Home Tempat Wisata Wisata Air Terjun Tam’lulua, Janeponto Keindahan Air Surga yang Tersembunyi

Wisata Air Terjun Tam’lulua, Janeponto Keindahan Air Surga yang Tersembunyi

10 min read
0
0
27

Mengunjungi Sulawesi Selatan seakan tidak habis untuk diceritakan mengenai keindahan alamnya. Banyak obyek wisata alam yang mempesona dan masih alami. Walaupun banyak yang belum tergarap secara memadai oleh pemerintah ,namun keindahan alamnya seakan menarik kita untuk mengunjunginya.

Lokasi Wisata Air Terjun Tam’lulua

Wisata Air Terjun Tam’lulua, Janeponto Keindahan Air Surga yang TersembunyiSeperti halnya pesona Wisata Air Terjun Tam’lulua. Air terjun ini terletak di Desa Ramba, yang masuk di dalam Kecamatan Rumbia.Kecamatan ini masuk dalam Wilayah Janeponto,  yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan. Proses pengelolaan air terjun Tama’lulua dimulai sejak 2015 oleh masyarakat setempat. Mereka mengkampanyekan keindahan air terjun ini melalui sosial media dan tv lokal. Lama kelamaan air terjun ini mulai dilirik oleh wisatawan.

Rute Perjalanan Wisata Air Terjun Tam’lulua

Adapun rute untuk menuju kesini bagi kamu yang berangkat dari arah Makassar langsung saja menuju Janeponto. Perjalanan ini tidak membutuhkan waktu lama hanya sekitar 3 jam.

Dari Janeponto masih harus melanjutkan perjalanan ke sebuah desa yang bernama Desa Ramba. Dari sini kita harus menyiapkan fisik dan tenaga.Karena perjalanan akan dilanjutkan dengan jalan kaki selama 1 jam sebelum sampai di air terjun ini.

Kita di haruskan memakai alas kaki yang nyaman,agar perjalanan tidak terasa melelahkan. Jalan yang dilewati berbatuan dan terjal dengan kiri kanan terdapat pohon-pohon yang rimbun.

Baca Juga  Rekomendasi 7 Tempat Wisata Pantai Terindah Di Yogyakarta Yang Dapat Kita Kunjungi Setelah Pandemi Corona

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Tam’lulua

Karena kawasan Wisata Air Terjun Tam’lulua ini masih dikelola oleh masyarakat sekitar, kitapun tidak akan ditarik tiket masuk. Hanya membayar parkir sebesar Rp 2.000 saja. Wisata yang  ekonomis bukan?

Belum banyak wisatawan yang mengenal air terjun ini. Pesona alam yang masih tersembunyi yang dimilikinya sebenarnya patut dijadikan destinasi wisata kita.

Selain disebut dengan air terjun Tama’lulua masyarakat disini juga menyebutnya  dengan Air Terjun Bossolo. Bossolo ini sebenarnya adalah nama bukit di daerah itu dan tak jauh dari Tama’lulua. Jadi secara tidak langsung kita akan menemukan dua destinasi wisata sekaligus.

Spot Menarik di Wisata Air Terjun Tam’lulua

Lokasi Wisata Air Terjun Tam’luluaDari bukit Bossolo kita bisa langsung melihat keindahan Wisata Air Terjun Tam’lulua. Bukit ini terdapat spot menarik untuk berselfi ria. Dengan pagar bertuliskan Bossolo dan dikelilingi pegunungan yang hijau akan semakin membuat objek menarik. Bagi penggemar sunset dari bukit ini juga bisa menikmati keindahan sunset.

Perlu diketahui, di bukit Bossolo sekarang sudah terdapat pagar pembatas yang dibuat demi keamanan kita saat datang kesini, jadi kita dilarang untuk melewati pagar pembatas tersebut karena daerah disekitarnya terdapat jurang yang licin dan terjal.

Sedangkan untuk fasilitas yang ada di air terjun Tama’lulua ini masih sangat minim karena hanya ada beberapa penjual makanan dan minuman yang ada disekitar wisata ini. Serta jalan yang masih harus dibenahi, gasebo, parkiran untuk para pengunjung dan kolam renang.

Baca Juga  Destinasi Objek Wisata di Sumatera Utara

Air terjun Tama’lulua memiliki memiliki beberapa kucuran air terpisah. Kucuran air yang terpisah menjadi 3 bagian.Kemudian menghasilkan angin yang cukup kencang ditambah debit air yang deras. Sehingga air terjun ini terlihat seperti embun yang jatuh dari ketinggian. Debit air yang cukup deras ini jatuh ke kolam yang agak bundar di bawahnya. Di kolam tersebut kita dapat menikmati segarnya air terjun Tama’lulua. Tetapi harus tetap waspada dan hati-hati apabila debit airnya bertambah. Maka kita diharuskan untuk segera meninggalkan area itu, karena berbahaya.

Air terjun yang berlokasi di pegunungan ini mempunyai kemiringan sekitar 45 derajat. Daerah Janeponto sendiri termasuk dalam daerah yang kering dan tandus. Tetapi dengan kehadiran air terjun ini, kesan tersebut seolah hilang begitu saja. Kita akan melihat keindahan jatuhnya air dari atas di air terjun tama’lulua.

Jangan lupa apabila menuju kesini, bawalah perbekalan yang cukup.Serta perlengkapan yang memadai karena jalan yang akan dilewari terjal dan licin. Tak lupa juga menyiapkan fisik dan stamina yang kuat agar perjalanan tidak terasa melelalhkan.

Please follow and like us:
error
Load More By khadafi
Load More In Tempat Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Pengalaman Mencari Kost Terjangkau Yang Asyik dan Mudah

Untuk kalian para pekerja yang tinggal di kota besar dan jauh dari rumah, mencari kost mem…