10 Rekomendasi Tempat Makan Dekat Kota Tua Jakarta

Anda sedang berencana mengunjungi Kota Tua Jakarta, salah satu destinasi wisata sejarah dan budaya yang populer di ibu kota? Jika ya, maka Anda tidak boleh

khadafi

 * 

 

Kedai Seni Djakarte kota tua

Sharing is caring!

Anda sedang berencana mengunjungi Kota Tua Jakarta, salah satu destinasi wisata sejarah dan budaya yang populer di ibu kota? Jika ya, maka Anda tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mencicipi berbagai tempat makan dekat Kota Tua Jakarta yang menawarkan sajian kuliner yang lezat, unik, dan bersejarah. Kota Tua Jakarta merupakan kawasan yang memiliki banyak bangunan peninggalan masa kolonial Belanda, yang kini menjadi museum, galeri, atau tempat hiburan. Di sekitar kawasan ini, Anda bisa menemukan banyak tempat makan yang memiliki suasana khas, mulai dari yang klasik, modern, hingga etnik. Berikut adalah 10 rekomendasi tempat makan dekat Kota Tua Jakarta yang wajib Anda coba.

Mengapa Memilih Tempat Makan Dekat Kota Tua Jakarta?

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus memilih tempat makan dekat Kota Tua Jakarta sebagai destinasi kuliner Anda. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Keunikan dan Keistimewaan Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta merupakan salah satu kawasan yang memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi di Jakarta. Di sini, Anda bisa melihat dan merasakan bagaimana suasana Jakarta tempo dulu, dengan bangunan-bangunan berarsitektur kolonial, jalan-jalan beraspal, dan taman-taman yang asri. Anda juga bisa mengunjungi berbagai museum yang menyimpan koleksi-koleksi berharga, seperti Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, Museum Sejarah Jakarta, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai atraksi dan hiburan yang disajikan oleh para seniman jalanan, seperti musik, tari, pantomim, sulap, dan lain-lain. Kota Tua Jakarta juga memiliki banyak spot foto yang instagramable, seperti Jembatan Kota Intan, Stasiun Jakarta Kota, Patung Pemuda Membangun, dan lain-lain.

Keuntungan dan Kemudahan Akses ke Tempat Makan Dekat Kota Tua Jakarta

Salah satu keuntungan memilih tempat makan dekat Kota Tua Jakarta adalah Anda tidak perlu repot-repot mencari transportasi untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Anda bisa berjalan kaki, naik sepeda, atau naik bus Transjakarta untuk mengelilingi kawasan ini. Selain itu, Anda juga bisa menghemat waktu dan biaya, karena Anda tidak perlu terjebak macet atau membayar parkir. Anda juga bisa lebih leluasa menikmati suasana Kota Tua Jakarta tanpa terburu-buru. Selain itu, Anda juga bisa lebih mudah menemukan tempat makan yang sesuai dengan selera dan budget Anda, karena ada banyak pilihan yang tersedia, mulai dari yang murah, sedang, hingga mahal.

10 Tempat Makan Dekat Kota Tua Jakarta yang Wajib Dicoba

Berikut adalah 10 tempat makan dekat Kota Tua Jakarta yang wajib Anda coba, beserta deskripsi, menu andalan, alamat, jam buka, dan range harga masing-masing.

1. Batavia Cafe

Batavia CafeBatavia Cafe adalah salah satu tempat makan dekat Kota Tua Jakarta yang paling terkenal dan legendaris. Tempat ini berlokasi di sebuah bangunan bersejarah yang bernama De Oude Stadsherberg, yang dibangun pada tahun 1805. Di sini, Anda bisa merasakan suasana klasik dan elegan, dengan interior yang didominasi oleh kayu, kaca, dan perabotan antik. Di lantai bawah, Anda bisa menikmati sajian kuliner Indonesia, Asia, dan Eropa, sambil mendengarkan live music. Di lantai atas, Anda bisa menikmati pemandangan Kota Tua Jakarta dari balkon, sambil menyesap minuman favorit Anda. Batavia Cafe juga memiliki koleksi foto-foto tokoh-tokoh dunia yang pernah berkunjung ke sini, seperti Bill Clinton, Mick Jagger, dan David Beckham.

Menu Andalan

Beberapa menu andalan yang bisa Anda cicipi di Batavia Cafe adalah:

  • Nasi Goreng Batavia: nasi goreng dengan ayam, udang, telur, dan acar, disajikan dengan kerupuk dan sambal.
  • Sop Buntut: sup buntut sapi dengan wortel, kentang, tomat, dan bawang bombay, disajikan dengan nasi putih, acar, dan sambal.
  • Rijsttafel: hidangan khas Belanda yang terdiri dari nasi putih dan berbagai lauk-pauk, seperti rendang, sate, telur balado, sayur lodeh, dan lain-lain.
  • Steak Au Poivre: steak sapi dengan saus lada hitam, disajikan dengan kentang goreng dan sayuran.
  • Apple Pie: pai apel dengan es krim vanilla, disajikan dengan whipped cream dan sirup karamel.
Baca Juga  10 Tempat Makan Enak di Dekat Stasiun Bekasi yang Wajib Kamu Coba

Alamat, Jam Buka, dan Range Harga

Alamat: Jl. Lada No.14, RT.7/RW.7, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110

Jam Buka: Senin-Minggu, 08.00-24.00

Range Harga: Rp 100.000 – Rp 300.000 per orang

2. Historia Food & Bar

Historia Food & Bar kota tuamenawarkan suasana modern dan cozy, dengan sajian kuliner Indonesia, Asia, dan Eropa. Tempat ini berlokasi di sebuah bangunan bersejarah yang bernama Gedung Cipta Niaga, yang dibangun pada tahun 1920. Di sini, Anda bisa merasakan suasana yang hangat dan nyaman, sambil menikmati pemandangan Kota Tua yang indah dari jendela-jendelanya. Historia Food & Bar juga memiliki bar yang menyediakan berbagai minuman, baik alkohol maupun non-alkohol, yang bisa Anda nikmati bersama teman-teman atau keluarga. Tempat ini juga sering mengadakan berbagai acara dan pertunjukan musik, baik live maupun DJ, yang bisa menghibur Anda sepanjang malam.

Beberapa menu andalan yang bisa Anda cicipi di Historia Food & Bar adalah:

  • Nasi Goreng Historia: nasi goreng dengan daging sapi, ayam, udang, dan telur, disajikan dengan kerupuk, acar, dan sambal.
  • Ayam Bakar Madu: ayam bakar dengan bumbu madu, disajikan dengan nasi putih, lalapan, dan sambal.
  • Spaghetti Carbonara: spaghetti dengan saus krim, keju, dan daging asap, disajikan dengan roti garlic.
  • Chicken Cordon Bleu: dada ayam yang diisi dengan keju dan daging asap, digoreng tepung, disajikan dengan kentang tumbuk dan sayuran.
  • Chocolate Lava Cake: kue cokelat yang meleleh di dalamnya, disajikan dengan es krim vanilla dan buah-buahan.

Alamat: Jl. Pintu Besar Utara No.14, RT.3/RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110

Jam Buka: Senin-Minggu, 10.00-22.00

Range Harga: Rp 50.000 – Rp 150.000 per orang

3. Kedai Seni Djakarte

Kedai Seni Djakarte kota tuaKedai Seni Djakarte adalah tempat makan dekat Kota Tua Jakarta yang menawarkan konsep etnik dan artsy, dengan desain interior yang penuh dengan ornamen dan karya seni. Tempat ini berlokasi di sebuah rumah tua yang berusia lebih dari 100 tahun, yang dulunya merupakan rumah seorang seniman. Di sini, Anda bisa merasakan suasana yang hangat dan nyaman, sambil menikmati sajian kuliner Indonesia yang autentik dan lezat. Kedai Seni Djakarte juga sering mengadakan berbagai acara dan pertunjukan seni, seperti musik, tari, teater, dan lain-lain.

Menu Andalan

Beberapa menu andalan yang bisa Anda cicipi di Kedai Seni Djakarte adalah:

  • Nasi Campur Djakarte: nasi putih dengan ayam goreng, tempe orek, sambal goreng ati, telur dadar, dan sayur asem, disajikan dengan kerupuk dan sambal.
  • Soto Mie Bogor: soto mie dengan kuah kaldu sapi, daging sapi, perkedel, tomat, bawang goreng, dan seledri, disajikan dengan acar dan sambal.
  • Nasi Uduk Betawi: nasi uduk dengan ayam goreng, semur jengkol, sambal goreng kentang, telur balado, dan emping, disajikan dengan sambal.
  • Gudeg Jogja: gudeg dengan nangka muda, ayam, telur, tahu, tempe, dan krecek, disajikan dengan nasi putih, sambal, dan gudeg.
  • Es Campur Djakarte: es campur dengan aneka buah, jelly, kolang kaling, tape, dan santan, disajikan dengan sirup merah.

Alamat, Jam Buka, dan Range Harga

Alamat: Jl. Kunir No.7, RT.1/RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110

Jam Buka: Senin-Minggu, 10.00-22.00

Range Harga: Rp 25.000 – Rp 75.000 per orang

4. Cafe Batavia 1920

Cafe Batavia 1920 adalah tempat makan dekat Kota Tua Jakarta yang menawarkan konsep vintage dan nostalgia, dengan desain interior yang mengusung gaya Art Deco. Tempat ini berlokasi di sebuah bangunan bersejarah yang bernama Gedung Cipta Niaga, yang dibangun pada tahun 1920. Di sini, Anda bisa merasakan suasana yang mewah dan elegan, sambil menikmati sajian kuliner Indonesia, Asia, dan Eropa, yang disajikan dengan porsi yang besar dan rasa yang nikmat. Cafe Batavia 1920 juga memiliki koleksi foto-foto lama yang menggambarkan kehidupan Jakarta tempo dulu, yang bisa Anda lihat di dinding-dindingnya.

Menu Andalan

Beberapa menu andalan yang bisa Anda cicipi di Cafe Batavia 1920 adalah:

  • Nasi Goreng Batavia 1920: nasi goreng dengan daging sapi, ayam, udang, dan telur, disajikan dengan kerupuk, acar, dan sambal.
  • Sop Buntut Batavia 1920: sup buntut sapi dengan wortel, kentang, tomat, dan bawang bombay, disajikan dengan nasi putih, acar, dan sambal.
  • Rijsttafel Batavia 1920: hidangan khas Belanda yang terdiri dari nasi putih dan berbagai lauk-pauk, seperti rendang, sate, telur balado, sayur lodeh, dan lain-lain.
  • Steak Batavia 1920: steak sapi dengan saus mushroom, disajikan dengan kentang goreng dan sayuran.
  • Apple Pie Batavia 1920: pai apel dengan es krim vanilla, disajikan dengan whipped cream dan sirup karamel.
Baca Juga  10 Bubur Ayam Enak di Jakarta Selatan yang Harus Dicoba

Alamat, Jam Buka, dan Range Harga

Alamat: Jl. Pintu Besar Utara No.14A, RT.3/RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110

Jam Buka: Senin-Minggu, 08.00-24.00

Range Harga: Rp 100.000 – Rp 300.000 per orang

5. Bakoel Koffie

Bakoel KoffieBakoel Koffie adalah tempat makan dekat Kota Tua Jakarta yang menawarkan konsep sederhana dan homey, dengan desain interior yang didominasi oleh warna cokelat dan hijau. Tempat ini berlokasi di sebuah rumah tua yang berusia lebih dari 100 tahun, yang dulunya merupakan kedai kopi pertama di Jakarta. Di sini, Anda bisa merasakan suasana yang hangat dan nyaman, sambil menikmati sajian kuliner Indonesia yang sederhana dan lezat. Bakoel Koffie juga terkenal dengan kopi-kopinya yang berkualitas dan bermacam-macam, mulai dari kopi tubruk, kopi susu, kopi luwak, hingga kopi espresso.

Menu Andalan

Beberapa menu andalan yang bisa Anda cicipi di Bakoel Koffie adalah:

  • Nasi Uduk Bakoel: nasi uduk dengan ayam goreng, tempe orek, sambal goreng kentang, telur balado, dan emping, disajikan dengan sambal.
  • Soto Ayam Bakoel: soto ayam dengan kuah kuning, daging ayam, kentang, tomat, bawang goreng, dan seledri, disajikan dengan nasi putih, acar, dan sambal.
  • Nasi Goreng Bakoel: nasi goreng dengan daging sapi, ayam, udang, dan telur, disajikan dengan kerupuk, acar, dan sambal.
  • Roti Bakar Bakoel: roti bakar dengan selai kacang, cokelat, keju, atau selai buah, disajikan dengan mentega dan susu kental manis.
  • Kopi Bakoel: kopi pilihan yang diseduh dengan cara tradisional, disajikan dengan gula aren dan kue-kue kering.

Alamat, Jam Buka, dan Range Harga

Alamat: Jl. Cikini Raya No.25, RT.1/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330

Jam Buka: Senin-Minggu, 07.00-22.00

Range Harga: Rp 25.000 – Rp 75.000 per orang

6. Kopi Es Tak Kie

Kopi Es Tak Kie kota tuaKopi Es Tak Kie adalah tempat makan dekat Kota Tua Jakarta yang menawarkan konsep klasik dan legendaris, dengan desain interior yang sederhana dan minimalis. Tempat ini berlokasi di sebuah gang kecil di kawasan Glodok, yang merupakan pusat pecinan di Jakarta. Di sini, Anda bisa merasakan suasana yang autentik dan tradisional, sambil menikmati sajian kopi es yang sudah ada sejak tahun 1927. Kopi Es Tak Kie juga menyajikan berbagai menu makanan yang cocok untuk sarapan atau brunch, seperti nasi campur, mie ayam, bakso, dan lain-lain.

Menu Andalan

Beberapa menu andalan yang bisa Anda cicipi di Kopi Es Tak Kie adalah:

  • Kopi Es Tak Kie: kopi hitam yang diseduh dengan cara manual, disajikan dengan es batu dan gula pasir.
  • Nasi Campur Tak Kie: nasi putih dengan lauk-pauk seperti babi panggang, sosis, bakpao, dan acar, disajikan dengan saus asam manis.
  • Mie Ayam Tak Kie: mie kuning yang direbus, disajikan dengan kuah kaldu ayam, daging ayam, jamur, dan bawang goreng, disajikan dengan pangsit goreng dan acar.
  • Bakso Tak Kie: bakso sapi yang kenyal, disajikan dengan kuah kaldu sapi, bihun, tauge, dan seledri, disajikan dengan sambal dan kecap manis.
  • Roti Bakar Tak Kie: roti tawar yang diolesi mentega, disajikan dengan selai kacang, cokelat, atau keju.

Alamat, Jam Buka, dan Range Harga

Alamat: Gang Gloria No. 45, Jl. Pintu Besar Selatan III, RT.1/RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110

Jam Buka: Senin-Minggu, 07.00-14.00

Range Harga: Rp 10.000 – Rp 50.000 per orang

7. Soto Betawi H. Ma’ruf

Soto Betawi H. Ma’ruf adalah tempat makan dekat Kota Tua Jakarta yang menawarkan konsep sederhana dan halal, dengan desain interior yang bersih dan rapi. Tempat ini berlokasi di sebuah ruko di kawasan Mangga Besar, yang merupakan pusat kuliner di Jakarta. Di sini, Anda bisa merasakan suasana yang ramai dan hangat, sambil menikmati sajian soto betawi yang sudah ada sejak tahun 1968. Soto Betawi H. Ma’ruf juga menyajikan berbagai menu makanan yang cocok untuk makan siang atau malam, seperti nasi uduk, nasi goreng, sate, dan lain-lain.

Menu Andalan

Beberapa menu andalan yang bisa Anda cicipi di Soto Betawi H. Ma’ruf adalah:

  • Soto Betawi H. Ma’ruf: soto betawi dengan kuah santan, daging sapi, jeroan, tomat, bawang goreng, dan emping, disajikan dengan nasi putih, acar, dan sambal.
  • Nasi Uduk H. Ma’ruf: nasi uduk dengan ayam goreng, tempe orek, sambal goreng kentang, telur balado, dan emping, disajikan dengan sambal.
  • Nasi Goreng H. Ma’ruf: nasi goreng dengan daging sapi, ayam, udang, dan telur, disajikan dengan kerupuk, acar, dan sambal.
  • Sate H. Ma’ruf: sate ayam atau sapi yang dibakar, disajikan dengan lontong, bawang goreng, dan saus kacang.
  • Es Campur H. Ma’ruf: es campur dengan aneka buah, jelly, kolang kaling, tape, dan santan, disajikan dengan sirup merah.
Baca Juga  10 French Bakery di Jakarta

Alamat, Jam Buka, dan Range Harga

Alamat: Jl. Mangga Besar Raya No.65D, RT.2/RW.2, Tangki, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11170

Jam Buka: Senin-Minggu, 10.00-22.00

Range Harga: Rp 25.000 – Rp 75.000 per orang

8. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih adalah tempat makan dekat Kota Tua Jakarta yang menawarkan konsep sederhana dan lezat, dengan desain interior yang terbuka dan lapang. Tempat ini berlokasi di sebuah lapangan di kawasan Kebon Sirih, yang merupakan salah satu pusat bisnis di Jakarta. Di sini, Anda bisa merasakan suasana yang segar dan santai, sambil menikmati sajian nasi goreng kambing yang sudah ada sejak tahun 1958. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih juga menyajikan berbagai menu makanan yang cocok untuk makan malam atau tengah malam, seperti nasi goreng ayam, nasi goreng seafood, sate, dan lain-lain.

Menu Andalan

Beberapa menu andalan yang bisa Anda cicipi di Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih adalah:

  • Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih: nasi goreng dengan daging kambing, bawang merah, bawang putih, cabai, dan kecap manis, disajikan dengan kerupuk, acar, dan sambal.
  • Nasi Goreng Ayam Kebon Sirih: nasi goreng dengan daging ayam, bawang merah, bawang putih, cabai, dan kecap manis, disajikan dengan kerupuk, acar, dan sambal.
  • Nasi Goreng Seafood Kebon Sirih: nasi goreng dengan udang, cumi, kerang, bawang merah, bawang putih, cabai, dan kecap manis, disajikan dengan kerupuk, acar, dan sambal.
  • Sate Kambing Kebon Sirih: sate kambing yang dibakar, disajikan dengan lontong, bawang goreng, dan saus kacang.
  • Es Teh Kebon Sirih: es teh manis yang diseduh dengan teh celup, disajikan dengan es batu dan jeruk nipis.

Alamat, Jam Buka, dan Range Harga

Alamat: Jl. Kebon Sirih Barat No.35, RT.1/RW.1, Kebon Sirih, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10340

Jam Buka: Senin-Minggu, 17.00-04.00

Range Harga: Rp 25.000 – Rp 75.000 per orang

9. Gado-Gado Bonbin

Gado-Gado Bonbin adalah tempat makan dekat Kota Tua Jakarta yang menawarkan konsep sederhana dan sehat, dengan desain interior yang bersih dan cerah. Tempat ini berlokasi di sebuah ruko di kawasan Cikini, yang merupakan salah satu pusat pendidikan di Jakarta. Di sini, Anda bisa merasakan suasana yang tenang dan nyaman, sambil menikmati sajian gado-gado yang sudah ada sejak tahun 1960. Gado-Gado Bonbin juga menyajikan berbagai menu makanan yang cocok untuk makan siang atau sore, seperti ketoprak, asinan, rujak, dan lain-lain.

Menu Andalan

Beberapa menu andalan yang bisa Anda cicipi di Gado-Gado Bonbin adalah:

  • Gado-Gado Bonbin: gado-gado dengan sayuran rebus, tahu, tempe, telur, dan lontong, disajikan dengan saus kacang, bawang goreng, dan kerupuk.
  • Ketoprak Bonbin: ketoprak dengan bihun, tauge, tahu, telur, dan lontong, disajikan dengan saus kacang, bawang goreng, dan kerupuk.
  • Asinan Bonbin: asinan dengan buah-buahan seperti mangga, jambu, nanas, dan kedondong, disajikan dengan saus asam manis, kacang tanah, dan kerupuk.
  • Rujak Bonbin: rujak dengan buah-buahan seperti bengkuang, timun, nanas, dan kedondong, disajikan dengan saus kacang, gula merah, dan cabai.
  • Es Campur Bonbin: es campur dengan aneka buah, jelly, kolang kaling, tape, dan santan, disajikan dengan sirup merah.

Alamat, Jam Buka, dan Range Harga

Alamat: Jl. Cikini IV No.5, RT.16/RW.1, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330

Jam Buka: Senin-Minggu, 10.00-18.00

Range Harga: Rp 15.000 – Rp 50.000 per orang

10. Ragusa Es Italia

Ragusa Es Italia adalah tempat makan dekat Kota Tua Jakarta yang menawarkan konsep klasik dan nostalgia, dengan desain interior yang mengusung gaya Art Deco. Tempat ini berlokasi di sebuah gedung bersejarah yang bernama Gedung Es Teller 77, yang dibangun pada tahun 1932. Di sini, Anda bisa merasakan suasana yang mewah dan elegan, sambil menikmati sajian es krim yang sudah ada sejak tahun 1932. Ragusa Es Italia juga menyajikan berbagai menu makanan yang cocok untuk makan malam atau tengah malam, seperti spaghetti, lasagna, pizza, dan lain-lain.

Menu Andalan

Beberapa menu andalan yang bisa Anda cicipi di Ragusa Es Italia adalah:

  • Es Krim Ragusa: es krim dengan rasa vanilla, cokelat, dan stroberi, disajikan dengan whipped cream, kacang, dan ceri.
  • Es Krim Spesial: es krim dengan rasa pilihan, disajikan dengan pisang, roti, selai, dan sirup cokelat.
  • Es Krim Coppa: es krim dengan rasa pilihan, disajikan dengan buah-buahan, kue, dan saus buah.
  • Spaghetti Ragusa: spaghetti dengan saus tomat, daging sapi, keju, dan oregano, disajikan dengan roti garlic.
  • Pizza Ragusa: pizza dengan topping daging sapi, sosis, jamur, paprika, dan keju, disajikan dengan saus tomat.

Alamat, Jam Buka, dan Range Harga

Alamat: Jl. Veteran I No.10, RT.9/RW.2, Gambir, Kec. Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110

Jam Buka: Senin-Minggu, 10.00-22.00

Range Harga: Rp 25.000 – Rp 100.000 per orang

Kota Tua Jakarta adalah salah satu destinasi wisata sejarah dan budaya yang populer di ibu kota. Di sini, Anda bisa melihat dan merasakan bagaimana suasana Jakarta tempo dulu, dengan bangunan-bangunan berarsitektur kolonial, museum-museum berharga, dan atraksi-atraksi seni. Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai tempat makan dekat Kota Tua Jakarta yang menawarkan sajian kuliner yang lezat, unik, dan bersejarah. Ada banyak pilihan tempat makan yang tersedia, mulai dari yang klasik, modern, hingga etnik.

Tags

Related Post