20 Rekomendasi Tempat Wisata di Samarinda Untuk Liburan Keluarga

Samarinda, ibu kota provinsi Kalimantan Timur, merupakan surga bagi para pecinta wisata yang mencari pengalaman yang tak terlupakan. Kota ini menyimpan kekayaan alam yang mempesona,

khadafi

 * 

 

20 Rekomendasi Tempat Wisata di Samarinda Untuk Liburan Keluarga

Sharing is caring!

Samarinda, ibu kota provinsi Kalimantan Timur, merupakan surga bagi para pecinta wisata yang mencari pengalaman yang tak terlupakan. Kota ini menyimpan kekayaan alam yang mempesona, budaya yang kaya, serta kuliner yang lezat. Bagi Anda yang mencari inspirasi untuk perjalanan petualangan di Samarinda, kami telah merangkum 20 rekomendasi tempat wisata yang wajib dikunjungi. Dari keindahan taman hingga keajaiban alam bawah laut, setiap tempat memiliki pesona dan daya tariknya sendiri. Jelajahi keunikan Taman Mahakam, nikmati panorama spektakuler di Bukit Meraseh, atau saksikan keajaiban bawah laut di Pulau Maratua. Dengan setiap kunjungan, Anda akan terpesona oleh keindahan alam, warisan budaya yang kaya, dan keramahan penduduk setempat. Bersiaplah untuk menjelajahi keajaiban Samarinda yang menakjubkan dan ciptakan kenangan tak terlupakan dalam perjalanan petualangan Anda.

Berikut 20 rekomendasi tempat wisata di Samarinda beserta nama, alamat, dan range harga yang bisa Anda jadikan referensi dalam perjalanan Anda.

1. Taman Mahakam

Taman Mahakam merupakan destinasi wisata keluarga yang populer di Samarinda. Terletak di Jalan Pangeran Hidayatullah, taman ini menawarkan area rekreasi dengan berbagai fasilitas, seperti permainan anak, taman bermain air, dan taman bunga yang indah. Range harga tiket masuk Taman Mahakam berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 30.000 per orang.

2. Bukit Meraseh

Bukit Meraseh merupakan spot wisata yang menawarkan pemandangan spektakuler dari ketinggian. Terletak di Desa Meraseh, Kecamatan Muara Badak, bukit ini menyajikan panorama alam yang memukau, termasuk hamparan hutan hijau dan sungai yang mengalir di bawahnya. Nikmati keindahan alam ini dengan range harga tiket masuk sekitar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per orang.

Baca Juga  Bukit Sikunir Dieng, Pesona Golden Sunrise di Dataran Tinggi Dieng

3. Pulau Kumala

Pulau Kumala adalah sebuah pulau kecil yang terletak di tengah Sungai Mahakam. Pulau ini menawarkan suasana alam yang tenang dan sejuk serta pemandangan indah sekitar sungai. Anda dapat menjangkaunya dengan perahu dari Dermaga Pambang di Samarinda. Biaya untuk menikmati keindahan Pulau Kumala berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000 per orang.

4. Kampung Baru

Kampung Baru adalah sebuah kawasan tradisional yang memperlihatkan kehidupan masyarakat Samarinda tempo dulu. Terletak di sekitar Jalan Pahlawan, Kampung Baru memiliki rumah-rumah kuno yang masih terawat dengan baik. Anda dapat menjelajahi kawasan ini dengan biaya sekitar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per orang.

5. Taman Siring Samarinda

Taman Siring Samarinda adalah taman kota yang berlokasi di Jalan Pangeran Diponegoro. Tempat ini menawarkan area hijau yang luas, taman bunga, dan kolam yang indah. Anda dapat mengunjungi Taman Siring Samarinda dengan biaya masuk sekitar Rp 5.000 per orang.

6. Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah merupakan sebuah pulau yang terletak di tengah Sungai Mahakam. Pulau ini menawarkan pantai berpasir putih yang indah dan air yang jernih. Anda dapat mencapai Pulau Beras Basah dengan menggunakan perahu dari Dermaga Pambang dengan biaya sekitar Rp 50.000 hingga Rp 100.000 per orang.

7. Danau Melintang

Danau Melintang adalah danau buatan yang terletak di Kelurahan Gn. Lingai, Samarinda Utara. Danau ini menawarkan keindahan alam yang menenangkan, dikelilingi oleh hutan dan bukit hijau. Anda dapat menikmati keindahan Danau Melintang dengan biaya sekitar Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per orang.

8. Museum Mulawarman

Museum Mulawarman merupakan museum sejarah dan budaya yang terletak di Jalan Pahlawan. Museum ini menyajikan koleksi benda-benda bersejarah, seperti prasasti, senjata tradisional, dan pakaian adat suku Dayak. Anda dapat mengunjungi Museum Mulawarman dengan biaya masuk sekitar Rp 5.000 per orang.

Baca Juga  10 Destinasi Objek Wisata di Sumatera Utara

9. Taman Budaya Kutai

Taman Budaya Kutai adalah tempat yang ideal untuk mengetahui lebih dalam tentang kebudayaan suku Kutai. Terletak di Jalan Ahmad Yani, taman ini menampilkan tarian, musik, dan kerajinan tangan tradisional suku Kutai. Anda dapat menikmati pertunjukan di Taman Budaya Kutai dengan biaya sekitar Rp 20.000 hingga Rp 50.000 per orang.

10. Taman Hutan Raya Juwata

Taman Hutan Raya Juwata adalah taman hutan kota yang luas dan hijau. Terletak di Jalan Mulawarman, taman ini menawarkan jalur-jalur trekking, area piknik, dan spot observasi burung. Anda dapat menjelajahi Taman Hutan Raya Juwata dengan biaya masuk sekitar Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per orang.

11. Waterboom Samarinda

Waterboom Samarinda adalah taman air yang menyenangkan untuk dikunjungi bersama keluarga. Terletak di Jalan Bukit Pelangi, taman air ini menawarkan berbagai macam perosotan air, kolam renang, dan wahana air lainnya. Anda dapat menikmati serunya Waterboom Samarinda dengan biaya masuk sekitar Rp 50.000 hingga Rp 100.000 per orang.

12. Pulau Maratua

Pulau Maratua merupakan destinasi wisata yang terkenal di Samarinda. Terletak di tengah Laut Sulawesi, pulau ini menawarkan keindahan alam bawah laut yang luar biasa, seperti terumbu karang dan penyu hijau. Anda dapat mencapai Pulau Maratua dengan menggunakan kapal dari Samarinda dengan biaya sekitar Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000 per orang.

13. Taman Bunga Sampur

Taman Bunga Sampur adalah taman bunga yang indah di Samarinda. Terletak di Jalan Pangeran Diponegoro, taman ini menyajikan berbagai macam jenis bunga yang cantik dan warna-warni. Anda dapat menikmati keindahan Taman Bunga Sampur dengan biaya masuk sekitar Rp 10.000 per orang.

14. Pulau Kakaban

Pulau Kakaban adalah pulau yang terkenal dengan Danau Ubur-Ubur. Terletak di Laut Sulawesi, pulau ini menawarkan kesempatan unik untuk berenang dengan ubur-ubur yang tidak beracun. Anda dapat mencapai Pulau Kakaban dengan menggunakan kapal dari Samarinda dengan biaya sekitar Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000 per orang.

15. Kebun Raya Samarinda

Kebun Raya Samarinda adalah kebun botani yang luas dan indah. Terletak di Jalan Pangeran Hidayatullah, kebun ini menyajikan berbagai macam koleksi tumbuhan langka dan flora endemik Kalimantan. Anda dapat menjelajahi Kebun Raya Samarinda dengan biaya masuk sekitar Rp 10.000 per orang.

Baca Juga  10 Pesona Air Terjun di Bali: Surga Tersembunyi Menanti Jelajahmu

16. Pantai Sepinggan

Pantai Sepinggan adalah pantai yang terletak di dekat Bandara Samarinda. Pantai ini menawarkan pasir putih yang lembut dan pemandangan indah Samudera Pasifik. Anda dapat menikmati keindahan Pantai Sepinggan dengan biaya masuk gratis.

17. Danau Semayang

Danau Semayang adalah danau buatan yang terletak di Jalan Aji Imbut, Samarinda Ilir. Danau ini menawarkan pemandangan yang indah dan spot berbagai aktivitas air, seperti perahu dayung dan perahu motor. Anda dapat menikmati keindahan Danau Semayang dengan biaya masuk sekitar Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per orang.

18. Benteng Pemarsan

Benteng Pemarsan adalah benteng peninggalan kolonial Belanda yang terletak di Jalan Niaga. Benteng ini merupakan salah satu situs bersejarah di Samarinda dan menawarkan pemandangan kota yang indah dari atas. Anda dapat mengunjungi Benteng Pemarsan dengan biaya masuk gratis.

19. Air Terjun Matasiri

Air Terjun Matasiri adalah air terjun yang terletak di Desa Matasiri, Kecamatan Muara Badak. Air terjun ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, dengan ketinggian sekitar 20 meter. Anda dapat menikmati keindahan Air Terjun Matasiri dengan biaya masuk sekitar Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per orang.

20. Pasar Segiri

Pasar Segiri adalah pasar tradisional yang terletak di Jalan Segiri. Pasar ini merupakan tempat yang ideal untuk mencicipi berbagai makanan khas Samarinda, seperti sate kuda, burung puyuh, dan ikan bakar. Anda dapat menikmati kuliner di Pasar Segiri dengan biaya sekitar Rp 20.000 hingga Rp 50.000 per orang.

Conclusion

Samarinda menawarkan berbagai macam tempat wisata menarik yang cocok untuk dikunjungi. Dari Taman Mahakam yang menyenangkan hingga Pulau Maratua yang eksotis, setiap tempat wisata di Samarinda memiliki daya tariknya sendiri. Dengan keindahan alam, kebudayaan yang kaya, dan kuliner lezat, Samarinda siap memikat hati para wisatawan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan tempat wisata di Samarinda.

FAQ

Apa waktu terbaik untuk mengunjungi Samarinda?

Waktu terbaik untuk mengunjungi Samarinda adalah antara bulan April hingga Oktober, ketika cuaca cenderung cerah dan tidak terlalu panas.

Bagaimana cara transportasi di Samarinda?

Anda dapat menggunakan taksi, angkutan umum, atau menyewa mobil untuk berkeliling di Samarinda. Ojek online juga tersedia sebagai alternatif transportasi yang nyaman.

Apakah tersedia akomodasi di Samarinda?

Ya, Samarinda menyediakan berbagai pilihan akomodasi mulai dari hotel berbintang hingga penginapan budget. Anda dapat memilih akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Kapan museum dan tempat wisata di Samarinda buka?

Museum dan tempat wisata di Samarinda umumnya buka mulai pukul 09.00 pagi hingga 17.00 sore. Namun, pastikan untuk memeriksa jadwal operasional masing-masing tempat sebelum mengunjunginya.

Apa makanan khas yang harus dicoba di Samarinda?

Beberapa makanan khas Samarinda yang harus dicoba termasuk sate kuda, burung puyuh, ikan bakar, dan soto banjar. Rasakan cita rasa kuliner lokal yang lezat saat mengunjungi Samarinda.

Tags

Related Post