Home Tempat Wisata Wisata di atas Ketinggian Helena Sky Bridge Bantimurung, Maros

Wisata di atas Ketinggian Helena Sky Bridge Bantimurung, Maros

by khadafi

Adakah tempat untuk belajar mengenal keanekaragaman kupu-kupu sambil memacu adenalin?  Kawasan itu ada di Sulawesi Selatan. Daerah Makassar tidak hanya terkenal dengan coto Makasarnya, tetapi disini juga terletak penangkaran kupu-kupu terbesar.

Tentang Helena Sky Bride

Sambil belajar kupu-kupu dari ketinggian dengan menggunakan Helena Sky Bride. Yaitu jembatan gantung diatas penangkaran Kupu-kupu dengan ketinggian mencapai 100 meter. Jembatan ini diresmikan pada tahun 2017 dan melengkapi  keindahan di Taman Nasional Bantimurung .

Akses untuk menuju ke lokasi ini tergolong sangat mudah. Ketika kamu menemui patung monyet di Bantimurung, maka kamu harus membelokkan kendaraan kekiri ke arah penangkaran kupu-kupu.

Penangkaran Kupu-Kupu

penangkaran kupu kupu Wisata di atas Ketinggian Helena Sky Bridge Bantimurung, MarosPenangkaran kupu-kupu yang ada di taman nasional ini merupakan kerajaan kupu-kupu terbesar. Ada sekitar 247 spesies kupu-kupu yang ada disini. Termasuk kupu-kupu yang cukup besar dan sering disebut dengan kupu-kupu raja (Troides Helena) ,nama ini diambil untuk jembatan ini. Dinamakan kupu-kupu raja karena mempunyai sayap yang cukup lebar dan panjang. Berkisar antara 13-17 cm. Kupu-kupu raja besarnya berbeda antara yang betina dan jantan. Untuk kupu-kupu jantan biasanya bentuknya lebih besae daripada yang jantan. Walaupun kupu-kupu raja sering banayk dijumpai di beberapa daerah tetapi spesies ini tergolong sangat langka. Di Indonesia sendiri, kupu-kupu jenis ini dilindungi keberadaanya oleh pemerintah. Di pasar gelap, kupu-kupu ini dijual dengan harga jutaan. Karena unik dan langka. Karena langka dan mahal itulah mengapa di Indonesia sendiri perdagangan kupu-kupu diawasi ketat.

Baca Juga  Destinasi Tempat Wisata Hidden Paradise di Gresik Jawa Timur

Spot Helena Sky Bride 

Helena Sky Bride adalah jembatan yang menggantung diantara dinding batu karst yang menggantung. Jembatan ini memiliki panjang 50 meter sedangkan tingginya memiliki ketinggian 100 meter. Jembatan ini melintas diatas penangkaran kupu-kupu yang sangat luas yaitu sekitar 7000 meter.

Awal mula dibangun jembatan ini adalah untuk memberi makan kupu-kupu dan membersihkan dome kupu-kupu. Ini dilakukan karena dome tersebut sangat luas dan tinggi. Tetapi seiring berjalannya waktu jembatan tersebut diperuntukkan untuk umum. Banyak wisatawan yang datang, setelah Helena Sky Bridge resmi dibuka.

Harga Tiket Masuk Helena Sky Bride

Tiket untuk masuk ke kawasan ini cukup murah yaitu sekitar Rp 20.000 rupiah pada hari biasa, sedangkan pada hari libur kamu diharuskan membayar tiket Rp 22.500. Kamu dapat menikmati pemandangan setiap hari diatas jembatan ini karena Helena Sky Bridge dibuka setiap hari mulait pukul 08.00 sampai pukul 17.00.

Kamu harus rela antri untuk menaiki jembatan ini. Disamping pengunjungnya yang selalu banyak,  juga kapasitas jembatan yang hanya muat untuk lima orang. Tentunya sangat berbahaya jika dinaiki lebih dari kapasitas. Antrian yang sedikit lama dan melelahkan ketika akan menaiki jembatan ini akan hilang begitu saja ketika kita sudah diatas. Walapun hanya diberikan waktu sekitar 10 menit kesempatan itu sangat berharga.

Perasaan saat naik Helena Sky Bridge mungkin berbeda bagi sebagian orang. Mereka yang baru pertama kali pasti akan kelihatan takut dan nervous. Tetapi jangan khawatir karena pihak pengelola memberikan pengamanan yang cukup saat kita menaiki jembatan tersebut. Pengunjung akan diberikan pengaman diantaranya helm, dan webbing.

Baca Juga  Pantai Nambung Lombok Miliki Air Terjun di Bibir Pantai Laut

Indahnya tebing karst seakan melengkapi panorama di kawasan tersebut. Kita juga bisa berswafoto dengan pemandangan tebing dan taman kupu-kupu yang indah.

Keberadaan Bantimurang sangat berpengaruh bagi keberlangsungan hidup kupu-kupu. Keindahan yang dimiliki jembatan ini tidak akan lengkap tanpa keanekaragaman jenis kupu-kupunya. Itulah mengapa kita harus selalu menjaga keberagaman Kupu-kupu tersebut.

Please follow and like us:
error

You may also like

Leave a Comment