbagai macam ritual keagamaan oleh masyarakat Yogyakarta seperti Upacara Kirab Tumuruning Maheso Suro dan Labuhan Sedekah Laut. Selain ombaknya yang besar, Pantai Samas juga populer dengan angin lautnya yang besar serta pasirnya berwarna hitam.

Baca Juga  5 Tempat Wisata Indoor di Jakarta Terbaik Untuk Keluarga

Hamparan pasir Pantai Samas sering digunakan sebagai lokasi bertelur sejumlah Penyu Langka seperti Penyu Hijau, Penyu Sisik, Penyu Belimbing atau Penyu Lekang. Penyu-penyu ini sering mendarat Di Pantai Samas untuk bertelur.

Tempat Wisata Pantai Depok

Rekomendasi 7 Tempat Wisata Pantai Terindah Di Yogyakarta Pantai DepokTempat Wisata Pantai Depok merupakan tempat  wisata alam yang berada Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta atau berjarak sekitar 30 km sebelah tenggara kota Yogyakarta. Tempat wisata Pantai Depok ini letaknya berdampingan dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo. Di pantai ini Kamu  dapat menikmati keindahan pantai selatan dengan ombak yang cukup besar. Di pantai dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang cukup lengkap. Ada petugas pantai (lifeguard) maupun satuan Polisi. Keberadaan mereka cukup menenangkan apabila ada peringatan gelombang laut yang tidak bersahabat dengan wisatawan.  Sementara bagi Kamu  yang ingin bermalam di Pantai Depok, Banyak tersedia penginapan berupa Losmen, Motel atau Hotel dengan harga yang cukup terjangkau.

Tempat Wisata Pantai Parangkesumo

Rekomendasi 7 Tempat Wisata Pantai Terindah Di Yogyakarta Pantai ParangkesumoTempat wisata Pantai Parangkesumo merupakan tempat  wisata pantai yang berada di Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta atau berjarak sekitar 30 km dari kota Yogyakarta. Di pantai ini wisatawan dapat menikmati pemandangan pantai nan indah dengan ombaknya yang cukup besar. Di pantai ini juga terdapat petilasan yang dipercaya merupakan jejak sejarah Panembahan Senopati yang oleh masyarakat Yogyakarta dipercaya sebagai tempat pertemuan Panembahan Senopati dengan Kanjeng Ratu Kidul sehingga setiap tahunnya Pemerintah Daerah Yogyakarta selalu menyelenggarakan Upacara Labuhan di pantai ini yang bertepatan dengan hari kelahiran Sultan yang berkuasa sekarang ini.

Please follow and like us:
error
Load More By khadafi
Load More In Tempat Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

8 Tempat Wisata di Karawang Jawa Barat Yang Bisa Dikunjungi Saat Liburan

Wilayah Karawang barat dan timur serta sekitarnya memiliki potensi wisata pantai, alam dan…