Home Tempat Wisata Wisata Kebun Teh Kaligua Brebes, Liburan Asyik Bareng Keluarga

Wisata Kebun Teh Kaligua Brebes, Liburan Asyik Bareng Keluarga

11 min read
0
0
159
Wisata Kebun Teh Kaligua Brebes

Wisata Brebes – Apa yang Anda ketahui soal Brebes? Telur asinnya? Komoditas bawang merahnya? Sebenarnya, banyak hal yang bisa Anda eksplor dari kota ini. Salah satunya, tempat wisatanya yang sudah terkenal yakni wisata alam kebun teh Kaligua. Kebun teh ini wajib Anda kunjungi jika Anda sedang liburan ke Brebes.

Kebun teh Kaligua ini adalah sebuah agrowisata yang populer karena keindahan alamnya yang memukau. Kebun ini cocok bagi Anda yang menyukai wisata alam dengan pemandangan asri, hijau alami, dan bebas dari polusi.

Anda juga dapat mencicipi teh Kaligua yang lezat dan membelinya sebagai oleh-oleh. Selain itu, banyak spot wisata lain yang bisa Anda kunjungi seperti Goa Jepang, Tuk Bening, dan lain sebagainya. Apakah Anda penasaran? Berikut informasi lengkap wisata alam kebun teh Kaligua untuk Anda.

Sejarah Perkebunan Teh Kaligua

sejarah perkebunan teh kaliguaPerkebunan teh di Kaligua ini adalah salah satu peninggalan pada masa kolonial Belanda. Dulunya, pemilik kebun teh ini bernama Van De Jong dan nama perusahannya adalah John Fan & Pletnu.

Pembangunan pabrik ini dilakukan oleh para pribumi. Dulu, pada saat pembangunan para pekerja dipaksa oleh para penjajah untuk membawa ketel uap dari Paguyangan sampai Kaligua dengan berjalan kaki. Perjalanan tersebut menempuh jarak 17 km selama 20 hari.

Lokasi Kebun Teh Kaligua

Kebun teh Kaligua merupakan sebuah objek wisata alam yang dulunya merupakan perkebunan teh bekas penjajahan Belanda dan dirintis sejak tahun 1889. Kebun teh ini berlokasi di kaki Gunung Slamet, tepatnya di Desa Pandansari, Paguyangan, Kabupaten Brebes.

Kebun teh ini berada pada ketinggan 1.200-2.000 meter di atas permukaan laut, dan memiliki suhu terendah hingga 5-20 derajat celcius. Jadi, tidak heran jika setiap sore perkebunen teh ini sering diselimuti oleh kabut tebal. Jangan lupa membawa pakaian tebal atau jaket saat berwisata di kebun teh Kaligua ini.

Baca Juga  Pasar Beringharjo Jogja, Nuansa Tradisonal Dan Berburu Batik

Perkebunan teh ini dapat Anda capai dalam waktu 30 menit dari Kota Bumiayu jika menggunakan angkutan umum. Agrowisata ini berlokasi sekitar 10 km dari kota kecamatan Paguyangan.

Rute Perjalanan ke Kebun Teh Kaligua

Jika Anda datang dari arah Purwokerto, Anda bisa menggunakan rute Ajibarang. Lalu, pada pertigaan Kretek sebelum Kota Bumiayu, Anda belok kanan jalan beraspal dan menanjak. Dari Kota Bumiayu, kebun ini bisa ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit menggunakan kendaraan pribadi,

Jalur yang akan Anda lewati terbilang memiliki medan yang sulit karena banyaknya tanjakan dan juga kondisi jalan yang berbatu. Walaupun begitu, sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan alam yang cantik dari atas bukit didukung dengan suhu udara yang sejuk.

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Kaligua

Kebun Teh Kaligua memiliki berbagai fasilitas yang bisa Anda nikmati dengan harga tiket masuk yang berbeda-beda. Harga tiket masuk masing-masing objek wisata terbilang murah dan terjangkau. Jadi, agrowisata ini cocok bagi Anda yang tidak ingin menghabiskan terlalu banyak uang untuk liburan. Berikut rincian tarifnya:

Tarif tiket masuk ke kebun teh : Rp8.000/orang.

Tarif tiket masuk ke Goa Jepang : Rp3.000/orang.

Tarif tiket masuk ke Tuk Bening : Rp3.000/orang.

Tarif tiket masuk camping rombongan : Rp8.000/orang.

Fasilitas di Kebun Teh Kaligua

Pihak pengelola agrowisata ini menyediakan berbagai fasilitas yang bisa Anda nikmati selama berada di wisata alam kebun teh Kaligua ini. Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain tea walk, pembibitan teh, panen teh, bilyard, Goa Jepang, Tuk Bening, Puncak Sakrub, parkir, mushola, aula, toilet, kolam mini untuk anak-anak, telaga renjeng,  dan masih banyak lagi.

Penginapan di Kebun Teh Kaligua

Baca Juga  Tempat Wisata Alam di Ngawi Jawa Timur

Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas penginapan yang tersedia di agrowisata ini. Tarif sewa penginapannya pun bervariasi, mulai dari Rp50.000 sampai Rp500.000. Pastikan Anda mendapatkan penginapan yang sesuai dengan bujet Anda.

Paket Wisata di Kebun Teh Kaligua

Agrowisata Kaligua memiliki paket wisata yang menarik bagi wisatawan, contohnya Telaga Ranjeng (telaga yang ditinggali jutaan lele langka yang jinak) dan berada di hutan lindung Cagar Alam Nasional. Selain itu, agrowisata ini juga memiliki beberapa paket, antara lain:

  1. Paket wisata edukasi atau ilmiah. Wisata alam Kaligua menyediakan paket wisata yang menyajikan bagaimana seluk beluk pengelolaan teh dari bahan dasar hingga bahan jadi. Paket wisata ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan mengenai proses pengolahan teh.

Jadi, Anda bisa mengunjungi pabrik teh untuk melihat proses produksi secara langsung. Banyak varian teh yang dihasilkan oleh pabrik teh Kaligua seperti teh hijau dan teh hitam. Teh hitam sendiri sudah diekspor sampai ke Eropa.

  1. Paket wisata rekreasi keluarga. Anda dapat mengajak seluruh anggota keluarga Anda untuk berwisata di agrowisata ini. Terdapat kolam renang air hangat untuk anak-anak di taman bermain anak.
  2. Paket wisata petualangan. Untuk Anda yang menyukai permainan yang memacu adrenalin seperti outbond, dapat mencoba paket wisata ini. Anda bisa melakukan permainan outbond atau pos awal pendakian Gunung Slamet. Anda juga bisa menikmati permainan flying fox yang tersedia di wisata alam kebun teh Kaliguaini.

Nah, itulah informasi mengenai wisata alam kebun teh Kaligua, liburan asyik bareng keluarga saat di Brebes. Anda bisa menikmati pemandangan yang memukau dan memanjakan mata, serta berbagai fasilitas lainnya di wisata alam ini. Yuk packing guys!

Load More By khadafi
Load More In Tempat Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

5 Tempat Wisata Kuliner Paling Enak di Jember

Jember adalah sebuah kabupaten yang lokasinya masih berada di Propinsi Jawa Timur, kabupat…