33 Rekomendasi Tempat Wisata di Singapura: Alamat, Harga, dan Informasi Terbaru

khadafi June 23, 2023

Selamat datang di Singapura! Kota negara yang indah ini menawarkan berbagai tempat wisata menarik yang patut Anda kunjungi. Dari taman hiburan yang mengagumkan hingga landmark ikonis, Singapura memiliki segala sesuatu yang akan memikat Anda. Dalam artikel ini, kami akan merekomendasikan 33 tempat wisata di Singapura beserta alamat dan kisaran harga yang perlu Anda ketahui sebelum perjalanan Anda dimulai. Mari kita mulai menjelajahi keajaiban-keajaiban Singapura!

Tempat Wisata di Singapura

Berikut adalah daftar 33 tempat wisata di Singapura yang wajib Anda kunjungi:

1. Marina Bay Sands

Berlokasi di 10 Bayfront Ave, Singapura, Marina Bay Sands adalah landmark ikonis di kota ini. Bangunan multifungsi ini tidak hanya menawarkan akomodasi mewah tetapi juga pusat perbelanjaan, museum, dan jangan lewatkan keindahan taman atapnya yang luas dengan pemandangan panorama Singapura yang menakjubkan. Harganya berkisar antara SGD 200 – SGD 400 tergantung pada waktu dan jenis akomodasi. Ada banyak restoran dan café yang beragam di dalam kompleks ini, dan tarifnya berkisar dari moderat hingga mewah. Pengunjung juga dapat menikmati hiburan langsung seperti pertunjukan teater dan konser di Marina Bay Sands.

2. Universal Studios Singapore

Universal Studios SingaporeBerada di 8 Sentosa Gateway, Singapura, Universal Studios Singapore adalah taman hiburan yang berlokasi di Resorts World Sentosa. Taman hiburan ini menawarkan berbagai zona tematik, dari Hollywood, New York, Sci-Fi City, Ancient Egypt, Lost World, Far Far Away, hingga Madagascar. Semua zona ini memiliki atraksi sendiri, pertunjukan langsung, dan restoran. Tiket masuknya berkisar antara SGD 75 – SGD 95, tergantung pada hari dan pilihan tiket. Taman hiburan ini juga menyelenggarakan acara khusus pada waktu tertentu seperti Halloween Horror Nights dan acara Natal.

3. Gardens by the Bay

Gardens by the Bay berada di 18 Marina Gardens Dr, Singapura. Taman ini terkenal dengan Supertree Grove, struktur pohon raksasa buatan manusia yang berfungsi sebagai sistem venting untuk area taman yang lebih besar. Selain itu, terdapat dua kubah kaca besar, Flower Dome dan Cloud Forest, yang masing-masing menampilkan ekosistem unik dan tanaman dari seluruh dunia. Harga tiket masuk berkisar dari SGD 8 – SGD 28 tergantung jenis tiket yang dipilih. Taman ini juga menawarkan restoran dan kafe, dan harganya berkisar antara SGD 15 – SGD 50 per orang.

4. Sentosa Island

Pulau Sentosa adalah tempat yang sempurna bagi wisatawan yang mencari rekreasi dan hiburan. Berlokasi di tenggara Singapura, pulau ini menawarkan berbagai atraksi menarik seperti Underwater World, Dolphin Lagoon, dan Universal Studios. Pengunjung dapat memilih untuk berjalan kaki melalui Boardwalk Sentosa, naik kereta gantung, atau naik bus. Harga tiket masuk ke pulau ini gratis, namun tarif untuk setiap atraksi berbeda-beda, mulai dari SGD 5 hingga SGD 100. Juga tersedia berbagai restoran dan kafe dengan beragam pilihan kuliner.

5. Merlion Park

Merlion Park adalah salah satu tempat wisata yang paling dikenal di Singapura, rumah bagi patung Merlion, makhluk mitos setengah singa dan setengah ikan yang menjadi maskot Singapura. Park ini berada di One Fullerton, Singapura, tepat di seberang Marina Bay Sands. Tidak ada biaya masuk ke park ini, dan pengunjung dapat mengambil foto atau menikmati pemandangan kota dari sini. Sekitar area ini, banyak restoran dan kafe yang menawarkan berbagai pilihan makanan dan minuman dengan harga yang bervariasi.

6. Bugis Street Market

Bagi Anda yang suka berbelanja, Bugis Street Market adalah tempat yang wajib dikunjungi. Berlokasi di 3 New Bugis St, Singapura, pasar ini merupakan tujuan belanja populer bagi wisatawan dan penduduk lokal. Anda bisa menemukan berbagai jenis barang disini, mulai dari pakaian, aksesori, suvenir, hingga makanan kaki lima yang lezat. Barang-barang dijual dengan harga yang sangat terjangkau, dan Anda bisa menawar untuk mendapatkan harga yang lebih baik. Di sekitar area pasar, juga banyak restoran dan kafe yang menawarkan berbagai pilihan makanan dan minuman.

7. Chinatown

Chinatown di Singapura adalah suatu kawasan yang penuh warna dan dinamis, menawarkan pengalaman budaya dan sejarah yang kaya. Di sepanjang jalan yang dihiasi lentera merah, pengunjung dapat menemukan berbagai toko suvenir, restoran, dan penjual makanan jalanan yang menyajikan hidangan khas Tiongkok. Lokasinya berada di Pagoda Street, Singapura. Kawasan ini juga menjadi rumah bagi beberapa tempat bersejarah seperti Buddha Tooth Relic Temple dan Sri Mariamman Temple. Harga barang di Chinatown berkisar antara SGD 5 – SGD 100, tergantung pada jenis barang dan toko.

8. Clarke Quay

Berlokasi di sepanjang Sungai Singapura, Clarke Quay adalah destinasi hiburan malam yang populer. Kawasan ini menawarkan berbagai restoran, bar, dan klub malam dengan berbagai pilihan musik dan hiburan. Dengan bangunan-bangunan berwarna-warni dan pemandangan sungai yang menakjubkan, Clarke Quay menawarkan suasana yang unik dan menyenangkan. Harga makanan dan minuman di sini bervariasi, dengan harga rata-rata antara SGD 15 – SGD 50 per piring.

9. Raffles Hotel

Hotel bersejarah ini, Raffles Hotel, adalah salah satu bangunan paling ikonik di Singapura. Hotel ini terkenal dengan koktail Singapore Sling-nya yang telah menjadi minuman ikonik Singapura. Terletak di 1 Beach Rd, Singapura, hotel ini juga menawarkan berbagai fasilitas lainnya seperti restoran dan toko-toko mewah. Tarif menginap di hotel ini berkisar dari SGD 700 hingga SGD 1000 per malam. Namun, pengunjung juga bisa menikmati koktail di bar hotel dengan harga sekitar SGD 30.

10. Orchard Road

Jalan Orchard Road adalah surga belanja di Singapura. Dengan berbagai pusat perbelanjaan mewah, butik, dan restoran, jalan ini menawarkan pengalaman belanja yang tak tertandingi. Mulai dari merk mewah internasional hingga desainer lokal, Anda bisa menemukan segalanya di Orchard Road. Dengan berlokasi strategis di jantung kota, jalan ini mudah diakses oleh pengunjung. Harga barang dan jasa di Orchard Road sangat bervariasi, tergantung pada toko dan produk.

11. Little India

Kawasan Little India merupakan refleksi dari keberagaman budaya Singapura. Di sinilah Anda dapat merasakan kehidupan budaya India dengan penuh warna, aroma, dan suara. Terdapat banyak toko yang menjual berbagai barang, mulai dari tekstil, perhiasan, hingga bumbu masakan India. Jangan lewatkan juga kesempatan untuk mencoba masakan India yang otentik di salah satu restoran atau penjual makanan jalanan di area ini. Little India berlokasi di Serangoon Road, Singapura.

12. Singapore Flyer

Singapore Flyer adalah roda pengamatan raksasa yang menawarkan pemandangan 360 derajat dari Singapura dan sekitarnya. Dengan ketinggian 165 meter, Singapore Flyer adalah roda pengamatan tertinggi di Asia. Pengunjung dapat melihat berbagai landmark terkenal Singapura dari ketinggian, termasuk Marina Bay, Merlion Park, dan Garden by the Bay. Lokasinya berada di 30 Raffles Ave, Singapura, dan harga tiket masuk berkisar antara SGD 33 – SGD 175, tergantung pada paket yang dipilih.

13. Punggol Waterway Park

Punggol Waterway Park adalah destinasi ideal bagi mereka yang mencari suasana tenang dan alam yang indah. Dengan jalur sepeda dan jalan setapak yang luas, taman ini menawarkan berbagai kegiatan rekreasi seperti bersepeda, berjalan kaki, atau hanya duduk santai sambil menikmati pemandangan. Taman ini berlokasi di Sentul Crescent Road, Singapura, dan tidak ada biaya masuk untuk memasuki area ini. Di sekitar taman, ada beberapa kafe dan restoran yang menawarkan berbagai pilihan makanan dan minuman.

14. ArtScience Museum

ArtScience Museum adalah museum pertama di dunia yang didedikasikan untuk perpaduan seni dan sains. Berlokasi di 6 Bayfront Ave, Singapura, museum ini menampilkan berbagai pameran yang mengeksplorasi berbagai topik, dari teknologi hingga ekologi. Harga tiket masuknya berkisar antara SGD 14 – SGD 32, tergantung pada pameran yang sedang berlangsung.

15. The Intan

Bagi mereka yang tertarik dengan budaya dan sejarah Peranakan, The Intan adalah tempat yang harus dikunjungi. Museum pribadi ini berlokasi di 69 Joo Chiat Terrace, Singapura, dan menampilkan berbagai koleksi barang antik Peranakan. Pengunjung harus membuat janji terlebih dahulu dan harga tiket masuk berkisar antara SGD 60 – SGD 120, termasuk tur pribadi dan minuman selamat datang.

16. S.E.A. Aquarium

Berlokasi di Resorts World Sentosa, S.E.A. Aquarium adalah salah satu akuarium terbesar di dunia. Dengan lebih dari 100.000 hewan laut dari 800 spesies, pengunjung dapat melihat berbagai kehidupan laut, mulai dari hiu, manta ray, hingga berbagai jenis ikan tropis dan karang. Harga tiket masuk berkisar antara SGD 30 – SGD 40.

17. National Gallery Singapore

National Gallery Singapore adalah museum seni terbesar di Singapura, yang berfokus pada seni Singapura dan Asia Tenggara. Museum ini berlokasi di bekas gedung Pengadilan Agung dan City Hall. Dengan lebih dari 8.000 karya seni, museum ini menawarkan wawasan yang mendalam tentang sejarah dan budaya wilayah ini. Harga tiket masuk berkisar antara SGD 20 – SGD 30.

18. Singapore Botanic Gardens

Singapore Botanic Gardens adalah taman botani tropis bersejarah yang terletak di jantung kota. Taman ini menawarkan berbagai atraksi seperti Kebun Orkid National, Kebun Evolusi, dan Taman Hutan Hujan. Lokasinya berada di 1 Cluny Rd, Singapura. Tidak ada biaya masuk ke taman, tetapi beberapa atraksi memiliki biaya masuk tersendiri.

19. East Coast Park

East Coast Park adalah taman tepi pantai terbesar di Singapura yang menawarkan berbagai aktivitas rekreasi. Pengunjung dapat bersepeda, menggelar piknik, memancing, atau hanya berjalan-jalan di sepanjang pantai. Taman ini berlokasi di sepanjang East Coast Parkway, Singapura. Tidak ada biaya masuk ke taman ini dan di sekitar area ini, terdapat berbagai restoran dan kafe.

20. Night Safari

Night Safari adalah kebun binatang malam pertama di dunia yang menawarkan pengalaman unik melihat kehidupan hewan di malam hari. Pengunjung dapat melihat lebih dari 900 hewan dari 100 spesies dalam habitat malam mereka. Night Safari berlokasi di 80 Mandai Lake Rd, Singapura, dan harga tiket masuk berkisar antara SGD 50 – SGD 70.

21. Fort Canning Park

Fort Canning Park adalah taman bersejarah yang menawarkan wawasan tentang sejarah Singapura. Dengan berbagai situs sejarah seperti Benteng Gate, Taman Spice, dan Makam Kerajaan Melayu Kuno, taman ini adalah tempat yang ideal untuk belajar tentang masa lalu Singapura. Taman ini berlokasi di River Valley Rd, Singapura, dan tidak ada biaya masuk.

22. Pulau Ubin

Pulau Ubin adalah salah satu pulau terakhir di Singapura yang masih mempertahankan suasana kampung tradisional. Di pulau ini, pengunjung dapat menjelajahi jalan-jalan desa, hutan bakau, dan danau-danau unik. Pulau Ubin dapat dijangkau dengan feri dari Changi Point Ferry Terminal, dan harga tiket ferinya adalah SGD 3 per orang.

23. Sungei Buloh Wetland Reserve

Sungei Buloh Wetland Reserve adalah cagar alam yang menawarkan pengalaman menikmati alam liar di Singapura. Di sini, pengunjung dapat mengamati berbagai spesies burung dan satwa liar lainnya. Reservat ini berlokasi di 301 Neo Tiew Crescent, Singapura, dan tidak ada biaya masuk.

24. The Ritz-Carlton, Millenia Singapore

Hotel mewah ini, The Ritz-Carlton, Millenia Singapore, terkenal dengan pemandangan cakrawala kota yang menakjubkan dan koleksi seni kontemporer yang mengesankan. Terletak di 7 Raffles Avenue, Singapura, hotel ini juga menawarkan berbagai fasilitas lainnya seperti spa, restoran, dan kolam renang. Tarif menginap di hotel ini berkisar antara SGD 500 – SGD 1500 per malam.

25. Bukit Timah Nature Reserve

Bukit Timah Nature Reserve adalah salah satu hutan hujan tropis tertua di Singapura dan rumah bagi berbagai flora dan fauna. Reservat ini juga menawarkan berbagai jalur pendakian, termasuk pendakian ke Bukit Timah, titik tertinggi di Singapura. Lokasinya berada di Hindhede Dr, Singapura, dan tidak ada biaya masuk ke area ini.

26. Adventure Cove Waterpark

Adventure Cove Waterpark adalah taman air yang menawarkan berbagai wahana dan atraksi, termasuk seluncuran air, kolam ombak, dan pengalaman snorkeling di Rainbow Reef. Taman ini berlokasi di Resorts World Sentosa, dan harga tiket masuk berkisar antara SGD 30 – SGD 40.

27. Chijmes

Chijmes adalah kompleks hiburan dan makanan yang terletak di bekas biara dan sekolah. Tempat ini menawarkan berbagai pilihan restoran dan bar, serta sering menjadi tuan rumah berbagai acara dan konser. Chijmes berlokasi di 30 Victoria Street, Singapura. Harga makanan dan minuman di sini bervariasi, dengan harga rata-rata antara SGD 15 – SGD 50 per piring.

28. Pulau Hantu

Pulau Hantu adalah destinasi populer bagi penyelam dan mereka yang mencari pengalaman rekreasi alam. Pulau ini memiliki banyak situs snorkeling dan menyelam yang menampilkan terumbu karang dan berbagai kehidupan laut. Untuk mencapai Pulau Hantu, pengunjung harus menyewa perahu dari Marina South Pier, dengan biaya sekitar SGD 30 per orang.

29. Sri Mariamman Temple

Sri Mariamman Temple adalah kuil Hindu tertua di Singapura. Berlokasi di 244 South Bridge Rd, kuil ini terkenal dengan arsitektur dan ornamen-ornamen indahnya. Kuil ini gratis untuk dikunjungi, namun donasi selalu diterima.

30. The Esplanade – Theatres on the Bay

The Esplanade – Theatres on the Bay adalah pusat seni pertunjukan yang menampilkan berbagai acara, dari konser musik hingga pertunjukan teater dan tarian. Lokasinya berada di 1 Esplanade Dr, Singapura. Harga tiket bergantung pada acara yang sedang berlangsung.

31. Lau Pa Sat

Lau Pa Sat, juga dikenal sebagai Telok Ayer Market, adalah salah satu pusat makanan jalanan paling terkenal di Singapura. Berlokasi di 18 Raffles Quay, Lau Pa Sat menawarkan berbagai jenis makanan, mulai dari makanan tradisional Singapura hingga makanan internasional. Harga makanan berkisar antara SGD 5 – SGD 20.

32. Jurong Bird Park

Jurong Bird Park adalah taman burung terbesar di Asia dan rumah bagi lebih dari 5.000 burung dari 400 spesies. Lokasinya berada di 2 Jurong Hill, Singapura. Harga tiket masuk berkisar antara SGD 30 – SGD 45.

33. MacRitchie Reservoir

MacRitchie Reservoir adalah tempat yang populer untuk berjalan kaki, berlari, dan menikmati alam. Tempat ini menawarkan jalur trekking dan jembatan gantung Treetop Walk yang mengesankan. Lokasinya berada di MacRitchie Reservoir Park, Singapura. Tidak ada biaya masuk ke area ini.

Singapura adalah tujuan wisata yang menakjubkan dengan berbagai tempat yang menarik untuk dikunjungi. Dari taman hiburan yang spektakuler hingga landmark ikonis, Anda akan menemukan sesuatu yang cocok dengan minat dan preferensi Anda. Jangan lupa memeriksa alamat dan kisaran harga sebelum mengunjungi tempat-tempat tersebut untuk mempersiapkan perjalanan Anda dengan baik. Selamat menikmati liburan Anda di Singapura!

Artikel Terkait