Home Tempat Wisata Serunya Berwisata Sambil Beredukasi di Kebun Binatang Jakarta

Serunya Berwisata Sambil Beredukasi di Kebun Binatang Jakarta

16 min read
0
0
25
Serunya Berwisata Sambil Beredukasi di Kebun Binatang Jakarta

Hari libur adalah hari yang begitu ditunggu-tunggu kedatangannya oleh banyak orang. Hari dimana tubuh diistirahatkan untuk sementara waktu dari sibuknya rutinitas sehari-hari. Hari libur juga selalu digunakan oleh sebagian orang untuk berwisata dengan keluarga. Ada yang memilih untuk berwisata kuliner, ada juga yang memilih untuk berwisata alam.

Berbicara tentang wisata, banyak sekali tempat rekomendasi yang bisa didatangi. Hampir di seluruh pelosok negeri ini mempunyai tempat wisata sendiri. Mulai dari desa hingga ke kota sekalipun. Tak jarang, kita harus rela mengantri demi menikmatinya.

Kali ini, ada nih tempat seru untuk berlibur bersama keluarga, bahkan yang sudah memiliki buah hati sekalipun dapat menikmatinya. Tempat dimana kita bisa berwisata, memiliki edukasi, dan bisa juga dibilang bertarif cukup murah. Dimana? Ya, kebun binatang. Di jantung Ibu Kota kita, juga mempunyai wisata kebun binatang di Jakarta loh! Mau tau rekomendasinya dimana saja? Yuk kita simak!

Kebun binatang Ragunan

Serunya Berwisata Sambil Beredukasi di Kebun Binatang Jakarta Kebun Binatang RagunanSiapa yang tidak kenal dengan kebun binatang Ragunan? Ya. Kebun binatang yang satu ini tidak kalah loh dari kebanyakan kebun binatang yang lainnya. Kebun binatang Ragunan atau biasa disebut dengan Taman Margasatwa Ragunan terletak di Pasar Minggu, Jl. Harsono no. 1, Ragunan, Pasar Minggu, kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Taman Margasatwa Ragunan ini memiliki luas 140 hektar yang didirikan pada tahun 1864 yang merupakan kebun binatang pertama di Indonesia. Yang di dalamnya terdapat 295 spesies dan 4040 spesimen. Tidak hanya terdapat satwa saja, tetapi juga disana terdapat kurang lebih 50.000 pepohonan. Kebun binatang di Jakarta ini juga memiliki spesies flora dan fauna dengan nilai konservasi yang tinggi loh.

Baca Juga  Bandungan, Kawasan Wisata Instagramable Tersembunyi di Kota Semarang

Taman Margasatwa Ragunan disini bukan hanya digunakan sebagai tempat rekreasi saja, tetapi juga sebagai ladang pengetahuan. Di kebun binatang Ragunan kita bisa berwisata sekaligus beredukasi dengan berbagai macam satwa, dan juga flora langka. Suasana disana juga sangat mendukung, dengan banyaknya pepohonan besar yang membuat area disana menjadi cukup sejuk dan juga asri.

Untuk menuju ke kebun binatang di Jakarta, kita dapat menggunakan kendaraan pribadi. Tetapi jika ingin menggunakan fasilitas public berupa kendaraan umum, kita bisa menggunakan KRL Komuter Line karena lebih cepat dan lebih murah, atau juga bisa menggunakan bus.

Taman Margasatwa Ragunan juga menyediakan fasilitas bermain dan hiburan. Ada onta tunggang, kuda tunggang, gajah tunggang, taman satwa anak, kereta keliling, sepeda tunggal, sepeda ganda, perahu angsa, pentas satwa, dan juga kuda bendi. Sebenarnya masih banyak juga fasilitas lain yang bisa digunakan.

Oh iya, berbicara mengenai kebun binatang di Jakarta, tidak afdol jika tidak membahas harga tiket yang dibebankan. Untuk sekali masuk ke Taman Margasatwa Ragunan, ditetapkan harga tiket sesuai umur, yaitu untuk anak-anak tarif yang dibebankan sebesar 3.000 rupiah, sedangkan untuk orang dewasa hanya sebesar 4.000 rupiah saja. Tetapi, harga tiket ini terkadang dapat berubah tergantung pada kebijakan dari pihak pengelola.

FYI, bagi Anda yang tidak suka membawa uang tunai, Anda bisa juga membeli tiketnya menggunakan kartu perdana Jackcard. Ada 2 tipe kartu Jackcard, ada yang berisi saldo 20.000 dengan bandrol harga 35.000, serta ada juga isi saldo 50.000 dengan harga 65.000. Kita dapat berkunjung kesana pada hari Selasa sampai Minggu pukul 07.30 s/d 16.00 WIB. Untuk hari Senin adalah hari libur bagi satwa.

Baca Juga  Mushroom Bay, Pantai Cantik di Nusa Lembongan

Jakarta Aquarium

Serunya Berwisata Sambil Beredukasi di Kebun Binatang Jakarta Jakarta Aquarium GaleriwisataJakarta Aquarium merupakan destinasi  wisata kebun binatang di Jakarta terkini yang menghadirkan sarana edukasi dan juga rekreasi. Taman wisata ini terletak di area terbaru milik Agung Podomoro Land, Neo Sono, Floor LG 101-LGM 101, Jl. Letjen S. Parman Kav. 28 Jakarta Barat. Dibuka pada Desember 2016 sebagai lokasi pendidikan dan juga hiburan.

Di Jakarta Aquarium ini terdapat lebih dari 600 jenis satwa. Yang menarik adalah adanya pertunjukan “Pearl of The South Sea” dengan produser Petor Wilson sebagai sutradara teater ternama dari Australia. Pertunjukan ini menyuguhkan cerita tentang seorang putri yang dikutuk menjadi ratu laut dengan dikombinasikan koreografi tarian putri duyung, music, dan kecanggihan teknologi.

Pada akhir pertunjukan, kita bisa berfoto bersama putri duyung yang menari dibalik akuarium. Selain itu, kita juga dapat menikmati hidangan laut yang lezat di restoran Pingoo sambil melihat dan berinteraksi langsung dengan memberi makan penguin.

Jakarta Akuarium merupakan kebun binatang di Jakarta dengan konservasi satwa dalam ruangan pertama di Indonesia. Taman ini adalah persembahan dari Taman Safari Indonesia yang bekerja sama dengan Aquaria KLCC Malaysia. Jakarta Aquarium sendiri menghadirkan konsep berlibur di alam yang menampilkan kekayaan alam bawah laut Indonesia yang penuh dengan warna, keindahan, dan juga sekaligus misteri yang serasa berpetualang.

Komitmen Jakarta Aquarium adalah untuk memberikan edutainment berkelas serta melestarikan satwa. Jakarta Aquarium sendiri mendapatkan penghargaan bergengsi sebagai “Indonesia Leading Conservation Destination 2017/18” dari ITTA dan juga “Certificate of Excellence 2018” dari TripAdvisor.

Di Jakarta Aquarium, kita dapat melihat ikan pari tutul, gurita raksasa Pasifik, hiu karang blacktip, serta kepiting kelapa. Ada juga penguin Humboldt yang menghuni kebun binatang di Jakarta ini. Untuk orang dewasa dapat  merasakan pengalaman menyelam di tangki raksasa dan seatrekking dengan panduan professional, sedangkan untuk anak-anak dapat menikmati aktivitas multimedia interaktif di zona anak.

Baca Juga  Penggemar Anime? Jangan Lewatkan Wisata ke Fujiko F. Fujio Museum

Untuk menuju kesana, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, bus, atau juga KRL. Tiket yang ditawarkan dibagi menjadi 2 tipe, hari produktif atau hari libur. Hari biasa, tarif yang dikenakan untuk orang dewasa sebesar 150.000 sedangkan untuk anak 125.000. sedangkan hari libur, tariff yang dibebankan untuk orang dewasa yaitu 200.000 sedangkan untuk anak 150.000. Dibuka mulai pukul 10 pagi hingga 8 malam.

Children Zoo (Taman Satwa Anak)

Serunya Berwisata Sambil Beredukasi di Kebun Binatang Jakarta Children Zoo (Taman Satwa Anak)Taman satwa anak merupakan kebun binatang di Jakarta yang menampilkan beberapa satwa yang disukai oleh anak-anak. Ada ikan raksasa arapaima gigas yang merupakan ikan langka dari sungai Amazon dengan berat mencapai 100 kg. Terdapat juga burung kakatua yang pandai berbicara, ular condrophyton yang terdapat pada mini terrarium, kapibara berjenis rodentia raksasa, dan dilengkapi dengan berbagai sarana permainan anak-anak.

Taman wisata ini terletak di dalam kebun binatang Ragunan. Jadi untuk akses jalur kesana pun sama dengan jalur menuju ke kebun binatang Ragunan. Sedangkan untuk tarif yang di patok taman ini sebesar 2.500 untuk per orangnya.

Well, ternyata berlibur tidak harus mahal, bukan? Masih banyak opsi liburan bermanfaat dengan harga murah. Meskipun kebun binatang di Jakarta terletak di pusat ibukota, tidak menutup kemungkinan masih bertarif sederhana diantara taman bertarif tinggi lainnya. Dan masih sangat menyenangkan serta beredukasi untuk semua kalangan umur. Mau wisata seru? Ke kebun binatang saja!

Please follow and like us:
error
Load More By khadafi
Load More In Tempat Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Rawat Kecantikan Kulit dengan Menggunakan Air Alkali  

Ada begitu banyak fungsi air alkali, salah satunya adalah untuk merawat kesehatan dan keca…