10 Destinasi Objek Wisata di Sumatera Utara

Sumatera Utara merupakan suatu wilayah propinsi yang lokasinya berada di Pulau Sumatera bagian utara, propinsi ini memiliki ibukota yang terletak di Kota Medan. Propinsi Sumatera

khadafi

 * 

 

Tangkahan

Sumatera Utara merupakan suatu wilayah propinsi yang lokasinya berada di Pulau Sumatera bagian utara, propinsi ini memiliki ibukota yang terletak di Kota Medan. Propinsi Sumatera Utara sendiri mencakup wilayah dengan total luasnya mencapai kurang lebih 72.000 km² yang mana terbagi menjadi 25 kabupaten serta 440 kecamatan yang menjadi tempat tinggal bagi kurang lebih sebanyak 13 juta jiwa penduduknya yang terdiri dari berbagai suku dan didominasi oleh suku batak.

Propinsi Sumatera Utara secara geografis dapat terbagi menjadi beberapa wilayah yakni pesisir timur yang merupakan kawasan dengan perkembangan infrastruktur yang paling pesat, wilayah tengah yang merupakan pegunungan Bukit Barisan, pesisir bagian barat yang merupakan kawasan padat penduduk serta Kepulauan Nias. Hal ini tentunya membuat Propinsi Sumatera Utara memiliki banyak tempat menarik yang bisa Anda jadikan sebagai tujuan wisata bersama keluarga tercinta, jika Anda penasaran maka simaklah ulasan berikut.

10. Destinasi Objek Wisata di Sumatera Utara

1. Danau Toba

Danau TobaDanau Toba adalah danau alami berukuran besar di Indonesia yang berada di kaldera gunung supervulkan1. Danau ini memiliki panjang 100 kilometer (62 mil), lebar 30 kilometer (19 mi), dan kedalaman 508 meter (1.667 ft)1. Danau ini terletak di tengah pulau Sumatera bagian utara dengan ketinggian permukaan sekitar 900 meter (2.953 ft)1. Danau Toba merupakan adalah danau terbesar di Indonesia sekaligus danau vulkanik terbesar di dunia1.

Danau Toba terbentuk sebagai akibat dari letusan gunung berapi super masif berkekuatan VEI 8 sekitar 69.000 sampai 77.000 tahun yang lalu1 yang memicu perubahan iklim global. Letusan ini merupakan letusan eksplosif terbesar di Bumi dalam 25 juta tahun terakhir1.

Danau Toba yang terletak di Sumatera Utara ini merupakan salah satu danau vulkanik terindah yang dimiliki Indonesia2. Dengan luas yang mencapai 1.145 kilometer persegi, Danau Toba tampak seperti sebuah lautan yang berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut2.

Di tengah Danau Toba, terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Samosir2. Pulau Samosir memiliki dua danau kecil yaitu Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni2. Pulau Samosir yang memiliki luas hampir sama dengan luas negara Singapura ini bukanlah pulau kosong, pulau ini menjadi tempat tinggal suku Batak Samosir2.

Baca Juga  20 Tempat Wisata Terbaik di Depok: Lokasi, Alamat dan Harga Tiket

2. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung LeuserTaman Nasional Gunung Leuser (biasa disingkat TNGL) adalah salah satu Kawasan Pelestarian Alam di Indonesia1. Taman ini memiliki luas 1.094.692 hektare, dengan panjang 150 km dan lebar 100 km2. Secara administratif pemerintahan terletak di dua provinsi, yaitu Aceh dan Sumatera Utara12.

TNGL merupakan rumah bagi berbagai jenis flora dan fauna langka2. Dari pantai hingga pegunungan sub alpine, TNGL menawarkan berbagai ekosistem yang beragam1. Taman ini mengambil nama dari Gunung Leuser yang menjulang tinggi dengan ketinggian 3404 meter di atas permukaan laut di Aceh1.

TNGL juga dikenal sebagai benteng ekosistem hutan dataran rendah Sumatera yang berfungsi optimal sebagai sistem penyangga kehidupan dan bermanfaat bagi komunitas global3. Taman ini juga telah diterima ke dalam daftar Situs Warisan Dunia oleh UNESCO1.

3. Pulau Samosir

Pulau SamosirPulau Samosir adalah sebuah pulau vulkanik yang terletak di tengah Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara1. Pulau ini memiliki ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut, menjadikan pulau ini menjadi sebuah pulau yang menarik perhatian para turis1. Tuktuk adalah pusat konsentrasi turis di Pulau Samosir1.

Pulau Samosir menawarkan pesona alam dalam beragam objek wisata yang menarik untuk dieksplor2. Di pulau ini juga terdapat beberapa danau kecil, dua diantaranya dikenal sebagai daerah wisata yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang yang mendapat julukan “danau di atas danau”1.

Pulau Samosir sendiri terletak dalam wilayah Kabupaten Samosir yang baru dimekarkan pada tahun 2003 dari bekas Kabupaten Toba Samosir1. Pulau ini cukup terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara2.

4. Bukit Lawang

Bukit LawangBukit Lawang adalah tempat wisata di Kecamatan Bohorok, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara yang terletak 68 km sebelah barat laut Kota Binjai dan sekitar 80 km di sebelah barat laut kota Medan1. Bukit Lawang termasuk dalam lingkup Taman Nasional Gunung Leuser yang merupakan daerah konservasi terhadap mawas orang utan1.

Bukit Lawang atau lebih dikenal sebagai Pusat Pengamatan Orangutan Sumatra berada di Desa Perkebunan Bukit Lawang, Bahorok, Langkat, Sumatera Utara2. Areal ini memiliki luas 200 hektar2. Bukit Lawang terletak sekitar 120 km dari kota medan, dapat ditempuh menggunakan bus antarkota sekitar 3-4 jam perjalanan dari pusat kota2.

Baca Juga  15 Spot Mancing Terbaik di Depok: Sensasi Strike di Tengah Kota!

Bukit Lawang merupakan tempat wisata di Sumatera Utara yang memiliki panorama alam yang sangat indah dan eksotis3. Wisata Alam ini berada di Kecamatan Baharok, kabupaten Langkat3. Bukit Lawang langsung berbatasan dengan kawasan Taman Nasional Gunung Leuser yang memiliki lahan yang sangat luas, sampai membentang ke provinsi Aceh3.

5. Tangkahan

TangkahanTangkahan adalah ekowisata yang terletak di Kabupaten Langkat, Sumatra Utara1. Tempat ini dikenal sebagai habitat gajah yang dilindungi dan menjadi bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser1. Keindahan ekowisata ini telah memikat banyak wisatawan, termasuk aktor Nicholas Saputra1.

Tangkahan, yang juga dikenal sebagai “The Hidden Paradise of Sumatera Utara”, menawarkan berbagai aktivitas petualangan seperti trekking hutan, berjalan dengan gajah, tubing sungai, mengejar air terjun, memberi makan gajah, dan berkemah di hutan liar2. Anda juga dapat belajar tentang keterampilan bertahan hidup di hutan, satwa liar, dan vegetasi melalui berbagai lokakarya hutan2.

6. Graha Maria Annai Velangkanni

Graha Maria Annai Velangkanni adalah gereja Katolik bergaya India – Mughal yang dibuka pada tahun 2005 di kota Medan, Indonesia1. Gereja ini didedikasikan untuk Bunda Maria yang dikenal di India sebagai Annai Velangkanni Arokia Matha, atau Our Lady of Good Health (Bunda Penyembuh)2. Gereja ini dibangun dengan sentuhan Indonesia, arsitektur tempat suci ini sangat berbeda dari biasanya dan keunikan struktur bangunan yang megah dan tinggi ini terletak pada keaslian campuran arsitektur Indo-Mughal, ornamen dan tampilan warna bangunan yang dikerjakan oleh tangan-tangan amatir dan di atas semua dalam isi Alkitab2.

Graha Maria Annai Velangkanni juga dikenal sebagai “The Hidden Paradise of Sumatera Utara”, menawarkan berbagai aktivitas petualangan seperti trekking hutan, berjalan dengan gajah, tubing sungai, mengejar air terjun, memberi makan gajah, dan berkemah di hutan liar3. Anda juga dapat belajar tentang keterampilan bertahan hidup di hutan, satwa liar, dan vegetasi melalui berbagai lokakarya hutan3.

7. Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso merupakan objek wisata unggulan Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut)1. Objek wisata alam ini termasuk dalam jajaran air terjun tertinggi di Indonesia sehingga menarik untuk dikunjungi1. Seperti namanya, air terjun ini berbentuk mirip bilah pisau1. Air ini mengalir dari dalam gua dan meluncur dengan sempurna dari atas tebing1.

Air Terjun Sipiso-piso memiliki sejumlah daya tarik yang membuat Anda wajib berkunjung ke sini saat berada di Kabupaten Karo1. Dikutip dari situs Pemprov Sumut, Air Terjun Sipiso-piso ini termasuk yang tertinggi di Indonesia karena memiliki ketinggian 120 meter1. Lokasinya sendiri berada di perbukitan setinggi lebih dari 800 mdpl1.

Baca Juga  Wisata Desa Mojokerto: Surga Tersembunyi di Jawa Timur

8. Salju Panas Tinggi Raja

Salju Panas Tinggi Raja adalah sebuah bukit kapur yang terbentuk dari aliran air panas bersuhu 90 derajat celcius1. Selain membentuk bukit, aliran air panas juga membentuk undakan bebatuan kapur dan beberapa kawah yang dapat digunakan untuk berendam1. Air panas yang mengalir membuat bukit kapur tertutup batuan putih mirip salju1.

Salju Panas Dolok Tinggi Raja ini sebenarnya adalah kawasan bukit kapur yang berwarna putih2. Dilihat dari jauh, bukit kapur tersebut persis seperti bukit bersalju2. Yang membuatnya lebih unik adalah keberadaan kolam air panas yang cantik sekali dengan berwarna biru muda2.

9. Gua Kelalawar

Gua Kelalawar adalah sebuah gua yang berada di Hutan Taman Gunung Leuser tepatnya di Bukit Lawang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara1. Lokasi gua ini hanya 30 menit berjalan kaki dari Bukit Lawang melewati perkebunan karet warga dan hutan yang indah1. Perjalanan ke gua ini sangat menyenangkan dimana anda bisa melihat monyet daun Thomas, kera ekor panjang dan kadangkala juga ada orangutan1.

Setiba di gua anda akan menyaksikan formasi bebatuan yang indah dan menyaksikan banyak kelelawar di dalam gua2. Di dalam gua, anda dapat merasakan sensasi nyanyian kelelawar, suara tetesan air dari sungai Bahorok, dan yang pasti bau kelelawar yang khas3.

10. Danau Linting

Danau Linting berada di Kecamatan Sinembah Tanung Muda Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara1. Danau ini memiliki air yang berwarna kehijauan1. Danau Linting merupakan danau vulkanik yang terletak di Dusun Durian, Desa Sibolangit, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara2. Danau ini memiliki kedalaman sekitar 85 meter dan luas sekitar 16 hektar2.

Danau Linting merupakan danau vulkanik yang terbentuk dari proses vulkanisme2. Danau ini memiliki air yang jernih dengan warna hijau toska2. Di sekitar danau terdapat hutan pinus dan beberapa jenis pohon lainnya2. Di danau ini juga terdapat beberapa jenis ikan seperti mujair dan nila2

Objek wisata kelima yang juga bisa Anda jadikan alternatif adalah penangkaran buaya Asam Kumbang yang mana merupakan salah satu taman reptil paling besar di Indonesia. Penangkaran buaya ini memiliki lebih dari 2400 ekor buaya dan dibangun pada tahun 1959. Tempat wisata ini menjadi tempat wisata yang unik karena Anda akan bisa menyaksikan hewan reptil buas ini secara langsung.

Jika Anda memiliki rencana untuk mengisi liburan ke Propinsi Sumatera Utara maka beberapa tempat wisata di atas bisa Anda jadikan sebagai destinasi di saat liburan.

Tags

Related Post

Leave a Comment