Tiket Masuk Wisata Kawah Putih dan Tempat Makan Dekat Wisata Kawah Putih 2023

Wisata Kawah Putih adalah destinasi wisata yang terkenal di Jawa Barat. Tempat ini menjadi tujuan favorit bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin menikmati

khadafi

 * 

 

Sharing is caring!

Wisata Kawah Putih adalah destinasi wisata yang terkenal di Jawa Barat. Tempat ini menjadi tujuan favorit bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin menikmati keindahan alam pegunungan dan fenomena geologi yang luar biasa. Artikel ini akan membahas sejarah, fasilitas, lokasi, tiket masuk, dan tempat makan dekat Wisata Kawah Putih.

Kawah Putih adalah kawah gunung berapi yang terletak di daerah Ciwidey, Kabupaten Bandung. Kawah ini ditemukan pada tahun 1837 oleh seorang ahli geologi bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn. Dia menemukan kawah ini saat menjelajahi daerah pegunungan Jawa Barat. Nama Kawah Putih sendiri berasal dari warna lumpur putih yang terdapat di dasar kawah. Pada awalnya, Kawah Putih digunakan sebagai tempat eksplorasi belerang dan sulfur. Namun, seiring berjalannya waktu, Kawah Putih menjadi salah satu destinasi wisata populer di Jawa Barat.

Fasilitas

Wisata Kawah Putih menawarkan berbagai fasilitas untuk para pengunjung. Salah satu fasilitas utama adalah area parkir yang luas dan aman. Selain itu, ada juga toilet, restoran, dan tempat istirahat yang disediakan oleh pihak pengelola. Untuk memudahkan para pengunjung, tersedia juga fasilitas penyewaan kuda untuk menjelajahi sekitar kawah.

Lokasi

Wisata Kawah Putih terletak di Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Kawah ini berjarak sekitar 50 km dari pusat Kota Bandung dan dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Untuk mencapai Kawah Putih, pengunjung akan melewati jalan yang berkelok-kelok dan menikmati pemandangan alam yang indah.

Baca Juga  Kisah Candi Dieng, Situs Bersejarah yang Menakjubkan

Tiket Masuk

Untuk masuk ke Kawah Putih, pengunjung harus membeli tiket masuk yang dijual di pintu masuk. Harga tiket masuk saat ini adalah Rp. 30.000,- per orang. Selain itu, pengunjung juga harus membayar biaya parkir sebesar Rp. 10.000,- untuk mobil dan Rp. 5.000,- untuk motor.

Tempat Makan Dekat Wisata Kawah Putih

Setelah menikmati keindahan Kawah Putih, pengunjung dapat mencari tempat makan di sekitar kawasan wisata. Ada beberapa tempat makan yang dapat dijadikan pilihan, antara lain:

  1. RM. Sari Ater Restoran ini terletak di kawasan wisata Sari Ater dan menyediakan berbagai menu masakan Indonesia dan Barat. Harga makanan di RM. Sari Ater berkisar antara Rp. 30.000,- hingga Rp. 100.000,- per menu.
  1. Saung Gawir adalah restoran yang terletak di sekitar Kawah Putih. Restoran ini menyajikan berbagai menu masakan tradisional dan juga memiliki suasana yang nyaman. Harga makanan di Saung Gawir berkisar antara Rp. 20.000,- hingga Rp. 80.000,- per menu.

 

  1. Warung Nasi Bu Umi merupakan tempat makan yang terkenal di daerah Ciwidey. Warung ini menyajikan berbagai menu masakan tradisional Jawa Barat yang enak dan lezat. Harga makanan di Warung Nasi Bu Umi sangat terjangkau, berkisar antara Rp. 10.000,- hingga Rp. 30.000,- per menu.

Aktivitas di Wisata Kawah Putih

Selain menikmati keindahan kawah, ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Wisata Kawah Putih, di antaranya:

  1. Berfoto dengan latar belakang Kawah Putih yang indah.
  2. Menikmati pemandangan alam sekitar Kawah Putih dengan berjalan kaki atau naik kuda.
  3. Membeli oleh-oleh khas daerah Ciwidey seperti belerang, teh, dan kerajinan tangan.

Tips Berkunjung ke Wisata Kawah Putih

  1. Datang pada hari kerja untuk menghindari keramaian.
  2. Pakailah pakaian yang nyaman dan sebaiknya bawa jaket atau selimut karena suhu di sekitar Kawah Putih cukup dingin.
  3. Jangan lupa membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen indah saat berada di Kawah Putih.
Baca Juga  Tempat Wisata Menarik di Blitar Yang Wajib dan Harus Anda Kunjungi

Wisata Kawah Putih adalah destinasi wisata yang indah dan menarik di Jawa Barat. Selain menikmati keindahan kawah, pengunjung juga dapat menikmati berbagai fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola. Jangan lupa mencari tempat makan di sekitar kawasan wisata dan melakukan beberapa aktivitas seru di sana

Tags

Related Post