Home Tips Travelling Tips Liburan ke Bandung Seru? Naik Kereta Asik Juga Ternyata!

Tips Liburan ke Bandung Seru? Naik Kereta Asik Juga Ternyata!

16 min read
19
0
87
Tips Liburan ke Bandung Seru Naik Kereta Asik Juga Ternyata bumi siliwangi

Tips liburan ke Bandung seru? Naik kereta asik juga ternyata! Bandung memang kota yang penuh dengan destinasi wisata, ya. Maka dari itu kota ini memang selalu ramai dengan para wisatawan domestik maupun mancanegara. Apakah Anda juga ada rencana untuk belibur ke Bandung bersama keluarga? Jika iya, jangan lupa persiapkan segala sesuatunya mulai dari budget, transportasi, penginapan, tujuan wisata dan sebagainya.

Nah, untuk memudahkan Anda untuk berwisata ke Bandung, berikut tips liburan ke Bandung yang bisa Anda coba ikuti. Dijamin, liburan ke Bandung pun akan jadi lebih seru dan menjadi momen yang tidak akan terlupakan. Simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

Jangan Saat Musim Libur Panjang

Benar sekali, sebaiknya Anda menghindari berlibur ke Bandung pada saat musim libur panjang. Lho, bukannya liburan ya enaknya pas libur panjang. Anda bisa memilih waktu weekend, bukan? Kenapa sebaiknya jangan di musim libur panjang? Karena bisa dipastikan Bandung akan penuh sesak dengan pengunjung dalam waktu yang bersamaan. Kalau sudah begini, alih-alih menikmati liburan Anda justru hanya akan lelah karena terlalu berdesakan di destinasi wisatanya.

Saat hari-hari biasa misal weekend, tempat wisata tersebut pasti akan lebih lengang sehingga Anda dan keluarga jadi lebih leluasa. Liburan pun akan lebih terasa menyenangkan karena tidak terlalu ramai orang. Bagaimana, tips liburan ke Bandung ini bisa diterapkan, bukan? Coba naik kereta dari Jakarta ke Bandung sekarang!

Kenali dengan Baik Wilayah Menariknya

Tips Liburan ke Bandung Seru Naik Kereta Asik Juga TernyataTips selanjutnya adalah dengan mengenali wilayah menarik yang ada di Bandung. Ini akan membuat Anda jadi tidak buta arah dan bingung mau pergi ke mana. Ada beberapa wilayah rekomendasi yang sebaiknya Anda kunjungi di kota ini. Selain mudah diingat, area tersebut memang terkenal dengan landmark dan sebagainya yang melekat dengan kota Bandung.

Baca Juga  Tips Cerdas Mengemas Barang Liburan Agar Bisa Masuk dalam Kabin Pesawat

Beberapa destinasi yang masuk dalam tips liburan ke Bandung antara lain Kawasan Dago. Ya, tempat ini adalah area yang populer sekali di Bandung. Saat hari Minggu, di sini diadakan Car Free Day, jadi Anda bisa leluasa dan terhindar dari macet. Selain itu ada juga kawasan Cihampelas yang merupakan jalan satu arah. Di sini ada Mall Cihampelas Walk yang bisa Anda gunakan untuk menikmati skywalk pedestrian yang sangat memukau di Teras Cihampelas Bandung.

Selain itu ada pula Kawasan Lembang, yang letaknya ada di sebelah utara Kota Bandung. Anda dapat menemukan berbagai lokasi wisata baik itu wisata alam atau kuliner di kawasan ini. Contohnya adalah wisata Gunung Tangkuban Perahu, wisata alam Orchid Forest Cikole, dan bermacam tempat wisata lainnya. Ada juga kawasan Ciwidey yang bisa dituju di bagian selatan Bandung. Ini merupakan daerah yang sejuk dan dingin. Ada berbagai tempat wisata yakni Kawah Putih, Kebun Teh Rancabali, dan Situ Patenggang.

Tips liburan ke Bandung selanjutnya adalah mengunjungi kawasan Cibaduyut atau yang dikenal dengan sebutan Paris van Java. Ini adalah area yang terkenal dengan para pengrajin sandal serta sepatu kulit berkualitas di Bandung. Selain itu ada banyak lagi kawasan yang harus Anda sambangi, misalnya kawasan Asia Afrika, kawasan Jalan Diponegoro, kawasan Jalan Riau, kawasan Jalan Setiabudi dan sebagainya!

Pilih Transport ke Bandung

Pilih Transport ke BandungNah, satu tips yang tidak boleh ditinggalkan adalah dengan memilih moda transportasi yang tepat untuk berlibur ke Bandung. Khususnya bagi Anda yang tidak mau capai dari Jakarta ke kota Kembang ini, naiklah alat transportasi umum seperti kereta api. Dengan naik kereta api yang semakin nyaman fasilitasnya, liburan Anda dan keluarga pasti lebih menyenangkan. Anda bisa turun di salah satu dari dua stasiun utama yang ada di kota ini, yakni Stasiun Utama Kota Bandung yang berada di Jalan Kebon Kawung dan Stasiun Kereta Api Kiaracondong yang ada di Jalan Kiaracondong.

Baca Juga  5 Tips untuk Kamu yang Ingin Solo Traveling

Stasiun utama dan stasiun besar lainnya akan dilewati oleh kereta api kelas eksekutif dan bisnis, sedangkan stasiun Kiaracondong biasanya dilalui oleh kereta api kelas ekonomi. Tips liburan ke Bandung dengan naik kereta api akan menjadi momen yang tidak terlupakan bagi Anda dan keluarga, lho!

Pintar-pintar Cari Penginapan

Akan menginap di mana Anda sesampainya di Bandung? Jika rencana liburan lebih dari satu hari, Anda tentu butuh tempat penginapan yang nyaman, ya. Sebaiknya, Anda juga mencari tempat inap yang dekat dengan destinasi wisata yang ingin dituju. Mengapa demikian? Karena ini akan menghemat waktu yang diperlukan untuk menuju ke tempat wisata. Apalagi jika di musim liburan, tentu jalan akan terjadi kemacetan di mana-mana. Kalau sudah begini, waktu tempuh pun akan jadi lebih lama dari biasanya. Selain itu, hotel yang dekat juga akan meringankan anggaran transportasi dari hotel ke tempat wisata tersebut.

Buatlah Rencana atau Jadwal Sederhana

Buatlah Rencana atau Jadwal SederhanaTips liburan ke Bandung berikutnya adalah dengan membuat jadwal atau agenda sederhana. Kenapa begitu? Karena ini penting supaya agenda dan kegiatan berjalan lancar serta tidak berbenturan. Jadwal inilah yang nantinya akan menjadi patokan sederhana saat Anda dan keluarga jalan-jalan ke Bandung. Misalnya, dengan menuliskan lokasi wisata mana saja yang akan dikunjungi. Secara tidak langsung ini akan menjadi pengingat sederhana bagi Anda.

Baca Juga  Liburan Terbaik Ke Singapura Bersama Traveloka

Dengan jadwal sederhana seperti ini, maka kegiatan berlibur sudah terarah dan tidak ada yang terlewat atau perubahan yang mendadak. Selain itu, dengan jadwal dan perencanaan ini, Anda pun jadi bisa memperkirakan estimasi anggaran yang perlu dikeluarkan selama liburan di Bandung.

Mulailah Kegiatan dari Pagi

Tips liburan ke Bandung yang satu ini juga patut Anda coba. Saat berlibur ke Bandung dan perjalanan Anda lebih berkesan, cobalah untuk memulai aktivitas dari pagi. Kenapa? Karena pagi hari di Bandung akan memberikan udara yang lebih terasa segar dan sejuk. Selain itu, hal ini juga bisa menghindarkan Anda dan keluarga dari kemacetan lalu lintas. Anda pun jadi bisa menikmati suasana di Bandung pada pagi hari. Anda pun jadi lebih cepat sampai di tujuan wisata dan punya waktu yang lebih lama di sana.

Pandai Memilih Kendaraan Dalam Kota

Pandai Memilih Kendaraan Dalam KotaSelanjutnya Anda juga harus pandai-pandai memilih transportasi yang akan Anda gunakan untuk berkeliling kota Bandung. Jika Anda membawa kendaraan sendiri, tips yang satu ini bisa dilewati, ya. Namun, bila Anda ke Bandung naik kereta api misalnya, maka Anda harus mencari transportasi untuk berkeliling kota ini. Akan lebih efektif dan hemat jika Anda memilih taksi atau ojek online seperti Gojek dan Grab. Ada juga pilihan transport lain seperti Bus DAMRI sampai taksi konvensional. Anda juga bisa menyewa mobil sendiri jika mau.

Nah, itu dia beberapa tips liburan ke Bandung yang bisa Anda coba. Bagaimana, sudah siapkah semuanya? Selamat berlibur dan semoga artikel ini bermanfaat!

Please follow and like us:
error
Load More By khadafi
Load More In Tips Travelling

19 Comments

  1. Helma Vania

    July 15, 2019 at 7:22 am

    Pas banget ini tulisannya, aku jumat besok mau pergi ke Bandung naik kereta sama keluarga. Beberapa tips nya juga pernah aku lakuin sebelumnya, ini kali ketiga aku ke Bandung naik kereta soalnya. Seru beneran karena kita bisa lihat2 pemandangan terlebih dahulu sebelum akhirnya piknik rekreasi ke berbagai tempat wisata di Bandung yang selalu menarik dan kece. Sayang nya liburan kali ini aku pas weekend, udah kebayang rame nya kek apa pasti

    Reply

  2. Icha Marina Elliza

    July 15, 2019 at 3:17 pm

    MANTAP kak tips nya. Apalagi bandung ini memang gak ada mati nya ya..
    selalu menarik dan selalu dikangenin. Lovable banget.

    Reply

  3. Tika Samosir

    July 15, 2019 at 7:17 pm

    Kalau ke bandung aku sudah hafal dan khatam jalannya. Soalnya dulu aku kuliah dan kerja disana dan sebagai penghuni kota kembang ini selama 7 tahun. Keseringan sih aku naik mobil travel dan sesekali naik kereta.

    Reply

  4. donasaurus

    July 15, 2019 at 11:33 pm

    tipsnya bermanfaat banget .Bener juga soal jangan ke Bandung di musim liburan macetnya dimana – mana.

    Reply

  5. Dyah Ummu AuRa

    July 16, 2019 at 1:12 am

    Pengen banget ke Bandung. Makanannya enak-enak, tujuan wisatanya banyak, dan ramah anak lagi. Makasih banyak infonya kak, semoga suatu hari bisa berkunjung ke sana atau malah menetap di sana.

    Reply

  6. Dian Restu Agustina

    July 16, 2019 at 6:03 am

    Terakhir ke Bandung pakai kendaraan sendiri, berangkat Jumat enggak musim libur, sesudah Subuh jalannya dari Jakarta Barat…dan 6 jam baru sampai hotel di dekat Ciwalk. Duh!!. Sebelumnya pernah naik KA, tepat waktu enggak kena macet..tapi di sananya memang jadi bingung kendaraannya..ngangkot dan ojol deh jadinya.
    Trims tipsnya..bermanfaat sekali:)

    Reply

  7. Selvijua

    July 16, 2019 at 7:00 am

    Wah info yang sangat menarik nih, aku sedang merencanakan perjalanan liburan, sekedar untuk refreshing aja, segala tips nya oke juga nih buat panduan perjalanan ke Bandung

    Reply

  8. bunda sugi

    July 16, 2019 at 12:21 pm

    Dari dulu pingin banget jalan-jalan ke Bandung, tapi sampai sekarang belum kesampaian, hehe … Apalagi kini banyak destinasi yang seringkali diupload temen2, jadi tambah mupeng dech

    Reply

  9. Erfano

    July 16, 2019 at 3:45 pm

    Saya berkali-kali akan berencana ke Bandung dengan naik kereta. Tapi masih sebatas rencana. Tapi baca tulisan ini jadi harus direalisasikan rencananya he..he… Terima kasih infonya.

    Reply

  10. Ana Ike

    July 17, 2019 at 8:08 am

    Makasih infonyaa, Kak. Bisa banget nih kalau nanti liburan ke Bandung pakai tipsnya. Soalnya belum pernah liburan ke sana. Palingan cuma mampir-mampir doang. Bisa dicoba pakai kereta deh

    Reply

  11. April Hamsa

    July 17, 2019 at 8:46 am

    AKu kalau ke Bandung kyknya lbh sering naik kereta, enak dan nyaman aja sambil menikmati jalan sepanjang rel. Bener banget sarannya jgn pas musim liburan krn pasti rame hehe 😀
    Duh jd pengen ke Bandung lagi. Kalau masalah kendaraan sih di sana aku biasnaya mengandalkan onlen2 hehe

    Reply

  12. pringadi

    July 17, 2019 at 9:03 am

    Jelas, ke Bandung mending naik kereta api. Pesan dari jauh-jauh hari. Paling telat 3 minggu sebelum kalau buat hari Jumat dan Sabtu. Soalnya penuh. Macet di Cikarang itu ampun-ampunan soalnya.

    Reply

  13. Hida

    July 17, 2019 at 9:38 am

    Kalo saya emang paling asyik ke Bandung dengan kereta apalagi kalo berangkatnya pagi Banyak pemandangan yg bagusss yg bisa di nikmati dan yg pasti ga kena macettt hahaha….

    Reply

  14. Ilham Sadli

    July 17, 2019 at 11:33 am

    Note kak, Aku dalam waktu dekat rencana mau liburan ke Bandung, tepatnya di Lembang dan Ciwidey. Sudah pernah ke BAndung tapi masih penasaran sama kedua tempat itu. dan kalau ke Bandung emang asyik pake kereta, bisa sambil menikmati panorama kiri kanan lintasan kereta api

    Reply

  15. Ade UFi

    July 17, 2019 at 1:32 pm

    Wah saya sudh menerapkan tipsnya nih, Mas. Memang jadi terbantu dengan melaksanakan tips ini buat traveling dimanapun, bukan di Bandung saja.

    Reply

  16. Sefa Yulanda

    July 17, 2019 at 3:28 pm

    Bandung emang slalu jadi destinasi liburan yaa selain tempat nya nyaman berwisata di sana juga bikin ngangenin

    Reply

  17. Annisa

    July 17, 2019 at 4:29 pm

    Kalau liburan ke Bandung sekarang enaknya naik kereta aja. Pake mobil pribadi atau naik bus macetnya parah. Dan bener juga mas jangan pas liburan panjang. Tempat wisata penuh dan malah jadi gak nikmatin

    Reply

  18. windhu

    July 20, 2019 at 5:18 am

    Bandung adalah destinasi terdekat dan menyenangkan dari Jakarta. Saya lebih suka naik kereta api sampai Stasiun Bandung. Disana, banyak tempat yang bisa dieksplor, baik bersama teman maupun bersama dengan keluarga.

    Reply

  19. Putri Istiana

    July 20, 2019 at 3:15 pm

    Aku termasuk sering ke Bandung nih. Sering naik kereta jugaa tapi akhir akhir ini sering naik motor🙈

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Ngopi Di Tengah-Tengah Hawa Dingin Kota Hujan

Ada 1 minuman yang tidak bisa lepas dari masyarakat Indonesia, hampir semua masyarakat Ind…