Home Tempat Wisata Wisata Edukatif di Kebun Wisata Pasir Mukti

Wisata Edukatif di Kebun Wisata Pasir Mukti

9 min read
0
0
2
Wisata Edukatif di Kebun Wisata Pasir Mukti

Menghabiskan waktu liburan tidak harus mengunjungi tempat hiburan yang membutuhkan budget besar, anda juga bisa mengajak anak-anak anda untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata edukatif sebagai ajang untuk memperkenalkan mereka kepada keindahan alam di sekitar mereka, contohnya saja kebun binatang atau taman bunga, atau destinasi wisata alam lain yang mengharuskan mereka tidak sentuhan dengan teknologi kekinian yang biasa mereka gunakan sehari-hari. Bagi anda warga ibukota, ada salah satu destinasi wisata menarik serta edukatif yang bisa anda manfaatkan sebagai sarana untuk mengajarkan dan mendekatkan anak-anak anda kepada alam, destinasi wisata ini dapat ditempuh dengan melakukan perjalanan selama 1 jam dari ibukota Jakarta.

Inilah dia Kebun Wisata Pasir Mukti yang berada di kawasan Citeureup Kabupaten Bogor.

Wisata Edukatif jembatan gantung di Kebun Wisata Pasir Mukti Sangat mudah untuk menemukan Kebun Wisata Pasir Mukti, jika anda berasal dari Jakarta, anda cukup melewati Tol Jagorawi, lalu ambil pintu keluar menuju tol Citeureup, ketika sampai di sebuah pasar maka arahkan kendaraan anda kiri lalu perhatikan beberapa penunjuk arah yang akan mengarahkan anda ke Kebun Wisata Pasir Mukti. Setelah berada di Jalan Raya Tajur, anda masih harus menempuh perjalanan sejauh 4 KM agar dapat sampai di destinasi wisata Bogor yang terkenal dengan nama Kebun Wisata Pasir Mukti ini, namun sebelum memutuskan untuk berlibur mengajak anak anda ke Kebun Wisata Pasir Mukti, anda harus mempersiapkan kendaraan anda dalam kondisi prima, karena jalan menuju Kebun Wisata Pasir Mukti belum tersentuh tangan pemerintah sehingga akan membuat perjalanan anda sedikit menantang. Tetapi ketika telah memasuki gerbang Kebun Wisata Pasir Mukti anda akan langsung disuguhkan dengan hamparan lahan agrowisata yang cukup luas.

awalnya, Kebun Wisata Pasir Mukti ini hanya merupakan sebuah kebun yang diprakarsai oleh seorang jebolan fakultas pertanian UGM, ia hanya menanam anggrek di lahan seluas 3500 M2, namun seiring perkembangan zaman kebun tersebut semakin luas dengan membeli beberapa areal pertanian yang ada di sekitar kebun pertama, sehingga pada tahun 2001 lalu kebun ini mulai dibuka untuk dikunjungi oleh masyarakat sekitar. Kemudian pada tahun 2003 kemarin, Kebun Wisata Pasir Mukti mulai dikelola secara profesional di bawah naungan sebuah perusahaan yang bernama Pasir Mukti. Tidak hanya sebagai tempat wisata yang menawarkan keindahan alam kepada para pengunjungnya, destinasi wisata Bogor ini juga memberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan pertanian dan rekreasi agrowisata, dengan mengikuti pelatihan pertanian di kebun wisata Pasirmukti ini, diharapkan anda juga bisa mengembangkan dan memperindah kebun yang ada di pekarangan rumah sendiri.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di kawasan agrowisata Bogor tersebut, diantaranya adalah pembibitan anggrek, mengelilingi kebun buah, kebun sayur yang ditanam secara hidroponik, ada juga kolam ikan, dan berbagai perternakan lainnya yang dikelola secara profesional. Ketika melakukan tour mengelilingi kawasan agrowisata kebun Pasir Mukti ini, pengunjung akan dibekali pengetahuan mengenai bagaimana cara bertanam secara hidroponik, yaitu sebuah metode tanam terbaru yang bisa memanfaatkan lahan sempit dan tidak memerlukan tanah seperti media tanam pada umumnya.

Sedangkan untuk kamu yang hobi berswafoto, Kebun Wisata Pasir Mukti dapat kamu jadikan sebagai latar foto kamu dan membagikannya ke media sosial, apalagi ketika berada di sport penuh dengan bunga anggrek, tapi jangan lupa untuk menambahkan hastag #Kebun Wisata Pasir Mukti, agar makin banyak pengunjung yang tertarik untuk menghabiskan liburan bersama keluarga di kawasan agrowisata ini, serta pemerintah juga mulai melirik dan memperbaiki akses menuju destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bogor tersebut.

Baca Juga  17 Tempat Wisata Di Sukabumi Yang Keren Dikunjungi

Wisata Pasir Mukti kolam lumpurCobalah temukan waktu terbaik untuk mengunjungi kawasan agrowisata Kebun Wisata Pasir Mukti, karena di beberapa kesempatan ternyata panitia dan pengelola Kebun Wisata Pasir Mukti mengadakan demo cara menanam anggrek dan tabulampot gratis, biasanya kegiatan ini diselenggarakan pada hari Sabtu dan Minggu atau pada saat libur nasional.

Dengan mengikuti kegiatan yang dirancang oleh para pengelola Kebun Wisata Pasir Mukti, diharapkan banyak pengunjung yang tertarik untuk semakin menghijaukan lahan yang ada di sekitar mereka, sehingga dapat mengurangi polusi yang selama ini menjadi masalah utama masyarakat ibukota.

Tidak hanya menyuguhkan bagaimana cara menanam tanaman atau mengenal berbagai macam jenis tanaman yang ada di Kebun Wisata Pasir Mukti, ternyata destinasi wisata ini juga menyediakan penginapan, ruang pertemuan,, lapangan, restoran, arena permainan, toko oleh-oleh, hingga area parkir yang luas. Dengan berbagai macam fasilitas ini dapat dikatakan bahwa Kebun Wisata Pasir Mukti adalah objek wisata yang sangat ramah terhadap anak-anak, sehingga anak-anak bisa bermain sambil belajar mengenal berbagai macam jenis tanaman dan bagaimana cara menanam tanaman tersebut ketika mereka telah kembali pulang nanti.

Itulah sekilas mengenai Kebun Wisata Pasir Mukti yang ada di Kabupaten Bogor, tidak ada salahnya anda merancang liburan akhir pekan anda dengan mengajak keluarga mengunjungi Kebun Wisata Pasir Mukti ini.

Please follow and like us:
error
Load More By khadafi
Load More In Tempat Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Belajar Membuat kopi di Kampung Kopi Banaran

Kopi memang tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat Indonesia, minuman ini menemani ham…