Home Tempat Wisata Objek Wisata Lemo dan Londa,  Makale Tana Toraja

Objek Wisata Lemo dan Londa,  Makale Tana Toraja

9 min read
0
0
61
Objek Wisata Lemo dan Londa,  Makale Tana Toraja

Tana Toraja merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Sulawesi Selatan,  selain Makassar tentunya. Toraja juga terkenal dengan unsur budayanya yang sangat melegenda.

Kebudayaan yang masih berlangsung di Toraja adalah tradisi untuk mengawetkan mayat seperti mumi. Kebiasaan ini sudah turun temurun dan sudah berjalan ratusan tahun. Wisata Lemo dan Londa adalah 2 lokasi yang dijadikan untuk tempat untuk menyimpan mayat sekaligus sebagai destinasi wisata pemakaman di Toraja.

Lemo

Objek Wisata Lemo dan LondaLemo terletak di sebuah kabupaten yang berada di Sulawesi Selatan, yaitu Kabupaten Tana Toraja. Di Desa Lemo terletak sebuah kubur batu yang sangat mengagumkan. Hanya orang-orang tertentu yang bisa di makamkan disini, selain itu jenasah tersebut telah memenuhi syarat untuk dimakamkan disitu. Pada dinding batu itu terdapat lubang untuk meletakkan patung yang merupakan representasi dari orang yang sudah meninggal yang dinamakan dengan Tau-Tau.  Tau-Tau diletakkan berjejer rapi. Untuk mengganti pakaian yang dikenakan Tau-Tau ada upacara khusus yang dilakukan. Upacara ini dinamakan Manene.Manene sendiri artinya menghormat kepada orang tua.

Kata Lemo mempunyai arti sebagai jeruk. Yaitu lubang tertua yang terdapat pada dinding batu. Kabarnya ditempat tersebut adalah makam tetua adat bernama Songgi Patalo.

Akses untuk menuju Lemo Tana Toraja tidaklah sulit, karena sangat dekat dengan Makale ibukota Tana Toraja.

Untuk masuk ke Lemo,kita hanya membayar tiket Rp 10.000.

Baca Juga  Pertama Kali Naik Kereta Api ke Bandung? Ini Persiapan yang Harus Kamu Lakukan!

Londa

Pemakaman selanjutnya adalah Londa yang berada di Desa Sendan Uai, Kecamatan Sanggalangi, Sulawesi Selatan. Lokasi yanng menjadi destinasi wisata pemakaman ini letaknya lumayan jauh sekitar 7 km yang berada di sebelah selatan Makale, masuk dalam wilayah ibu kota Kabupaten Tana Toraja. Sedangkan Goa Londa terletak diantara dua perbatasan.Yaitu perbatasan antara Makale dan Rantepao. Untuk sampai ke lokasi,butuh waktu sekitar 6 jam perjalanan darat dari Makassar.

Nama Londa sendiri sangat terkenal bagi kalangan wisatawan. Disini terdapat ratusan  tengkorak dan ribuan tulang belulang yang sudah berumur ratusan tahun. Dan wisatawan bisa melihatnya secara langsung peti-peti mati yang masih baru. Anehnya disini tidak mencium bau busuk. Udaranya masih tetap terasa sejuk dan tidak berbau apapun.

Pemakaman di Londa ditempatkan di sisi batu karang yang terjal. Orang yang sudah meninggal dikelompokkan berdasarkan garis keturunannya. Sementara disisi lainnya ada puluhan tau-tau yang berjejer. Sebenarnya dua goa ini saling berhubungan. Ada jalan yang menghubungkan kedua goa ini. Tetapi jalan tersebut hanya bisa dilewati dengan cara setengah membungkuk karena cukup sempit.

Goa yang mempunyai panjang sekitar 1000 meter ini mempunyai kisah yang unik. Konon jaman dahulu ada sepasang kekasih yang menjalin asmara. Tetapi  kisah percintaan mereka tidak mendapat restu dari orang tua karena mereka berdua masih memiliki hubungan keluarga dekat. Akhirnya merekapun bunuh diri. Dan tulang belulang mereka diletakkan berdekatan satu sama lain. Tempat ini selalu dijadikan sebagai objek foto yang menarik bagi wisatawan.

Baca Juga  Mengunjungi Garuda Wisnu Kencana, Patung Tertinggi Dan Filosofi Burung Garuda

Keluar dari dalam goa Londa pengunjung bisa melanjutkan perjalanan untuk sampai di sebuah puri di tengah bukit. Dari atas puri kita dapat melihat kubur batu yang terletak di perbukitan. Kubur batu itu dibangun untuk meletakkan jenasah karena di Goa Londa sudah penuh.

Mengunjungi Wisata Lemo dan Londa adalah sesuatu pengalaman yang tidak bisa terlupakan. Selain menikmati udara segar dipegunungan kita juga bisa tahu lebih dalam mengenai tradisi di wilayah tersebut. Semakin cinta kita akan kebudayaan yang beraneka ragam yang ada di Indonesia.

 

Please follow and like us:
error
Load More By khadafi
Load More In Tempat Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

5 Destinasi Wisata yang paling populer keluarga Tangerang

Tangerang adalah salah satu kabupaten di Provinsi Banten, pemerintah kabupaten di pusat ko…